Persamaan Free Fire dan PUBG

Persamaan Free Fire dan PUBG

Penghobi game battle royale sudah tentu mengetahui dua jenis game terpopuler ini; Free Fire dan PUBG. Di Indonesia sendiri, dua game ini seringkali dianggap sangat berbeda. Padahal, ada sekian persamaan Free Fire dan PUBG yang mungkin belum diketahui.

Memang, ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua game battle royale ini. Misalnya, gameplay yang disajikan. Dalam gameplay yang disajikan, saat awal game dimulai kamu akan disuruh turun dari pesawat. Yang menjadi perbedaan adalah jumlah pemain yang ada di dalam satu game.

Pada game Free Fire, jumlah pemain dalam satu room ada 50 orang. Sedangkan dalam PUBG, jumlah pemainnya dalam satu room adalah 100 orang. Berarti perbedaannya hanya dari segi jumlah pemain dalam satu room gameplay.

Selain itu, ada juga perbedaan karakter yang ada di dalam Free Fire dan juga PUBG. Dalam Free Fire, ada beberapa karakter khusus yang bisa mengeluarkan skill ketika di dalam game. Misalnya, ada skill untuk menghilang beberapa detik dari map dan juga tembakan dari karakter yang tidak pernah meleset.

Ada lagi perbedaan mengenai total jenis senjata yang disediakan. Dalam game Free Fire, total jenis senjata yang ada hanya 18 jenis. Namun dalam PUBG, total jenis senjata adalah 25 jenis. Perlengkapan yang bisa digunakan dalam senjata pada PUBG juga lebih beragam.

Dan dengan banyaknya jenis senjata dalam PUBG, kamu bisa memilih dan menyesuaikan senjata dengan karakter dan juga tipe permainan yang ingin kamu lakukan.

Ada juga yang mengatakan kalau perbedaan dari kedua game ini adalah perbandingan dalam map. Dalam PUBG, ada kurang lebih 4 map yang bisa dipilih dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun dalam Free Fire, hanya terdapat dua map saja.

Memang cukup banyak perbedaan dalam kedua game ini seperti grafis, fitur pendukung, jumlah mode dalam game, slogan, dan tentunya juga spesifikasi. Namun tetap saja, ada yang menjadi persamaan Free Fire dan PUBG.

Apa Itu Free Fire?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, lebih baik ketahui dulu penjelasan dari game yang satu ini. Free Fire ini merupakan salah satu game Battle Royale terpopuler di Indonesia. Game ini dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena. Game ini bisa diunduh dengan perangkat android maupun iOS.

Game ini, pada tahun 2019 menjadi game yang paling banyak diunduh dalam skala global. Kabarnya, game ini juga mendapatkan penghargaan “Best Popular Vote Game” yang diberikan oleh Google Play pada tahun 2019 yang lalu. Data pada 2020 terakhir, game ini sudah memiliki 80 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Apa Itu PUBG?

PUBG merupakan singkatan dari Player’s Unknown Battle Ground. Yang artinya, para pemain yang masih belum mengetahui medan pertempurannya. Game ini, bisa loh dimainkan melalui PC maupun smartphone. Yang mempublikasinya adalah Tencent. Dan hingga saat ini telah mencapai sekitar 100 juta unduhan.

Dalam game ini, kamu bisa bermain solo, duo, maupun squad bersama teman-temanmu. Rule utamanya, kamu atau timu harus menjadi yang terakhir bertahan hidup. Dan itu adalah tanda kemenanganmu berserta timmu.

Game ini dibuat oleh orang yang berkebangsaan Irlandia berumur 44 tahun, Brendan Green. Hingga saat ini, game besutannya merupakan salah satu game terpopuler yang ada di dunia.

Dibuktikan dengan banyaknya turnamen dalam berbagai skala; regional, nasional, dan juga internasional. Ditambah lagi dengan banyaknya unduhan yang dilakukan. Maka tak heran jika game ini juga merupakan salah satu game terlaris yang paling banyak diunduh dan juga dimainkan.

Apa Persamaan Free Fire dan PUBG?

