31 Cara Mengubah Nama di Facebook Terbaru 2022

Cara Mengubah Nama di Facebook dengan Smartphone dan Laptop Terbaru 2022, Ternyata Mudah Bahkan Oleh Pemula – Cara mengubah nama di Facebook memang harus diketahui oleh penggunanya jika ingin berganti nama lainnya. Nama akun di Facebook memang menjadi identitas supaya lebih mudah dikenali dengan pengguna lainnya.

Namun, terkadang pengguna ingin mengganti nama lainnya yang berbeda dengan berbagai macam alasan. Entah itu karena bosan atau ingin mencoba nama unik lainnya. mengganti nama di Facebook memang sangat mudah. Bahkan bisa mengganti dengan memakai smartphone.

Cara Mengubah Nama di Facebook dengan Smartphone dan Laptop Terbaru 2022, Ternyata Mudah Bahkan Oleh Pemula

Tentang Facebook

Sebelum membahas tentang cara mengubah nama di Facebook. Ada baiknya membahas tentang apa itu Facebook? Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang sangat terkenal dan memiliki banyak pengguna setia.

Melalui situs Facebook, pengguna bisa menggunggah berbagai macam informasi yang bisa dilihat oleh penguna lainnya. Pembuatan kata-kata tersebut bernama status. Status tersebut kemudian akan dikomentari oleh pengguna lainnya.

Di Indonesia memiliki jumlah pengguna Facebook yang aktif kurang lebih 77 juta orang. Oleh karena itu, Facebook menjadi jejaring sosial media yang paling digemari dan menjamur di kalangan masyarakat Indonesia.

Facebook memiliki berbagai macam fitur canggih yang tidak akan di sosial media lainnya. selain bisa bertukar informasi, penggunanya juga bisa membuat halamannya sendiri, menambahkan teman, membuat dan mengupdate status, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, hebatnya Facebook dilengkapi dengan alat privasi. Biasanya dipakai untuk membatasi siapa saja yang berhak untuk melihat hal yang sudah dibagikan oleh penggunanya.

Ada banyak lagi fitur canggih di dalamnya yang memanjakan penggunanya. Bukan hanya untuk berbagi informasi saja. Facebook juga mempunyai manfaat lainnya.

Manfaat Facebook

Facebook menjadi salah satu sosial media yang kini sedang mendunia. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan penggunanya ketika memakai Facebook. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Aspek Personal

Manfaat yang satu ini dirasakan oleh setiap individu ketika memakai Facebook. Adapun manfaatnya adalah bisa berbagi curhat, tempat penyaluran hobi, memperoleh berbagai macam informasi terbaru, untuk mengisi waktu luang, dan sebagainya.

Aspek sosial

Sering juga disebut dengan social networking. Artinya media sosial tersebut menjadi media berinteraksi dengan orang lain dari berbagai tempat. Selain itu, Facebook juga menjadi ajang untuk bertemu dengan kawan baru, lama, atau bisa untuk menambah teman.

Aspek Ekonomi

Ternyata Facebook juga bisa digunakan untuk e commerce. Tempat untuk mempromosikan suatu produk. Caranya juga cukup mudah. pengguna hanya menggunggah foto produk yang akan dijual atau memasang iklan untuk mencari mitra bisnis.

Aspek Politik

Dunia politik sudah berubah menjadi transparan dan terbuka. Semua masyarakat sudah bisa memberikan suara atau membuat tulisan untuk menarik simpati orang lain.

Itulah beberapa manfaat dari Facebook dari beberapa sudut aspek di kalangan masyarakat. Meski begitu, setiap harinya ada banyak pengguna baru, apa alasan mereka memakai sosial media tersebut?

Alasan Facebook Memiliki Banyak Pengguna

Di dunia, ada miliaran pengguna Facebook yang aktif. Perlu waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan itu semua. Tentunya ada beberapa alasan kenapa ada banyak yang memilih untuk memiliki atau memakai Facebook. Berikut alasannya.

Mudah digunakan

Salah satu kelebihan memakai Facebook adalah bisa membukanya lewat situs dan aplikasi. Hal tersebut memberikan kemudahan kepada pengunanya untuk bisa mengakses sesuai dengan kebutuhan.

