Para Traveller Wajib Tau! Inilah Cara Ganti Region Playstore dengan Mudah

Cara Ganti Region Playstore

Para Traveller Wajib Tau! Inilah Cara Ganti Region Playstore dengan Mudah – Playstore termasuk jenis aplikasi yang bergantung pada lokasi pengguna. Maksudnya, katalog atau  konten yang muncul di Playstore akan disesuaikan dengan lokasi pengguna berada saat itu. Hal ini terjadi karena Playstore tersambung dengan GPS perangkat ponsel berada. Oleh karena itu, ada beberapa cara ganti region Playstore yang dapat dilakukan jika pengguna sedang berada di lokasi lain.

Ada dua metode yang dapat dipilih untuk mengganti region Playstore, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi VPN dan metode langsung. Untuk metode yang kedua, syaratnya pengguna harus sudah berada di lokasi baru sebelum menyetel ulang lokasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas cara untuk mengganti region Playstore dengan dua metode:

Menggunakan Aplikasi VPN

Ada banyak jenis aplikasi VPN yang tersedia, baik gratis maupun berbayar. VPN akan memanipulasi lokasi pengguna dengan memberikan fasilitas akses internet lewat server proxy dan mengenkripsi aliran data. Berikut cara lengkap menggunakannya:

1. Download Aplikasi VPN

Cara Ganti Region Playstore

Pengguna dapat mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu. Kemudian dapat memilih jenis langganan yang digunakan. Beberapa aplikasi VPN yang direkomendasikan karena kualitasnya adalah Turbo VPN, Express  VPN, dan CyberGhost VPN.

Sebelum beranjak ke langkah selanjutnya, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek region Playstore yang saat ini masih terpasang. Caranya dengan mengunjungi aplikasi Playstore, kemudian cek menu ‘Harga’ yang tertera. Lokasi pengguna akan terlihat dari satuan uang yang tersetting.

2. Keluarkan Kartu SIM

Cara Ganti Region Playstore

Langkah berikutnya yaitu mengeluarkan kartu SIM di ponselnya. Tujuannya adalah untuk menetralkan pembaruan lokasi. Cara lainnya, pengguna dapat menyalakan mode pesawat dan mematikan fitur GPS. Jika masih gagal, silahkan diulangi kembali cara tersebut hingga berhasil.

3. Cara Ganti Region Playstore, Hapus Akun Google

Cara Ganti Region Playstore

Berikutnya yaitu menghapus akun Google Play store yang dimiliki. Caranya dengan membuka pengaturan perangkat, lalu pilih ‘Akun’. Pilih akun Google yang dimiliki oleh pengguna, lalu pilih bagian kanan atas. Temukan pilihan yang menunjukkan untuk menghapus akun. Setelah itu,  pengguna diharapkan untuk me-restart ponselnya.

4. Login pada Akun VPN

Langkah selanjutnya, silahkan untuk membuka aplikasi VPN yang sudah terpasang, lalu login dengan akun pengguna. Hubungkan ke server lokasi pengguna untuk mengakses Playstore. Setelah berhasil terkoneksi, masuk ke Google Playstore yang ada di ponsel pengguna. Pastikan untuk login terlebih dahulu.

5. Mematikan VPN

Setelah pengguna sukses dalam mengakses kembali Google Play store di lokasi asal, selanjutnya nonaktifkan VPN. Masukkan kembali kartu SIM pengguna, lalu matikan mode pesawat, dan aktifkan fitur GPS. Tujuannya untuk mengakses kembali lokasi baru pengguna.

Metode Secara Langsung di Play Store

Bagi pengguna yang tidak ingin memakai bantuan aplikasi tambahan, cara ganti region Playstore yang kedua ini bisa menjadi solusi. Syaratnya, pengguna harus sudah berada di lokasi baru dan melakukan langganan terlebih dahulu. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cara Ganti Region Playstore, Buka Google Play Store

Langkah pertama, pengguna dapat mengunjungi Google Play Store di perangkat ponsel masing-masing. Setelah itu, cari bagian ‘Menu’ dan pilih opsi ‘Akun’. Pada bagian ini, pengguna dapat melihat lokasi negara atau regionnya pada opsi ‘Negara dan Profil’.

2. Tentukan Pilihan Negara atau Region Baru

Langkah berikutnya yaitu memilih negara atau region yang ingin dijadikan lokasi baru. Pengguna tinggal memilih region yang telah tersedia di menu ‘Negara dan Profil’ tersebut. Jika sudah ketemu lokasi yang diinginkan, silakan klik lokasi tersebut. Lokasi akan tersetting secara otomatis.

3. Cara Ganti Region Playstore, Lakukan Metode Pembayaran

Setelah itu, lakukan metode pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. Pilih menu ‘menambahkan metode pembayaran’. Untuk melakukan metode pembayaran yang pertama pada akun harus pada lokasi yang terbaru. Selain itu, metode pembayaran tambahan dari sumber lain dapat ditambahkan. Untuk pemrosesannya, perlu waktu sampai 24 jam.

Itulah cara ganti region Playstore yang dapat dilakukan dengan mudah. Pada hakikatnya, cara tersebut sama, hanya berbeda pada metode dan perangkat yang digunakan. Meskipun ada pilihan gratis, pengguna disarankan untuk tidak memilih cara tersebut. Pilihlah metode yang resmi meski harus berlangganan. Hal ini untuk mendapatkan lisensi dari penjual aplikasi.

Baca Juga : Kenapa Tidak Bisa Download Aplikasi di Playstore

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 1 =