Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi – Seperti yang kita ketahui bahwa keyboard merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam penggunaan laptop maupun komputer. Walaupun begitu, keyboard juga kerap tiba-tiba tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi yang pastinya bisa merepotkan para penggunanya. Keyboard laptop jika tidak berfungsi tentu saja bisa menghambat pekerjaan dan memasang sangat menganggu. 

Secara umum, keyboard sendiri merupakan bagian dari perangkat keras pada laptop atau komputer yang fungsinya yaitu sebagai alat untuk menginput data berupa huruf, angka serta simbol. Fungsi keyboard tentu saja sangatlah penting karena sebagian perintah khususnya berupa teks dan kontrol lainnya dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keryboard. Jadi, tentu tidak mengherankan jika keyboard tiba-tiba tidak berfungsi bisa membuat penggunannya merasa kesal. 

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, setidaknya terdapat dua penyebab kerusakan ini. Kedua penyebab tersebut yaitu terjadi karena adanya gangguan pada software dan hardware. Untuk mengetahui penyebab kerusakan tersebut caranya anda hanya cukup mematikan laptop lalu menyalakannya kembali. Setelah itu tekan F2 atau delete berulang kali ketika laptop anda sedang proses boating. Nah, untuk lebih jelasnya, simak berikut penyebab keyboard tidak berfungsi dan tips mengatasinya.

Berikut Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Yang Sebaiknya Diketahui!

penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sebelum anda mengetahui bagaimana tips yang perlu dilakukan ketika keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi, tentu saja anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa keyboard tidak berfungsi. 

Seperti telah disebutkan diatas bahwa keyboard merupakan perangkat paling penting yang digunakan untuk melaksanakan proses input. Biasanya keyboard laptop kerap mengalami gangguan yang pastinya bisa menghambat pekerjaan anda. Terdapat beberapa gangguan yang sering dialami seperti tombol sangat keras saat ditekan, keyboard tidak terdeteksi, sampai keryboard tidak berfungsi sama sekali. 

Terdapat dua penyebab keyboard tidak berfungsi yaitu karena adanya gangguan dari pada software dan hardware. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya:

Gangguan Keyboard Laptop Pada Software 

Penyebab keyboard tidak berfungsi yang pertama yaitu karena adanya kerusakan pada perangkat lunak atau software. Umumnya seluruh keyboard tidak akan merespon secara tiba-tiba. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya masalah pada software atau driver laptop. 

Selain itu, keyboard juga kerap mengalami gangguan jika anda sering menginstal perangkat lunak pihak ketiga serta sering mematikan laptop tanpa perintah shutdown. 

Gangguan Keyboard Laptop Pada Hardware 

Penyebab kedua yaitu karena adanya kerusakan pada hardware. Beberapa penyebab yang kerap menjadi salah satu cikal bakal keyboard tidak berfungsi yaitu adanya debu atau kotoran, terlalu sering menekan salah satu tombol, terkena air hingga gangguan pada driver keyboard. 

Tak hanya itu saja, baterai laptop juga terkadang menjadi salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi apalagi ketika baterai telalu panas. Hal inilah yang menyebabkan keyboar tidak merespons secara tiba-tiba, 

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Keyboard laptop rusak dan tidak berfungsi tiba-tiba memanglah sangat menjengkelkan apalagi jika anda sedang di kejar deadline pekerjaan atau tugas sekolah yang mengharuskan untuk menggunakan PC. Namun, tentu anda tidak boleh terlalu panik, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini selama memang tidak ada kerusakan lain. Berikut cara yang bisa anda lakukan ketika keyboard laptop tidak berfungsi: 

Bersihkanlah Keyboard Dari Debu Yang Menempel 

Menurut penelitian, keyboard merupakan salah satu barang dengan debu terbanyak. Walaupun tidak terlihat namun efek dari debu ini bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini anda bisa membersihkan keyboard dari debu. 

Caranya tentu sangat mudah anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu lalu miringkan laptop anda pada sudut 75 derajat lalu goyangkan perlahan untuk menyingkirkan debunya. Atau, anda juga bisa membeli produk pembersih debu yang kini sudah tersedia di ecommerce. 