Tampilannya juga sederhana, sehingga lebih mudah dipahami oleh semua penggunanya. Bahkan pengguna pemula yang belum memahami teknis pemakaian media sosial. Pemakaiannya yang bisa diakses oleh semua kalangan membuat Facebook menjadi salah satu pilhan utama pemakaian media sosial.

Menjangkau seluruh kebutuhan pemakainya

Tujuan awal pembuatan Facebook adalah mempertemukan teman yang sudah lama tidak bertemu, atau mereka yang berada di jaringan yang sama. Tapi, seiring dengan berjalan waktu. FB akhirnya bisa memberikan semua kebutuhan penggunanya.

Sebagai contoh adalah bisa menemukan sahabat di dunia maya, bergabung dengan grup yang memiliki hobi yang sama. Bahkan melalui FB juga bisa menemukan pelanggan dari usaha yang sedang dijalankannya dan bisa juga memasang iklan di platform FB.

Simpel untuk mengunggah postingan

Di dalam FB, pengguna bisa melakukan postingan dengan berbagai macam bentuk. Seperti memposting foto, teks, video, bahkan bisa mengekspresikan perasaannya. Ketika pengguna memberikan suka pada status orang lain, hanga perlu memilih salah satu emoji yang sudah tersedia.

Semua kegiatan tersebut hanya perlu dilakukan dalam satu atau dua klik saja. Pemakaian yang mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan pemula sekalipun.

Tidak ada konten dewasa

Berbeda dengan platform media sosial lainnya, FB menjadi salah satu platform yang cukup selektif dalam menyaring konten yang diunggah oleh penggunanya. FB tidak memperbolehkan adanya konten dewasa.

Ketika ada konten dewasa yang lolos, maka pengguna lainnya bisa langsung melaporkannya langsung. Kemudian pihak FB akan segera memberikan hukuman kepada pengguna tersebut jika ketahuan melanggar peraturan.

Menyediakan pengaturan privasi pengguna

Kelebihan lainnya dari FB adalah pengguna bisa mengatur dengan mudah privasi akunnya. Bukan hanya bisa mengatur public atau privat saja pada akun secara umum saja, tapi juga bisa mengatur lebih detail.

Sebagai contohnya adalah mengatur status supaya bisa terlihat atau dibaca oleh orang tertentu saja. Bahkan, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melakukan tag ke akun tersebut.

Lebih banyak fitur unik dan keren

Seiring dengan berjalannya waktu, Facebook selalu memperbarui fiturnya untuk mempermudah kebutuhan penggunanya. Fitur-fitur tersebut memiliki banyak kegunaan, seperti di bawah ini.

  1. Ketika meng-upload foto bisa langsung mengatur penempatan foto tersebut masuk ke dalam album yang dikehendakinya.
  2. Melalui FB bisa mengelompokkan teman atau memberikan nama kelompok tersebut.
  3. Pengguna bisa langsung bicara dengan teman yang sedang online melalui FB messenger, baik itu lewat telepon atau video call.
  4. Ketika ada teman yang mengajak chat dan tidak online, maka pesan tersebut akan masuk dalam inbox dan bisa membacanya sewaktu-waktu.
  5. Postingan yang sudah diatur publik dapat dengan mudah dibagikan oleh pengguna lainnya.
  6. Ada beberapa fitur yang berguna untuk mengembangkan bisnis, seperti fan page grup, sampai bisnis page yang banyak dipakai untuk memasarkan bisnisnya agar lebih terkenal.
  7. Fitur terbarunya adalah FB sudah mempunyai opsi monetisasi yang bisa membuat penggunanya menghasilkan uang.
  8. Memiliki fitur story
  9. Bisa melakukan siaran langsung atau streaming.

Masih ada banyak lagi fitur yang menarik dari FB. Salah satu yang kini menjadi hal menarik adalah bisa mengubah nama akun sendiri dengan nama yang unik. Ingin mengubah nama akunnya, maka ketahui cara mengubah nama di Facebook.

Panduan Pemberian Nama di Facebook

Sebelum membahas tentang cara mengubah nama di Facebook, pastinya sudah memiliki nama akun sendiri. Nama akun tersebut dicantumkan untuk mempermudah pengguna lainnya untuk mencari dan memperkenalkan diri. Ada beberapa aturan yang berkaitan dengan membuat nama Facebook.

