Keuntungan Menggunakan VPN

keuntungan menggunakan vpn

Keuntungan Menggunakan VPN – Apa yang biasanya dilakukan orang ketika mereka tidak dapat mengakses situs web yang diblokir di suatu negara? Jawabannya adalah dengan menggunakan virtual private network (VPN). Layanan ini biasa digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk mengakses internet dengan jaringan pribadi agar lebih aman.

Namun, masih banyak yang mempertanyakan keamanan saat menggunakan PC VPN. Lantas, seberapa amankah layanan ini? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, di bawah ini Glints akan menjelaskannya kepada Anda.

Penjelasan Singkat Tentang VPN

keuntungan menggunakan vpn

Sebelum kita membahas keamanannya, mari kita bahas dulu apa artinya.

Dilansir Norton, virtual private network (VPN) merupakan layanan yang memberikan Anda akses ke situs web secara pribadi dan aman karena aktivitas browsing Anda tidak terlihat oleh publik. Ini berbeda saat menggunakan Wi-Fi publik. Aktivitas browsing Anda dapat dilihat oleh mereka yang memiliki keahlian IT.

Secara umum, ketika Anda membuka Internet menggunakan Wi-Fi, IP Anda secara otomatis terlihat oleh orang-orang. Ini berbeda dengan menggunakan VPN. IP atau Protokol Internet Anda tidak terlihat oleh orang lain. Alasannya adalah, saat menggunakan VPN, jaringan mengenkripsi pertukaran sebelum koneksi publik atau Wi-Fi di mana pun membacanya.

Jadi, secara otomatis ketika Anda mengakses internet dengan VPN, Anda menggunakan cara khusus dan bukan melalui koneksi publik atau jaringan utama, tetapi melalui server VPN. Hal ini berbeda jika Anda tidak menggunakan VPN untuk mengakses Internet. Koneksi internet langsung menuju jaringan publik tanpa mengenkripsinya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, VPN berfungsi untuk membuka situs web yang diblokir di negara tertentu. Selain itu, layanan ini juga dapat digunakan untuk mengakses Internet tanpa menunjukkan IP Anda.

Setelah Anda mengetahui apa itu VPN, Anda pasti akan semakin penasaran dengan layanan ini.

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan layanan ini menawarkan beberapa manfaat bagi penggunanya untuk menjelajah dunia internet.

Apa Keuntungan VPN?

1. Remote Access

Salah satu keuntungan yang didapatkan pengguna saat menggunakan VPN adalah mereka memiliki akses jarak jauh.

Pasalnya, menurut Manofmany, VPN dapat memungkinkan pengguna mengakses dari jarak jauh.

Sehingga, hal ini dapat membantu karyawan mendapatkan akses jarak jauh saat berada di luar kantor dan membutuhkan data dan informasi dari komputer kantor.

Selama Anda menggunakan VPN, data dan informasi Anda terlindungi dengan baik.

2. Perlindungan informasi pribadi

Seperti disebutkan sebelumnya, VPN tidak mengizinkan penggunanya untuk mengungkapkan IP mereka kepada publik.

Ini secara otomatis melindungi identitas pribadi situs web, aplikasi, atau layanan lain yang ingin Anda lacak.

Bahkan, seperti dilansir Express VPN, jika VPN bagus, dimungkinkan untuk menyembunyikan aktivitas online Anda dari peretas. Karena lapisan enkripsinya sangat kuat.

3. Buka situs web yang diblokir

Keuntungan lain dari VPN adalah Anda dapat membuka situs web yang diblokir.

Jika Anda berada di negara yang memiliki akses ke Google, YouTube, dll terbatas, maka VPN adalah layanan yang memiliki keuntungan besar untuk digunakan.

4. Ubah lokasi

Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengubah lokasi jaringan internet Anda di berbagai negara di dunia, seperti Inggris, Amerika, Jerman, dan lainnya.

Itu hanya dapat dilakukan jika VPN memiliki server layanan di negara itu.

Kekurangan menggunakan VPN

Meskipun menawarkan berbagai keuntungan, ternyata ada beberapa kelemahan menggunakan VPN.

Hal yang biasanya dialami oleh pengguna VPN adalah koneksi yang biasanya lambat dan tidak stabil.

Ini adalah kelemahan yang cukup mengganggu pengguna. Selain itu, VPN juga menggunakan batasan pengguna sehingga tidak dapat digunakan secara langsung oleh banyak orang.

Apakah aman menggunakan VPN?

Kita tahu bahwa banyak orang menggunakan VPN, baik untuk akses jarak jauh atau hanya untuk melindungi identitas pribadi.

Padahal, menurut data yang dirilis Statista tahun 2018 oleh Tirto, Indonesia dan India merupakan negara dengan penggunaan VPN terbesar di dunia.

Meski banyak yang menggunakannya, masih ada beberapa masalah yang sering menjadi masalah bagi pengguna VPN.

Apakah menurut Anda aman menggunakan VPN? Jawabannya adalah VPN dapat membuat koneksi yang aman, tergantung pada protokol yang Anda gunakan untuk terhubung.

Di luar itu, harus kita akui bahwa layanan ini memiliki banyak kekurangan yang menjadikannya korban peretasan. Peretas dapat mencuri data melalui proses pembajakan.

Format ini berlaku terutama untuk layanan VPN gratis. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk melakukan aktivitas penting seperti perbankan online menggunakan VPN.

Secara garis besar keamanan saat menggunakan VPN masih terkendala oleh dua faktor, yaitu:

1. Keterbatasan teknis

Setiap penyedia layanan VPN memiliki protokolnya sendiri. Semakin aman protokolnya, semakin aman penggunaan VPN secara umum.

2. Batasan Hukum

Pembatasan hukum negara dalam menggunakan VPN juga merupakan faktor keamanan.

Hal ini dikarenakan tidak semua negara menerapkan sistem ilegal pada layanan ini. Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa menggunakan VPN tidak sepenuhnya aman.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kami seputar VPN yang sangat berguna untuk kegiatan berselancar di dunia maya. Terus ikuti perkembangan teknologi melalui blog metroandalas yang informatif dan lengkap.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 4 =