3 Cara Memperbarui WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store

Rate this post

Cara Memperbarui WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store –¬†WhatsApp merupakan aplikasi berbalas pesan yang sudah sering digunakan oleh orang-orang. Di mana, tidak hanya bertukar pesan saja, tetapi para pengirimnya bisa mengirimkan foto atau video. Bahkan bisa juga melakukan panggilan video. Namun, kadang ada masanya WhatsApp kadaluarsa dan harus diperbarui. Sehingga, banyak orang yang mencari cara memperbarui WhatsApp kadaluarsa tanpa play store.

Tentu saja ada alasan mengapa sebuah aplikasi bisa kadaluarsa. Nah, sebelum membahas tentang bagaimana cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa, kamu harus tau dulu beberapa penyebab yang membuat WhatsApp menjadi kadaluarsa. Beberapa penyebab yang dimaksud di sini adalah sebagai berikut.

Beberapa Penyebab WhatsApp Kadaluarsa

1. Pengaturan Waktu yang Tidak Tepat

Taukah kamu bahwa penyebab WhatsApp kadaluarsa yang mungkin sering dirasakan oleh para pengguna adalah pengaturan waktu tidak tepat. Perlu diketahui bahwa pengaturan waktu ini akan sangat berpengaruh terhadap aplikasi WhatsApp dan membuatnya seolah kadaluarsa. Di sini, kamu bisa melakukan pengecekan waktu pada ponsel untuk mengatasinya dengan baik.

2. Sudah Ada Versi Terbaru

Penyebab lain yang membuat aplikasi WhatsApp menjadi kadaluarsa adalah sudah adanya versi terbaru. Biasanya, sebuah aplikasi selalu melakukan serangkaian pembaruan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Di mana, ketika pembaruan tersebut sudah ada, maka versi lama tidak akan bisa digunakan kembali.

Oleh sebab itu, terkadang pihak WhatsApp memberikan jangka waktu tertentu untuk bisa meng-update versi lamanya. Sehingga, para penggunanya memiliki waktu persiapan yang cukup untuk melakukan pembaruan ini.

3. Pernah Menghapus Data Aplikasi WhatsApp

Penyebab lain dari WhatsApp yang kadaluarsa adalah pernah menghapus data aplikasi WhatsApp melalui folder manager atau melalui komputer. Hal ini tentu sangat fatal, mengingat jika memang tidak dicadangkan, seluruhnya akan menghilang dan WhatsApp tidak akan bisa dibuka.

4. Terdapat Bug Eror yang Tiba-Tiba Masuk ke Dalam Aplikasi

Terakhir, kadang memang ada bug eror yang masuk ke dalam aplikasi WhatsApp. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan para pengguna. Bug eror memang bisa datang kapan saja dan tanpa disadari.

Cara Memperbarui WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Play Store

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari kadaluarsanya sebuah aplikasi WhatsApp, maka kamu bisa mencari solusi terkait dengan masalah tersebut. Biasanya, untuk pembaruan aplikasi WhatsApp sendiri sangatlah mudah.

Sebenarnya, untuk memperbarui WhatsApp kadaluarsa sendiri bisa dengan mudah melalui play store. Di mana, kamu hanya perlu mencari aplikasinya dan melakukan pembaruan. Namun memang ada beberapa cara memperbarui WhatsApp kadaluarsa tanpa play store yang bisa kamu coba.

1. Secara Manual Melalui Pengaturan Ponsel

Salah satu penyebab WhatsApp menjadi kadaluarsa adalah pengaturan waktu yang tidak tepat. Biasanya hal ini terjadi ketika ponsel mati dan dihidupkan kembali atau telah melakukan restart. Hal ini membuat pengaturan waktu di dalam ponsel menjadi tidak benar dan membuat WhatsApp akan susah untuk dibuka.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengatasi hal ini dengan mudah dan cepat. Cukup ke pengaturan ponsel saja dan ubah waktu beserta tanggalnya dengan baik. Ubahlah waktu dan tanggal sesuai keadaan pada saat itu. Jika sudah, maka pilih simpan dan silakan buka kembali aplikasi WhatsApp.

