PhotoScape, Software Pintar untuk Editing Photo

PhotoScape

PhotoScape – Sekarang ada banyak bermunculan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk photo editing. Salah satunya adalah aplikasi PhotoScape. Meskipun pemakaiannya gratis, namun jangan salah. Kemampuannya sangat hebat sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Tentang PhotoScape

PhotoScape adalah salah satu software yang berfungsi untuk mengedit gambar-gambar bitmap. Banyak orang yang lebih memilih software yang berasal dari Korea ini dibandingkan lainnya.

Bukan karena fanatisme terhadap K-Pop, tetapi kepada fitur-fitur di dalamnya yang sangat lengkap. Sehingga membantu sekali untuk para desain grafis atau yang suka foto editing.

Konsep dasar yang dipakai oleh software ini adalah Mudah dan Menyenangkan. Siapa saja bisa melakukan edit foto baik dari kamera ponsel atau digital aplikasi tersebut sudah menyediakan berbagai macam fitur yang bermanfaat untuk pengeditan.

Program program di dalam aplikasi di atas sangat tepat untuk siswa yang sedang giat-giatnya belajar desain grafis. Adanya aplikasi tersebut akan mebuat siswa untuk mengedit foto sekreatif mungkin.

Aplikasi ini gratis, sehingga memudahkan penggunanya yang tidak memiliki dana besar, seperti para siswa.

Fitur-Fitur PhotoScape

Kelebihan dari suatu aplikasi editing photo terletak pada fitur yang dimilikinya. Begitu juga dengan aplikasi PhotoScape yang mempunyai banyak fitur menarik yang bisa membuat hasil editan sangat keren. Inilah beberapa fitur di dalam aplikasi tersebut.

  1. Editor. Manfaat dari fitur ini adalah untuk mengubah ukuran, kecerahan, dan kesesuaian warna. Selain itu, ada juga pengaturan untuk menambahkan teks, scrop, menghapus mata merah, koreksi backlight, dan lain sebagainya.
  2. Viewer. Berguna untuk melihat foto yang ada di dalam folder secara slideshow.
  3. Batch Editor, yang berfungsi untuk mengedit foto lebih dari satu secara bersamaan.
  4. Page, adalah menggabungkan beberapa foto menjadi satu frame. Ada berbagai macam pilihan frame yang bisa dipilih.
  5. Combine. Fitur satu ini bermanfaat untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu dengan bentuk horizontal atau vertikal.
  6. Animated Merupakan cara untuk membuat animasi dari gabungan beberapa foto.
  7. Print. Adalah cara untuk mencetak hasil editan foto dengan berbagai macam ukuran.
  8. Splitter. Fungsinya hampir sama dengan crop, yaitu memotong foto menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan.
  9. Screen Capture, merupakan fitur yang memudahkan untuk mengambil gambar secara screenshoot.
  10. Color Picker, yang dipakai untuk memilih warna.
  11. RAW Converter. Fungsinya untuk mengonversi RAW menjadi JPG.
  12. Rename untuk penggantian nama file yang sesuai dengan keinginan.
  13. Paper Print yang bermanfaat untuk mencetak mulai dari grafik, garis, sampai kalender.
  14. Face Search. Fitur yang satu ini digunakan untuk mencari wajah di internet.

Itulah beberapa fitur yang ada dalam aplikasi PhotoScape. Sebuah software yang berguna untuk keperluan mengedit gambar atau foto. Sehingga hasilnya bisa menarik. tapi, ada juga beberapa tool yang harus diketahui manfaatnya.

  1. Object. Sebuah tool yang digunakan ketika ingin menambahkan gambar, tulisan, garis, atau bentuk lainnya.
  2. Resize. Merupakan tool yang bisa mengubah ukuran size foto menjadi lebih kecil atau lebih besar. Sehingga sesuai dengan efek yang akan diberikan.
  3. Filter. Tool yang bisa menghasilkan beberapa efek, seperti efek film, cartoon, focus, blur, clear skin, old style, dan efek lainnya yang tidak kalah menarik.
  4. Bright color. Adalah tool yang berguna untuk mengubah warna supaya lebih gelap atau lebih cerah sesuai dengan kebutuhan.
  5. Frame. Merupakan tool yang berisi berbagai macam bingkai yang bisa dipasangkan pada foto yang sudah diedit. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Lebih banyak mengetahui manfaat fitur dan tool, maka bisa menggabungkan semuanya sehingga bisa mengedit foto dengan hasil yang menakjubkan. Bahkan bisa sesuai dengan selera masing-masing.

Kelebihan PhotoScape

Setelah mengetahui beberapa fitur di dalamnya. Selanjutnya adalah kelebihan yang dimiliki aplikasi untuk editing photo tersebut. pertama adalah software yang satu ini sudah memiliki lisensi freeware.

Jangan khawatir dengan memory penyimpanan di laptop atau PC. Karena aplikasi satu ini hanya memakai kebutuhan memory yang minim. Sehingga sangat cocok bagi laptop atau PC dengan spesifikasi pas-pasan.

Bahkan aplikasi tersebut dikatakan multitasking. Karena bisa melakukan editing bersamaan dengan melihat video pada layar kecil di pojokan.

Terkahir adalah semua fitur di dalamnya praktis. Sehingga memudahkan penggunanya dalam pemakaian aplikasi tersebut. Serta memilih fitur yang tepat untuk memakai yang mana.

Fitur yang sedikit membuat aplikasi ini mempunyai file yang ringan. Tapi yang pasti, semua yang bisa dilakukan oleh aplikasi Photoshop juga bisa dilakukan oleh aplikasi PhotoScape.

Kekurangan PhotoScape

Ketika mengatakan kalau kelebihan PhotoScape adalah memiliki fitur yang praktis. Artinya tidak akan ada banyak fitur yang ada di dalamnya. Tidak sebanyak aplikasi editing yang berbayar, yang sering membuat pemula kebingungan.

Selain itu ada salah satu fitur yang tidak menarik dibandingkan dengan fitur yang sama pada aplikasi lainnya. Tapi, jangan lupa kalau pemakaiannya PhotoScape online. dimana harus ada jaringan internet jika ingin memakai aplikasi satu ini.

Download dan Install PhotoScape

Fitur yang sangat menarik dengan ukuran file yang minim bisa masuk dalam rekomendasi aplikasi yang patut diperhitungkan. Apalagi pemakaiannya juga mudah. Berikut urutan untuk download dan install aplikasinya.

  1. Carilah website resmi dari aplikasi ini.
  2. Jika menemukannya, klik Download.
  3. Kemudian install aplikasi tersebut di dalam PC atau komputer.

Demikian penjelasan tentang salah satu software yang udah pemakaiannya dengan minim file, yaitu aplikasi PhotoScape. Aplikasi tersebut sangat digandrungi anak muda karena kelengkapan fiturnya yang tidak kalah dengan berbayar.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 − three =