Persamaan Free Fire dan PUBG

Jika sudah mengetahui apa itu PUBG dan juga Free Fire, sekarang kamu juga harus mengetahui apa saja yang menjadi persamaan dari kedua game ini. Ada beberapa persamaan yang sering kali luput dari perhatian para penggunanya. Tapi jangan khawatir, berikut ini akan disediakan beberapa poin persamaannya :

Persamaan Genre

Ya, seperti sudah diketahui bersama. Yang merupakan persamaan mendasar dari kedua game ini adalah genre yang diusungnya. Genre yang diusung adalah battle royale.

Terkait dengan genre battle royale, genre tersebut adalah suatu jenis metode permainan dalam game yang mengharuskan para pemainnya untuk mengeksplorasi apa saja yang ada dengan tujuan menjadi yang paling terakhir bertahan hidup.

Ini dipakai oleh Free Fire dan juga PUBG. Tim atau individu yang menang adalah yang paling terakhir bisa bertahan.

Rule of The Game

Persamaan yang kedua adalah pada peraturan dalam kedua game ini. Aturan yang diberikan adalah adanya lingkaran zona yang semakin lama akan makin menyusut. Dan para player nantinya dipaksa menuju ke arah tengah dalam map.

Kedua game ini sama-sama memiliki waktu interval pengurangan zona lingkaran yang ada, yakni selama 10 menit. Artinya, setiap sepuluh menit, setiap pemain harus berlarian menuju zona aman agar mereka bisa tetap bertahan hidup.

Jika melanggar, biasanya health power atau HP para player akan berkurang dengan sendirinya karena tidak segera masuk ke dalam zona aman.

Selain itu, ada juga aturan untuk melakukan looting yang disebarkan pada seluruh tempat map yang ada dalam game. Para player diatur untuk mencari senjata, item, helm, vest, dan kelengkapan perang lainnya dengan secepat mungkin agar bisa memenangkan pertandingan.

Senjata

Walaupun ada perbedaan jumlah jenis senjata, tapi kedua game ini memiliki persamaan juga dalam senjata. Yakni pada kesamaan jenis yang diberikan. Misalnya, dalam kedua game ini terdapat senjata jenis AWP, Ak47, Scar, granat, pisau, dan lain sebagainya.

Ini yang juga menjadi persamaan antara keduanya. Yang membedakan hanya jumlah dan juga style atau desain dan skin dari senjata.

Merangkak Sebelum Mati

Nah ini juga salah satu persamaan dari kedua game ini. Biasanya, sebelum benar-benar knock-out, para pemain yang ada di dalam hanya bisa merangkak. Dalam merangnkak, health power karakternya akan terus berkurang. Jika ia tak segera di revive, maka ia akan terbunuh secara perlahan.

Cara untuk merevivenya juga sama, yakni harus mendatangi atau didatangi oleh teman untuk membantunya bangkit kembali. Setelah itu, baru mulai untuk kembali memulihkan diri dengan beberapa item yang telah disediakan.

Gameplay

Gameplay yang ada di dalamnya juga sama. Awalnya, kamu akan ditampilkan sebagai pemain yang lagi ada dalam pesawat. Setelah mencapai tempat tertentu, kamu bisa memilih untuk turun atau melanjutkan naik pesawat.

Memang, ada yang berbeda. Satu pakai parasut dan yang satunya lagi pakai ski. Akan tetapi, konsep dari keduanya masih tetap sama. Yakni kamu turun dari pesawat untuk menuju tempat sesuai dengan keinginan.

Setelah sampai ke permukaan tanah, kamu diharuskan untuk looting terlebih dulu. Looting alat-alat perang yang bermanfaat agar tak cepat knock. Ada juga untuk menambah energi serta healhpower.

Setelah itu, baru mulai untuk berperang dan melancarkan strategi agar kamu dan timmu bisa menang. Cara bermainnya juga sama, yakni harus melakukan knock terhadap player lain. Dan teruslah melakukannya hingga game selesai dan hanya kamu serta tim kamu yang tersisa.

Nah, itulah beberapa poin yang menunjukkan persamaan Free Fire dan PUBG. Dengan ini, sekarang kamu bisa untuk mendebat teman yang  mengatakan bahwa dua game ini sama sekali berbeda.

Baca Juga: PUBG Game Nomor 1 Dunia

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 − two =