  1. Tidak menyertakan simbol, angka, huruf besar yang aneh, dan karakter yang berulang, serta tanda baca.
  2. Tidak memakai karakter dari berbagai macam bahasa.
  3. Tidak perlu mencantumkan gelar, seperti professional dan agama.
  4. Tidak boleh memakai kata atau frasa yang menggantikan nama.
  5. Tidak diperbolehkan memakai kata-kata yang bersifat ofensif atau sugestif dalam bentuk hal apapun.
  6. Perlu diketahui kalau setiap pengguna hanya akan diberi kesempatan mengubah nama akunnya satu dalam 60 hari.

Ketahui syarat dalam pembuatan nama akun FB supaya nama akun tersebut bisa langsung dipakai. Jika ada satu saja yang dilanggar, maka pihak FB tidak akan menyetujui perubahan nama kaun tersebut.

Cara Mengubah Nama di Facebook

Cara mengubah nama di Facebook bisa dipakai ketika terjadi kesalahan ejaan huruf atau ingin mengganti dengan nama lainnya. Oleh karena itu, bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Mengubah Nama FB Lewat Website

Cara yang satu ini lebih mudah karena mengubahnya lewat website atau situsnya. Adapun bisa memakai laptop atau PC. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka platform FB melalui websitenya.
  2. Login ke akun FB milik sendiri dengan memasukkan email dan password yang sering dipakai.
  3. Klik menu akun yang terletak pada bagian kanan atas.
  4. Klik opsi menu Pengaturan dan Privasi.
  5. Lanjutkan dengan klik menu Pengaturan.
  6. Klik pilihan Nama.
  7. Kemudian ketik nama yang akan dipakai untuk akun selanjutnya dan klik Tinjau Perubahan.
  8. Jika sudah selesai, maka masukkan kata sandi dan klik simpan Perubahan.

Cara Ganti Nama FB di Ponsel Atau Smartphone

Selain bisa melakukan perubahan nama FB lewat website, cara tersebut juga bisa dilakukan lewat perangkat ponsel atau smartphone. Adapu langkahnya berikut ini.

  1. Pastika perangkat smartphone tersebut sudah terpasang aplikasi Facebook.
  2. Lanjutkan dengan login memakai akun sendiri.
  3. Scroll sampai bawah dan temukan menu Pengaturan dan Privasi.
  4. Klik Pengaturan.
  5. Lanjutkan dengan klik Informasi pribadi dan akun
  6. Klik opsi Nama.
  7. Ketika nama yang diinginkan, ingat peraturan untuk perubahan nama.
  8. Lalu klik Tinjauan Perubahan.
  9. Terakhir masukkan password akun dan klik Simpan Perubahan.

Mengubah nama Facebook Lewat iPhone atau iPad

Cara di atas jika pengguna memakai android, sedangkan cara mengubah nama di Facebook selanjutnya diperuntukkan bagi pengguna iPhone.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Facebook.
  2. Klik icon garis tiga pada sisi kanan bawah.
  3. Selanjutnya klik menu Pengaturan  Pribadi dan Privasi.
  4. Buka menu Pengaturan Akun.
  5. Pilih menu Bagian Umum lalu klik Nama.
  6. Klik nama Anda untuk menggantinya, dan ketik dengan nama baru.
  7. Klik Tinjau Perubahan untuk mengetahui hasil perubahannya.
  8. Jika sudah sesuai dengan keinginan, maka klik Simpan Perubahan.

Cara mengganti nama Facebook dengan Bahasa Tertentu

Memakai bahasa lain untuk nama di Facebook juga bisa dilakukan. Nama tersebut akan terlihat unik dan akan berbeda dengan lainnya. Ikutilah caranya seperti yang tersaji d bawah ini

  1. Klik bagian akun sebelah kanan atas.
  2. Pilih Pengaturan dan Privasi, lanjutkan klik Pengaturan.
  3. Cara mengganti nama dengan klik opsi Nama.
  4. Klik Tambahkan dan Ubah Nama dalam Bahasa Tertentu.
  5. Kemudian ketik nama pilihan seperti yang terbaca oleh bahasa lain.
  6. Jika sudah selesai, maka masukkan kata sandi dan penyelesaiannya dengan klik Simpan Perubahan.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Cara Mengatasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka

Cara mengubah nama di Facebook ternyata tidak sulit. Bahkan bisa dilakukan oleh pemula, asalkan mematuhi aturan yang berlaku ketika mengubahnya. Pilih nama yang unik yang mencerminkan kepribadian penggunanya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin