Inilah Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10 – Huawei menjadi salah satu produsen tablet dan ponsel pintar yang menawarkan produk dengan harga terjangkau, namun tetap berkualitas. Ada berbagai kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 yang baru saja dirilis, yang merupakan salah satu tablet unggulan Huawei. Anda yang berniat untuk membelinya dalam waktu dekat, berikut adalah rincian informasinya. 

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10

Kelebihan Huawei Matepad T10

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10

  • Teknologi Layar Terkini

Ada alasan kenapa produk keluaran Huawei ini memiliki angka T10 sebagai kode serinya, tidak lain karena ukuran layarnya yang mencapai 9,7 inchi. Ukuran tersebut termasuk jumbo untuk tablet sekelasnya, belum lagi produk ini menggunakan panel layar IPS. Dengan menggunakan layar IPS, Anda bisa mendapatkan sudut pandang yang baik dan konsumsi daya lebih rendah untuk pemakaian.

Kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak main main, resolusinya tinggi dan tajam, kerapatan pikselnya ada di angka 156 ppi. Untuk Anda yang memiliki mata sensitive, jangan khawatir, layar Huawei Matepad ini memiliki sertifikat TUV Rheinland yang bisa melindungi mata dari cahaya biru layar tablet.

  • Fitur Konektivitas Beragam

Bagian selanjutnya mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 adalah konektivitas yang dimiliki. Tablet ini memiliki kelebihan dengan konektivitas yang beragam, diantaranya adalah:

  1. Mampu terkoneksi dengan wii hingga bandwith 2,4 ghz dan 5 ghz.
  2. Menggunakan teknologi Bluetooth edisi 5.0, membuatnya dapat menjangkau area yang lebih luas dengan transisi yang lebih cepat.
  3. Tersedia fitur BLE atau Bluetooth low energy yang membuatnya lebih hemat dalam konsumsi baterai.
  4. Mendukung USB OTG dan USB 2.0, masih ditambah dengan konektivitas USB tipe C sehingga pengisian daya bisa dilakukan dengan daya yang lebih besar.

Fitur yang beragam tersebut tidak bisa ditemukan di tablet sekelas dengan Huawei, dengan fitur yang lengkap, koneksi dan aktivitas jaringan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

  • SOC yang Mumpuni

Tablet Huawei Matepad T10 ini sudah menggunakan sistem Android 10 yang memiliki antar muka nyaman. Menggunakan user interface EMUI 10.1, dukungan dan pembagian layar yang digunakan cukup simetris, bahkan dapat memberikan tampilan mode anak anak. Kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 tidak berhenti sampai disana saja.

SOC yang dimiliki oleh tablet ini juga unggul, Anda bisa memanfaatkannya untuk menonton video, membaca ebook, bahkan aktivitas belanja daring dengan lebih mudah. Kemampuan tersebut dihasilkan dari dukungan chipset Huawei Kirin 710 A, yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan multitasking dasar.

Untuk Anda yang ingin mengetahui spesifikasi dan keunggulan dapur pacu yang dimiliki oleh Huawei Matepad T10, berikut adalah penjelasannya:

  1. Menggunakan CPU Octa Core yang hemat daya dengan empat inti, membuatnya dapat menghasilkan kinerja yang unggul dan optimal.
  2. Prosesor grafis yang digunakan adalah Mali G51, yang bisa membantu Anda menggunakan aplikasi dengan lebih stabil.
  3. Ruang penyimpanan yang dimiliki adalah 2 GB untuk RAM dan 32 GB untuk ruang internal, jika Anda menggunakannya untuk aktivitas kerja atau sekolah daring, kemampuan tersebut sudah mumpuni.
  • Audio Terbaik di Kelasnya

Kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 yang perlu dibahas selanjutnya adalah bagian audio. Jika Anda suka bermain game, menonton video, melakukan konferensi secara daring, mendengarkan musik dan aktivitas audio visual lainnya, maka Matepad T10 dari Huawei ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Audio yang dimiliki cukup jernih, apalagi dengan menggunakan audio speaker simetris yang terdapat di kedua sisi. Sistem teknologi yang digunakan adalah Huawei Histen 6.1, dengan teknologi tersebut Anda bisa lebih nyaman mendengarkan suara yang keluar dari perangkat. Bass yang dipakai cukup jernih, begitu pula melodi yang keluar.

Kekurangan yang Dimiliki oleh Matepad T10

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matepad T10

Setelah membahas kelebihan dari tablet ini, tentunya Anda juga harus mengetahui kekurangan yang dimiliki, diantara kekurangannya adalah:

  • Layanan Google yang Minus

Biasanya sistem operasi Android bisa langsung melakukan integrasi perangkat dengan jaringan Google, namun Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda jika menggunakan tablet yang satu ini. Belakangan diketahui bahwa Huawei sudah tidak bekerja sama dengan Google, membuat produknya tidak lagi menggunakan jaringan atau aplikasi buatan Google.

Ini terlihat dengan adanya Huawei App Galery yang akan Anda gunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi, alih alih Google Play Store. Ini tentu akan mempersulit Anda yang ingin menggunakan aplikasi yang tersedia di Play Store, namun tidak menemukannya di Huawei App Galery.

  • Pengisian Baterai yang Lambat

Kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 lainnya mengenai kondisi baterai yang dimiliki. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh tablet ini adalah 5,100 mAh. Ukuran ini memang termasuk besar, namun sekarang sudah banyak ponsel harga 1-2 juta yang sudah memiliki kapasitas baterai di angka 5 ribu mAh.

Meski kapasitas baterainya cukup besar, namun pengisian daya yang dilakukan tidak berjalan dengan cepat. Sebab tablet ini tidak memiliki fitur isi daya cepat sebagaimana ponsel pintar pada umumnya. Tablet ini menggunakan port USB C, untuk mengisi sampai penuh perlu waktu dua jam lebih, yang tentunya cukup lama.

  • Varian Wi-Fi Only

Slot kartu yang tersedia di tablet ini hanya bisa digunakan untuk satu kartu, jika Anda memilih menggunakan slot tersebut untuk kartu sim card, maka Anda tidak bisa menambahkan memori eksternal. Untuk ukuran memori internal yang hanya 32 GB, ini tentu akan membuat Anda sulit menyimpan banyak data berukuran besar.

Hal yang sama jika Anda menggunakan slot tersebut untuk kartu memori eksternal, Anda tidak bisa menggunakannya untuk sim card, sebab varian tablet ini hanya tersedia untuk pemakaian jaringan wifi saja. Namun tambahan memori internal yang bisa Anda sematkan di slot tersebut bisa sampai kapasitas 512 GB.

  • Tidak Tersedia Face Unlock

Bahasan selanjutnya untuk kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10 adalah tidak tersedianya Face Unlock. Fitur ini menggunakan scanning wajah untuk membuat keamanan yang prima di perangkat pengguna. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa membuka tablet hanya dengan mengarahkan layar tablet ke muka.

Jika Anda merupakan pengguna tablet yang malas, fitur ini  tentunya akan sangat membantu Anda. Tidak adanya sistem ini tentu akan membuat keamanan tablet lebih lemah dan keefisienan perangkat menurun. Meski demikian, kamu masih bisa mengamankan tablet tersebut menggunakan kata sandi dan pola.

  • Kamera yang Sederhana

Untuk urusan kamera, bagian ini memang tidak diunggulkan oleh Huawei, ada dua buah kamera yang tersemat di perangkat ini. Kamera belakang dengan resolusi 5 MP serta kamera depan dengan resolui 2 MP, hasil perekaman video bisa mencapai resolusi full HD di bagian belakang dan HD di bagian depan.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Huawei Matepad T10. Dengan informasi tersebut semoga Anda bisa lebih yakin untuk menggunakan produk tersebut.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad T 10 Kids Edition yang Perlu Diketahu

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + fourteen =