Restrat Laptop 

Cara mengatasi masalah ini selanjutnya yaitu dengan me-restart laptop. Ketika keyboard laptop anda tidak berfungsi sama sekali biasanya  terjadi karena adanya kerusakan software atau driver. Hal tersebut bisa menyebabkan perangkat keras yang terhubung dengan laptop yang tidak berfungsi dengan baik. Nah anda bisa mengatasinya dengan me-restart terlebih dahulu laptop anda. 

Restore Windows 

Biasanya hal ini akan terjadi jika anda selesai menginstal aplikasi baru atau mengubah pengaturannya. Jika kerboard laptop anda tidak berfungsi karena hal tersebut maka anda bisa restore windows. Caranya cukup mudah, berikut langkahnya: 

  • Klik start menu lalu klik Control Panel. 
  • Sorot pilihan menu System & Security lalu pilih Back Up Your Computer. 
  • Klik Open System Restore. 

Jika perintah tersebut telah anda lakukan, otomatis laptop anda akan melakukan reboot. Nah, jika semua terjadi karena keruakan sistem, seharunya dengan cara tersebut keyboard laptop anda akan berfungsi kembali. 

  1. Perbaiki Driver Keyboard 

Masalah keyboard laptop anda tidak berfngsi bisa juga karena driver keyboard tidak up to date atau aplikasi perusak yang bisa menyebabkan keyboard laptop anda kurang responsif. Anda bisa mengecek hal ni dengan cara berikut ini: 

  • Klik Start menu lalu pilih Control Panel. 
  • Pilih System & Security lalu pilih Device Manager. 
  • Pilih keyboard dan anda akan menemukan pilihan menu driver di bawahnya. 

Jika terdapat segitiga kuning diatas dengan tanda seru didalamnya, maka terdapat masalah pada driver keyboard. Anda bisa segera mengupdate driver keyboard tersebut di website resmi dari produsen laptop atau bisa juga pergi ke counter laptop terdekat. 

2. Bawalah Ke Service Center Resmi 

Apabila cara diaas telah anda coba namun tida mendapatkan hasil atau keyboard laptop anda masih tidak berfungsi. Maka membawa ke service center resmi menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa anda lakukan. Segeralah bawa laptop anda agar segera diperbaiki. 

Tips Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak 

merawat Keyboard Laptop

Keyboard menjadi salah satu komponen yang snagat penting pada laptop. Saat keyboard laptop anda tidak berfungsi maka penggunaan laptop tidak akan maksimal. Nah, untuk itu tentu saja anda perlu merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa tips merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusak: 

  • Jangan Terlalu Kencang Menekan Keyboard 

Ketika anda menggunakan laptop untuk mengetik sesuatu pastikan jangan menekan keyboard terlalu kencang. Hal ini tentu saja bisa merusak keyboard anda secara perlahan. Tekanlah keyboard perlahan-lahan agar keyboard anda tidak cepat rusak. 

  • Rutin Membersihkan Debu Pada Keyboard 

Pastikan bersihkanlah keyboard laptop anda dari debu secara rutin dan bertahap. Debu yang menumpuk bisa membuat keyboard macet jika terus dibiarkan. 

  • Gunakan Pelindung Keyboard 

Tips merawat keyboard laptop agar tidak cepat rusa selanjutnya yaitu dengan menggunakan pelindung keyboard. Dengan menggunakan pelindung ini memungkinkan agar debu ataupun cairan tidak akan mudah masuk kedalam perangkat. 

  • Hindari Cairan Masuk 

Jika anda biasa sering menaruh gelas berisi air dekat laptop, sebaiknya hal tersebut kini mulai dihindari apalagi jika anda ingin keyboard anda tidak mudah rusak. Gelas yang selalu disimpan dekat laptop memiliki resiko tumpah yang bisa saja langsung kena pada keyboard anda. Hal inilah tentu yang akan menyebabkan kerusakan. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut jangan sesekali anda menaruh gelas beisi air, kopi dan sebagainya dekat dengan laptop apalagi jika anda salah satu orang yang ceroboh. 

Nah itulah sekilas tentang, penyebab, hal yang bisa dilakukan saat keyboard laptop tidak berfungsi serta beberapa tips merawat keyboard agar tidak cepat rusak. Tips diatas tentu saja perlu anda perhatikan dengan benar apalagi jika keseharian anda menggunakan laptop untuk bekerja maupun sekolah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Download Gratis di Shutterstock

4.8/5 - (30 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × four =