Akan lebih baik ketika kamu mengaktifkan menu pengaturan otomatis tanggal dan waktu. Sehingga, jika nanti ponsel mati dan menyala kembali waktu dan tanggal akan otomatis diatur. Hal ini tentunya akan menghindarkan kamu dari WhatsApp kadaluarsa.

Jika ternyata versi lama yang menjadi masalahnya, maka bisa mengatur waktu ke waktu sebelum versi terbaru muncul. Hal ini cukup bisa menjadi solusi yang tepat untuk memperbarui WhatsApp kadaluarsa.

2. Melalui Situs Resmi

Untuk memperbarui WhatsApp yang sudah kadaluarsa tanpa melalui play store, maka bisa dengan melalui situs resmi. Cara ini memang lazim digunakan orang-orang. Meskipun memang tidak semudah beberapa cara sebelumnya. Di sini, kamu harus menggunakan browser untuk mengakses situs resmi WhatsApp.

Jika sudah masuk ke dalam situs resminya, maka kamu hanya perlu mencari file apk WhatsApp yang biasanya berada pada menu unduhan situs tersebut. Jika sudah menemukannya, maka cukup mengunduh file tersebut.

Ketika file sudah terunduh, maka cara memperbarui WhatsApp kadaluarsa tanpa play store adalah dengan membuka file apk yang sudah diunduh tersebut. Kemudian, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengonfirmasi install. Nantinya, kamu hanya perlu meng-update aplikasi WhatsApp tersebut.

3. Memperbarui Versi OS dari Ponselnya

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memperbarui WhatsApp kadaluarsa adalah dengan memperbarui versi OS dari ponsel. Hal ini biasanya dikarenakan versi android sudah tidak bisa lagi melakukan update WhatsApp. Hal ini sebenarnya tergantung pada brand atau merk hp yang dimiliki.

Jika ponsel yang kamu miliki adalah Xiaomi, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka pengaturan pada ponsel kamu. Setelah itu, cobalah cari dan pilih opsi “about phone”. Kemudian, bisa langsung memilih system update dan kliklah check for updates.

Nah, di sini kamu hanya perlu menunggu sampai dengan prosesnya selesai. Setelah itu, bisa kembali mengunduh WhatsApp dan menginstallnya. Akan lebih baik jika terdapat update terbaru dari versi OS ponsel kamu, maka lakukanlah update-nya. Sehingga, tidak akan ada lagi masalah serupa di kemudian hari.

Beberapa Kelebihan Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Setelah mengetahui beberapa penyebab dan cara memperbarui aplikasi WhatsApp, tentunya kamu juga harus tau mengenai kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Beberapa kelebihan yang dimaksud di sini adalah sebagai berikut.

1. Mudah Untuk Digunakan

Kelebihan pertama yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi WhatsApp adalah sangat mudah untuk digunakan. Bahkan, untuk sekedar berbalas pesan pun tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi memang tampilannya tidak rumit. Sehingga, siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

2. Hemat Kuota

WhatsApp merupakan aplikasi berbalas pesan yang tidak membutuhkan kuota banyak. Bahkan beberapa provider ada yang menyediakan kuota khusus untuk chatting saja dan harganya pun amat sangat terjangkau. Dengan demikian, pengeluaran pun bisa dihemat sebaik mungkin.

3. Sangat Mudah Dalam Proses Sinkronisasi

Terakhir, aplikasi WhatsApp sangatlah mudah dalam melakukan sinkronisasi. Seperti misalnya, ketika kamu ingin menambahkan kontak baru, maka tidak perlu repot-repot meng-update daftar kontak di ponsel. Sebab, WhatsApp akan langsung secara otomatis mendeteksi jika ada kontak baru yang memiliki akun WhatsApp. Sehingga, tidak perlu lagi masuk ke pengaturan untuk melakukan sinkronisasi.

Baca Juga: 100 Cara Membuat Sandi WA (Whatsapp) di Semua Tipe HP

Demikianlah berbagai informasi penting mengenai cara memperbarui WhatsApp kadaluarsa tanpa play store. Sebelum mengetahui berbagai caranya, tentu kamu harus tau dulu apa saja penyebab dari WhatsApp kadaluarsa. Setelahnya, baru bisa menemukan cara yang merangkap sebagai solusi dari permasalahan WhatsApp tersebut. Beberapa cara di atas tentu saja bisa dilakukan dengan baik oleh siapa saja.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin