Tips Mengganti Alamat Email di WhatsApp

Mengganti Alamat Email di WhatsApp

Tips Mengganti Alamat Email di WhatsApp – Medіa sosіal berbasіs іnstant messagіng menjadі salah satu aplіkasі yang wajіb dіmіlіkі oleh para pengguna smartphone masa kіnі. Kebutuhan akan іnformasі dan komunіkasі sangat pentіng untuk menunjang produktіvіtas dan kegіatan sosіal yang tentunya akan sangat dіbutuhkan. WhatsApp merupakan salah satu aplіkasі pesan іnstan palіng domіnan dі Іndonesіa. Selaіn іtu, data terbaru Februarі 2020 menunjukkan WhatsApp memіlіkі dua mіlіar pengguna secara global. Data іnі menjadіkan WhatsApp sebagaі pesan іnstan nomor satu dі dunіa dengan pengguna terbanyak, mengalahkan Telegram, LІNE, WeChat, dan laіnnya. Namun, ada sebagіan pengguna yang juga memasang aplіkasі pesan іnstan laіn sepertі Telegram, LІNE, dan sejenіsnya. Domіnasі pengguna WhatsApp dі Іndonesіa sangat tіnggі, penyebaran іnformasі dan komunіkasі pun banyak dіlakukan melaluі WhatsApp, mulaі darі bіsnіs, pembelajaran, prіvat, hіngga asosіasі komunіtas / grup.

Sebagian besar aplikasi yang tersedia untuk smartphone memungkinkan pengguna membuat akun menggunakan email. Tapi ini berbeda dengan WhatsApp. Akun WhatsApp hanya dapat dibuat menggunakan nomor telepon. Namun, bukan berarti email di WhatsApp tidak penting. Jika Anda menambahkan email di WhatsApp, pesan dan media di akun WhatsApp Anda akan otomatis di-backup melalui layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive. Nantinya, Anda bisa menggunakan data ini saat ingin menggunakan akun WhatsApp lama Anda di smartphone baru.

Lalu bagaimana jika Anda telah menambahkan email di WhatsApp tetapi Anda tidak dapat lagi mengakses email tersebut, entah karena Anda lupa kata sandi atau hal lain? Jika demikian, maka salah satu opsinya adalah mengganti email lama di WhatsApp dengan email baru. Dengan begitu, nantinya proses backup bisa dilakukan secara otomatis melalui email.

Tips Mengganti Email di WhatsApp

Mengganti Alamat Email di WhatsApp

Pastikan Anda memiliki alamat email baru, jika Anda belum membaca halaman https://www.bukugue.com/cara-membuat-email-gmail/. Jika Anda sudah memiliki email, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka WhatsApp, lalu ketuk ikon tiga titik di kanan atas.
  2. Lanjutkan dengan mengetuk “Pengaturan”.
  3. Pada halaman “Pengaturan”, ketuk “Obrolan”.
  4. Pada halaman “Obrolan”, gulir ke bawah dan ketuk “Cadangkan obrolan”.
  5. Pada halaman “Backup chat”, scroll ke bawah dan tap “Akun Google”.
  6. Nanti akan ada beberapa akun email yang bisa kamu pilih. Tap email yang Anda cari. Dengan begitu, email WhatsApp akan berubah secara otomatis. Jika email yang Anda cari tidak ada, ketuk “Tambah akun”. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.
  7. Anda akan dibawa ke halaman Login Google. Di sana, masukkan nama akun email yang akan Anda gunakan di WhatsApp. Lalu tap “Berikutnya”.
  8. Selanjutnya, masukkan kata sandi email dan ketuk “Berikutnya”.
  9. Setelah itu, halaman persetujuan layanan akan muncul, gulir ke bawah dan ketuk “Saya setuju”.
  10. Selanjutnya akan ada tampilan halaman. Biarkan saja sampai halaman berubah.
  11. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman izin akses oleh WhatsApp ke email tadi. Di sini WhatsApp membutuhkan akses ke Google Drive untuk mencadangkan. Ketuk “Izinkan” untuk melanjutkan proses.
  12. Selesai, email WhatsApp sudah berhasil diganti.

Itulah cara Mengganti Alamat Email di WhatsApp. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, data backup seperti chat dan media di akun WhatsApp Anda nantinya akan diupload ke email baru. Proses backup akan dilakukan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan. Jika ingin segera melakukan backup data ke email baru, maka kamu bisa tap “Backup” pada menu “Last Backup” pada halaman “Chat Backup”.

Baca Juga : Tips Untuk Mengembalikan Pesan Whatsapp

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 4 =