15 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Jangan Disepelekan! Ternyata Ini Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya – Sedang fokus kerja atau mengerjakan tugas, tapi tiba-tiba laptop mati sendiri? Jangan keburu panik apalagi nangis atau langsung ke tukang service. Hal yang paling menyebalkan adalah ketika laptop mati sendiri tetapi tidak tahu penyebabnya. Pasalnya, laptop mati sendiri bisa jadi hal yang sangat merugikan.

Laptop menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan laptop, mulai dari membuat dokumen, mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan kantor, hingga bermain game. Dengan segala keunggulan-keunggulan tersebut, kenyataannya laptop tidak bisa terlepas dari masalah. Misalnya, kinerja laptop yang melambat hingga laptop yang tiba-tiba mati dengan sendirinya. Lantas? Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Kasus laptop mati sendiri merupakan hal yang wajar terjadi, terlebih lagi jika laptop sering digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal itu bisa dikarenakan usia baterai, kondisi hardware atau bisa juga karena terkena virus. Berikut beberapa penjelasan lebih lanjut terkait penyebab laptop mati sendiri yang sering ditemui.

1. Kondisi Laptop Terlalu Panas (Overheat)

Bukan hanya manusia saja yang bisa demam, laptop juga bisa mengalami hal yang demikian, nah loh? Iya! Laptop yang dipakai secara terus menerus akan mengalami overheat. Overheat yaitu ketika laptop dalam kondisi yang terlalu panas, karena sering digunakan dalam waktu yang lama apalagi jika laptop digunakan untuk multitasking dan juga karena kipas pendingin di dalam laptop sudah tidak berfungsi secara maksimal, akibat jangka panjangnya laptop bisa mati sendiri bahkan bisa mati total.

Jangan panik! dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, tentu sudah tersedia banyak opsi untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya adalah dengan membeli alat yang digunakan untuk menstabilkan suhu laptop atau Cooling Pad. Menggunakan laptop secara bijak dapat menjadi solusi yang praktis, jangan menutup sirkulasi udara laptop agar suhu dalam laptop tetap terjaga.

2. Baterai Laptop Bermasalah

Baterai merupakan salah satu komponen yang dapat menunjang kinerja laptop menjadi maksimal. Sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai laptop, pasalnya jika baterai rusak atau bocor, maka laptop akan mengalami berbagai masalah salah satunya adalah laptop yang mati dengan sendirinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai adalah jangan men-charge laptop terlalu lama.

3. RAM Laptop Mengalami Kerusakan

Selain baterai, satu hal lain yang dapat menjadi penyebab laptop mati sendiri adalah RAM laptop yang rusak. Beberapa penyebabnya adalah slot RAM yang mengalami gangguan atau kerusakan, RAM yang retak atau tergores, masa pemakaian yang sudah lama (faktor usia) atau tegangan listrik yang tidak stabil dan dapat menyebabkan laptop mati dengan sendirinya.

Hal tersebut dapat terjadi karena sudah tidak ada lagi tempat untuk menyimpan data-data sementara ketika laptop sedang dijalankan.

4. Processor Bermasalah

Processor adalah otak dari perangkat. Otak komputer ini akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh laptop atau komputer. Jika processor mengalami kerusakan, maka kinerja laptop tidak akan maksimal, pasalnya laptop yang bermasalah akan kehilangan kontrol dan tidak dapat memberikan perintah pada komponen-komponen yang lain.

5. Virus

Terdapat jenis-jenis virus yang sangat berbahaya bagi laptop diantaranya virus worm, virus trojan, virus makro dan yang lainnya. Beberapa virus yang menyerang laptop, dapat menyebabkan kinerja laptop melambat, overheat dan dapat mati dengan sendirinya. Untuk mengatasinya, membersihkan laptop dengan aplikasi antivirus menjadi solusi yang tepat, scan laptop menggunakan aplikasi tersebut dan hapus virus-virus yang ditemukan.

Dari bebagai penyebab laptop mati sendiri di atas, lantas bagaimana cara mengatasinya? Agar laptop dapat digunakan secara maksimal, maka ada baiknya untuk segera mengatasi laptop mati sendiri dengan berbagai cara-cara alternatif di bawah ini. Simak penjelasannya lebih lanjut!

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop mati dengan sendirinya:

1. Mengganti Baterai

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika laptop mati sendiri adalah dengan memeriksa kondisi baterai laptop terlebih dahulu, pastikan posisi baterai sudah terpasang dengan baik. Jika tidak berhasil, maka mengganti baterai dengan yang baru dapat menjadi opsi yang tepat. Baterai yang sudah rusak akan mempengaruhi kondisi laptop itu sendiri dan harus segera untuk menggantinya dengan yang baru agar laptop dapat digunakan secara maksimal.

2. Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Dengan Memperbaiki Kipas Pendingin Laptop

Kipas pendingin dalam laptop berfungsi untuk menjaga udara dalam laptop saat digunakan. Jika kipas pendingin rusak maka laptop akan cepat panas atau overheat, hal yang demikian, dapat dicegah dengan menggunakan Cooling Pad. Alat tersebut dapat digunakan untuk menstabilkan panas pada laptop. Jika memang tidak memungkinkan, segera bawa laptop menuju service center terdekat dan mintalah mereka untuk memperbaiki kipas pendingin pada laptop.

3. Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Dengan Mengganti Motherboard Laptop

Solusi lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop mati sendiri adalah dengan mengganti motherboard. Motherboard merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki peranan penting dalam sistem komputer. Motherboard memiliki beberapa fungsi salah satunya sebagai tempat disusunnya seluruh rangkaian sistem komputer seperti Processor, RAM, Harddisk dan juga slot lain dari komputer.

Salah satu ciri motherboard yang rusak adalah laptop mengalami overheat. Mengganti motherboard yang rusak dapat dilakukan untuk menjaga laptop tetap dalam kondisi baik, akan tetapi apabila motherboard tersebut masih dapat dilakukan perbaikan maka tidak ada salahnya juga untuk memperbaiki motherboard tersebut.

4. Membersihkan RAM Laptop

Selain dapat mempengaruhi kinerja laptop, RAM yang penuh dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Adapun beberapa cara yang mudah dilakukan agar RAM laptop dapat dibersihkan sehingga dapat mempercepat kinerja laptop.

A. Memeriksa RAM Laptop

Sebelum membersihkan RAM laptop, pertama-tama harus memeriksa berapa sisa kapasitas di RAM laptop. Buka Task Manager > Tab Performance.

B. Membersihkan RAM Laptop dengan Restart

Cara lain untuk membersihkan RAM laptop yang penuh adalah dengan Restart. Click ikon windows > cari menu restart > tunggu laptop akan mati dan hidup kembali.

C. Uninstall Program

Cara selanjutnya dapat dilakukan adalah dengan uninstall program. Pertama, buka click ikon windows > cari control panel > click kanan pada program, lalu pilih uninstall > click langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan perintah dan tunggu hingga program tidak tampil dalam daftar > selesai.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop yang mati sendiri. yang jelas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab-penyebab laptop mati secara tiba-tiba. Bisa jadi karena kondisi baterai, terlalu panas (overheat) karena digunakan dalam jangka waktu lama, RAM bermasalah hingga terkena virus.

Baca Juga: 3 Cara Menggunakan iMacros di Chrome

Jika sudah diketahui penyebab utamanya, maka laptop harus segera diatasi sesuai dengan gejalanya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin