Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna

Cara Menyetem Gitar

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna – Cara menyetem gitar dengan aplikasi ialah trik kekinian untuk membuat gitar mengeluarkan suara merdu yang akan menentramkan pendengarnya. Para profesional tidak akan kesulitan menyetel senar gitarnya untuk menghasilkan suara yang tepat. Tetapi pemula yang baru belajar akan kesulitan mengenal suara yang tepat. Untuk itu, inilah guna apps penyetem gitar. Alat musik berbahan kayu bersenar enam ini bisa disetem dengan apps bernama Guitar Tuna. Bagaimana caranya? Ayo simak langkah-langkah berikut!

Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna

1. Mendownload Aplikasi Guitar Tuna

Cara Menyetem Gitar

Proses pengunduhan apps Guitar Tuna sebagai langkah pertama cara menyetem gitar dengan aplikasi berjalan dengan cepat. Tanpa membayar apps Guitar Tuna bisa diunduh di Google Play Store. Mengapa harus memakai apps ini, bukan yang lain? Ini karena Guitar Tuna seperti klaimnya ialah tuner atau referensi nada nomor satu di dunia.

2. Membuka Aplikasi Guitar Tuna

Cara Menyetem Gitar

Apps Guitar Tuna bisa melakukan proses tune pada lima belas jenis alat musik. Jadi bukan hanya gitar saja yang dapat disetem dengan apps ini. Guitar Tuna bisa dipakai melakukan penyetelan pada gitar akustik maupun listrik, serta banyak music tools bersenar lain seperti ukulele, cello, violin, biola serta yang lainnya. Setelah membuka apps ini pada bagian pojok di atas sebelah kanan terlihat simbol roda bergerigi.  Klik simbol roda bergerigi, setelah itu akan keluar berbagai alat musik, pilih gitar sebab yang mau disetem adalah gitar.

3. Membuka Menu Tuner

Cara menyetem gitar dengan aplikasi Guitar Tuna selanjutnya dilakukan dengan mengakses menu tuner. Guitar Tuna bisa dianggap akurat dalam soal  mengenal tinggi rendah nada dari gitar yang dipetik. Apps ini bekerja dengan cara memanfaatkan mikrofon dari ponsel milik pengguna kemudian mengenal suara alias nada dari gitar yang dipetik oleh pengguna.

Tahap berikutnya adalah melakukan tuning. Persyaratan yang diwajibkan guna menyetem disamping telah mendownload apk nya, yang paling utama ialah mendapatkan lokasi yang sunyi atau tidak berisik, supaya tak mengganggu proses penyinkronan nada senar dengan suara yang mungkin akan terbaca oleh apps. Pemakai boleh memilih melakukan penyeteman dengan cara otomatis atau cara manual.

4. Melakukan “Tuning”

Jika pilih otomatis, geser pilihan di bawah simbol roda dengan tulisan auto. Tetapi supaya akurat boleh menyetem satu demi satu senar gitar secara manual. Setelah senar terhubung dengan tuner, kencangkan atau longgarkan sampai kedengaran suara klik warna hijau yang tepat berada di garis tengah warna merah pada gambar gitar atau ini yang disebut standard tuning. Lakukan di seluruh senar sampai selesai.

5. Cara Menyetem Gitar, Mengeset Senar

Saat melakukan cara menyetem gitar dengan aplikasi Guitar Tuna, bila pada monitor keluar message too low, ini berarti nada gitar terlalu rendah maka pemakai mesti membuat naik nadanya dengan memutar kunci tune di gitar agar senar kencang. Tetapi bila keluar message to high, itu artinya nada terlampau tinggi, pemakai meski membuat kendur senar itu sampai tepat.

Bila Guitar Tuna mengeluarkan ikon centang warna green, pemakai telah sukses setem satu senar gitar, lakukan sampai enam senar selesai disetem sesuai standar tuning. Setelah selesai, ada baiknya pemakai mencoba memetik gitarnya lalu mendengarkan apakah nadanya fals atau tidak.

Demikianlah lima cara menyetem gitar dengan aplikasi Guitar Tuna. Tentunya lima cara ini sangat menolong pemula. Tanpa meminta bantuan orang lain, pemakai bisa membuat gitarnya memiliki nada yang tepat dan siap dipakai belajar mengiringi lagu favorit.

Baca Juga : Aplikasi Stem Gitar Terbaik di Play Store

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 + four =