ZArchiver: Aplikasi Kompres dan Ekstrak File Beserta Fitur-Fiturnya

ZArchiver

File archive yang identik dengan format .ZIP atau .RAR memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk menyimpan banyak file sehingga lebih rapi dan aman. Untuk membuka file archive, Anda memerlukan aplikasi khusus, salah satunya ZArchiver.

Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk membuka file ekstensi .ZIP dan semacamnya. Namun tidak hanya itu, aplikasi ZArchiver memiliki banyak kelebihan yang harus Anda tahu. Berikut ini review aplikasi mobile ZArchiver terbaru.

Apa Itu ZArchiver?

ZArchiver adalah aplikasi mobile yang berfungsi sebagai archive management yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta unduhan dan mendapat ulasan tinggi yaitu 4.5 star. ZArchiver dikembangkan oleh ZDes dan telah mendukung banyak format ekstensi file arsip yang beredar di smartphone.

Fitur ZArchiver

  • Ekstrak dan Kompresi Terpisah

File arsip yang terpisah biasanya digunakan untuk memperkecil ukuran dengan dibagi-bagi menjadi beberapa bagian, contohnya, file.7z.001, .002, .003, .004, dan seterusnya. Hal yang biasa ditemukan ketika Anda sedang mendownload game dengan size yang ekstra besar. Aplikasi ini dapat membuka file arsip tersebut tanpa ada masalah.

  • Membuka File APK

Fitur yang cukup menarik dan jarang dimiliki oleh aplikasi lain. Fitur ini bisa dikatakan fitur tingkat lanjut dari aplikasi ekstrak kompresi file arsip. Pada dasarnya, APK merupakan file instalasi untuk sistem operasi Android yang didalamnya terdapat file-file lagi. Untuk melihatnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini. Biasanya digunakan untuk modifikasi file APK.

  • Search

Hampir sama dengan fitur pada aplikasi sejenis lainnya, yaitu fitur pencarian. Fitur ini akan mempermudah pengguna untuk mencari file-file yang dibutuhkan, mengingat file arsip tentunya memiliki isian yang banyak. Kelebihan fitur search pada aplikasi ini adalah respon yang cepat dan mampu mencari di tempat penyimpanan internal dan eksternal.

  • Melihat Status Penyimpanan

Dengan fitur ini, Anda dapat melihat informasi terkait kapasitas memory atau disk penyimpanan pada smartphone Anda. Baik itu penyimpanan eksternal atau internal, semuanya terlihat secara transparant.

  • Mendukung Banyak Format File

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah mendukung begitu banyak file arsip. Mulai dari yang terkenal sampai kurang populer, semuanya dapat dibuka. Contohnya .ZIP, .RAR, .ISO, .TAR, dan lainnya. Kemudian file-file dengan format non-mainstream seperti .ARJ, .IZH, .IZMA, .TGZ, .Z, .RPM, .MTZ, dan lain sebagainya.

  • Ekstraksi dan Kompresi

Kedua fitur ini merupakan fitur utama dalam aplikasi ini. Dengan ZArchiver, Anda dapat membuka file berformat arsip dan dapat mengumpulkan banyak file kemudian dipadatkan menjadi satu file arsip. Dari segi performa, aplikasi ini cukup baik dan mampu mengeluarkan kemampuan smartphone dalam prosesi ekstrak dan kompres file di mana aktivitas ini memerlukan kapasitas RAM yang tinggi, performa prosessor yang mumpuni, dan kecepatan memory penyimpanan yang baik.

  • User-interface

Aplikasi ini cukup sederhana dari segi penampilan yang mengikuti aksen warna dari default setting smartphone Anda. Tidak ada ornamen-ornamen yang “ramai” pada aplikasi ini. Enaknya, aplikasi ini dapat diubah dari light mode ke dark mode. Menu da UI-nya sangat baik dan tidak mempersulit pengguna dalam memahami ZArchiver.

Mengingat aplikasi ini gratis, namun menawarkan berbagai fitur menarik terkait dengan fungsi utamanya, yaitu archive management, aplikasi ini sangat bagus. Namun kami melihat bahwa tidak ada inovasi yang baru atau ekslusif dibanding dengan aplikasi archive management lainnya dengan kepopuleran yang hampir sama.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + 1 =