Pixel 7 VS iPhone 14, Mana yang Lebih Baik?

Pixel 7 VS iPhone 14, Mana yang Lebih Baik? – Belakangan ini ada beberapa smartphone keluaran terbaru, seperti Google dan Apple. Kali ini akan ada pembahasan antara Pixel 7 VS iPhone 14 yang sama-sama dirilis tahun ini. Penasaran dengan spesifikasi keduanya, simak berikut ini.

Perbedaan Spesifikasi Pixel 7 VS iPhone 14

Bulan ini penuh dengan keluaran smartphone baru, yaitu iPhone 14 dan Pixel 7. Berdasarkan informasi saat ini, ponsel mana yang cocok untuk dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Berikut perbandingan spesifikasi Pixel 7 vs Iphone 14.

Desain

Perbandingan pertama pada desain dari kedua smartphone tersebut. Pihak Apple dikabarkan akan mengubah sedikit desain pada desain iPhone 14 dibandingkan dengan keluaran sebelumnya, yaitu iPhone 13.

Memang ada perubahan sedikit pada iPhone 14 Pro. Perubahan tersebut pada takik yang lebih sempit dari iPhone 13 akan tetap ada pada iPhone 14 dan iPhone 14 Max.

iPhone 14 Pro akan memiliki model yang berbeda dibandingkan dasarnya. Perbedaan tersebut karena ada pembuangan takik untuk guntingan berbentuk pil yang akan menampung kamera dan sensor ID wajah untuk membuka kunci ponsel.

Intinya Apple iPhone 14 mempunyai desain yang sangat ikonik dengan batas datar dan ukuran yang lebih ringkas. Desain tersebut juga dilengkapi dengan kualitas bangunan yang lebih baik termasuk kaca belakang yang sudah dilindungi Ceramic shield.

Bingkai untuk iPhone 14 terbuat dari alumunium serta ketahanan air yang lebih baik. Itu dibuktikan dengan adanya sertifikasi IP68 yang memungkinkan membawanya menyelam dengan kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Tapi sayangnya iPhone mempunyai kedudukan yang tidak baik dan tak disukai semua orang di luar.

Berbeda dengan Google Pixel 7. Smartphone tersebut mempunyai desain yang bagus. Desainnya yang sangat orisinal termasuk modul kamera horizontal. Sedangkan kaca belakang sudah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Sedangkan bingkainya terbuat dari alumunium dan memiliki pilihan warna yang menarik. Sama seperti iPhone 14, Google Pixel 7 juga tahan air dengan sertifikasi IP68.

Display

Selanjutnya pada display pada kedua ponsel tersebut. Pada Google Pixel 7 dilengkapi dengan panel 6,3 inci yang sudah menampilkan gambar dengan resolusi full HD+  1080 x 2400 pixel.

Sedangkan kecepatan refresh-nya sebesar 90 Hz, sertifikasi HDR10+. Tingkat kecerahan puncak Pixel 7 adalah 1400 nit. Itu termasuk dalam pemindai sidik jari dalam layar.

Tidak lupa sudah disertai speaker stereo untuk pengalaman audio yang lebih baik.

Selanjutnya pada smartphone iPhone 14 yang memiliki layar Super retina XDR OLED dengan diagonal 6,1 inci yang lebih kecil.

Adapun resolusinya sudah Full HD+ 1170 x 2532 piksel dengan sertifikasi HDR10. Ada dukungan Dolby Vision dan pengenalan wajah 3D untuk otentikasi. Berkat ID wajah dan speaker stereo.

Melihat spesifikasinya, iPhone 14 memberikan kualitas gambar yang lebih tinggi, namun Pixel mempunyai kecepatan refresh yang lebih tinggi. Sehingga fitur tersebut lebih baik untuk para gamer.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak Pixel 7 vs iPhone 14

Antara ponsel Pixel 7 vs iPhone 14 sudah dilengkapi dengan perangkat keras kelas unggulan. Sehingga pengguna bisa mendapatkan kinerja yang luar biasa lewat kedua ponsel ini.

Pada Google Pixel 7 memakai platform seluler Google Tensor G2 yang dibuat dengan proses produksi 5 nm dan memakai arsitektur octa core. Termasuk dua CPU Cortex X1 yang berjalan dengan frekuensi maksimum 2,85 GHz, serta GPU Mali G710 MC10.

Selain memakai prosesor Tensor G2, ponsel Pixel 7 memakai kapasitas 8 GB RAM dengan pilihan ROM 128 GB atau 256 GB untuk penyimpanan internal.

Sedangkan pada iPhone 14 masih memakai Bionic A15. Proses produksinya sama dengan milik Google Pixel 7, memakai arsitektur octa core, dan GPU milik Apple sebesar 5 core.

Di samping SoC, iPhone 14 memiliki kapasitas RAM sebesar 6 GB dengan 3 pilihan penyimpanan internal. Yakni 126 GB, 256 GB, dan 512 GB. Adapun sistem operasi yang diinstal adalah versi terbarunya Android dan iOS. Yaitu Android 13 dan iOS 16.

Smartphone yang satu ini akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lumayan lama. Sehingga bisa dipastikan jika ingin mencari perangkat yang tahan lama, maka ini adalah pilihan terbaik.

Kamera

Selanjutnya adalah kamera Google Pixel 7 vs iPhone 14. Kamera utama pada Google Pixel 7 sebesar 50 MP. Sehingga seharusnya bisa menghasilkan potret yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone 14. Terdapat juga autofokus laser dan OIS, serta kamera Ultrawide sebesar 12 MP.

Berbeda dengan iPhone 14, smartphone yang satu ini masih memakai kamera utama 12 MP yang besarannya sama dengan Ultrawide. Padahal versi di atasnya yang sama-sama iPhone 14 sudah memakai kamera utama 48 MP.

Baterai

Sekarang berlanjut pada baterai kedua smartphone tersebut. Ternyata baterai yang dipasang pada Google Pixel 7 lebih besar dibandingkan dengan iPhone 14.

Lebih tepatnya pada Google Pixel 7 memiliki kapasitas baterai sebesar 4365 mAh. Sedangkan pada iPhone 14 memiliki kapasitas baterai sebesar 3279 mAh.

Meski begitu, pihak Apple memberikan jaminan masa pakai baterai yang sama karena tingkat pengoptimalan yang lebih tinggi yang disediakan oleh sistem operasi iOS.

Kedua smartphone, Google Pixel 7 vs iPhone 14 sama-sama memiliki fitur pengisian cepat dan pengisian nirkabel. Tapi ada yang berbeda dengan milik Apple, ada penambahan teknologi MagSafe. Teknologi tersebut memungkinkan untuk menghubungkan aksesori eksternal.

Tanggal Perilisan dan Harga

Kedua smartphone tersebut sudah bisa dibeli setelah mengadakan event perilisannya pada bulan Oktober. Bagi penggemar iPhone bisa segera mendapatkan keluaran terbaru dari Apple pada toko ponsel iPhone di kota

Sedangkan harganya tentu saja berbeda, melihat spesifikasinya juga berbeda. Harga pada Google Pixel 7 sekitar mukai 9,8 jutaan di pasaran Eropa dan 9,2 di pasaran Amerika.

Adapun untuk iPhone 14 dihargai sekitar 15,2 jutaan di pasaran Eropa dan 11, 5 jutaan di pasar Amerika.

Kelebihan dan Kekurangan Pixel 7 dan iPhone 14

Kini sudah tahu spesifikasi dari Google Pixel 7 dan iphone 14. Selanjutnya adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan antara kedua smartphone tersebut. Sehingga bisa membandingkan sebelum membelinya.

Kelebihan Google Pixel 7

Adapun kelebihan dari smartphone yang satu ini adalah harganya yang terjangkau, tampilannya lebih lebar, kapasitas baterai lebih besar, dan kameranya lumayan bagus. Sedangkan kekurangannya hanya kualitas dari bagunannya lebih rendah.

Kelebihan IPhone 14

Berbeda dengan smartphone iPhone 14. Ada beberapa kelebihannya, seperti performanya yang sudah semakin baik, ditambah ketahanan airnya sudah lebih bagus, ID wajah, dan MagSafe. Meskipun begitu, masih ada kekurangannya, seperti harganya yang masih terlalu tinggi.

Baca Juga: iPhone 14 Tahan Air, Apakah Benar-benar Aman?

Itulah perbandingan antara Pixel 7 vs iPhone 14. Sebagai pengguna, pastinya sudah bisa membandingkan antara kedua smartphone tersebut. Jadi, mau beli yang mana?

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin