Simaklah Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi

Simaklah Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android – Pernahkah ruang penyimpanan terasa penuh padahal telah menghapus beberapa software yang tidak diperlukan? Mungkin diperlukan cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android agar internal storage bisa digunakan kembali. Hal ini memang tidak mempengaruhi kerja dari sistem operasi. Namun tentunya mengganggu sebab tidak dapat menyimpan banyak file.

Bersihkan Sisa Aplikasi Secara Manual

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi

Dalam cara pertama ini pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun untuk membersihkan sisa-sisa file yang menumpuk dan memakan ruang penyimpanan. Tapi yang perlu diketahui, langkah ini harus dilakukan sebelum melakukan uninstall pada software tersebut. Simaklah caranya berikut ini:

1. Bukalah Menu Settings

Tanpa disadari oleh pengguna, aplikasi yang dipasang di smartphone android selalu menghasilkan file-file sampah yang membuat internal storage menjadi sempit. Bahkan data tersebut masih saja tersisa walaupun sudah melakukan uninstall. Untuk itu, mulailah membersihkannya dengan menuju ke menu Pengaturan atau Settings yang ada di ponsel, biasanya ditandai dengan ikon gerigi.

2. Cara Membersihkan Sisa Aplikasi, Pilihlah Aplikasi yang Akan Dihapus

Setelah berada di menu Settings, gulirlah layar ke bawah dan temukan fitur yang mengatur tentang Aplikasi atau Apps di smartphone android. Carilah software yang akan dicopot pemasangannya. Jika ingin meng-uninstall beberapa aplikasi, maka cara ini hanya bisa dilakukan satu persatu. Tidak bisa sekaligus. Lalu ikutilah langkah berikutnya.

3. Hapus File Sampah yang Menumpuk

Apabila sudah menemukan aplikasi mana yang akan dihapus, sekarang adalah saatnya membersihkan file-file yang membuat ruang penyimpanan berkurang sangat cepat. Lakukan pembersihan Cache (Clear Cache), yang mana ini merupakan file sampah hasil data software. Selain itu, hapus pula semua data yang ada dengan menekan Clear Data. Terakhir, tinggal lakukan uninstall.

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi, Bersihkan Sisa Aplikasi dengan Bantuan Aplikasi

Selain dilakukan manual, cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Software yang sering dipakai yaitu SD Maid – Apl Pembersih Sistem. Dan ini dipercaya mampu menghapus semua file yang tidak diperlukan di dalam perangkat. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Download Aplikasi SD Maid

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi

Sebelum melakukan semua langkahnya, tentu harus mendapatkan aplikasinya terlebih dahulu dengan mengunduhnya di Google Play Store. Ketikkan kata kuncinya dan tunggu hingga proses instalasi selesai. SD Maid ini sudah digunakan lebih dari 10 juta pengguna dan memiliki rating 4,3. Software ini juga dianggap bisa mempercepat kerja sistem di android.

Banyak keuntungan yang diperoleh dengan mengunduh SD Maid. Yang mana itu tidak didapatkan dari aplikasi pembersih lainnya. Berikut ini manfaatnya:

  • Menjaga sistem agar tetap rapi dan bersih.
  • Menjadi manajemen dari aplikasi dan berkas yang mana bertugas untuk membersihkan catatan, file, dan data yang terus dibuat.
  • Menghapus berkas dan direktori yang tidak dikenal.
  • Mendeteksi file dari sisa aplikasi yang sudah dihapus untuk dibersihkan.
  • Memberikan penjelasan secara rinci mengenai ruang penyimpanan.
  • Melakukan pembersihan secara aktual.

2. Cara Membersihkan Sisa Aplikasi, Hapus Aplikasi dan Bersihkan Berkas yang Tersisa

Langkah selanjutnya yaitu pengguna bisa meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Setelah itu, bukalah SD Maid untuk mulai melakukan pembersihan. Carilah menu bernama CorpseFinder. Nantinya akan ditampilkan file yang masih tersisa melalui panah berbentuk melingkar. Lalu, pilihlah berkas sampah dan lakukan penghapusan secara manual.

Demikian penjelasan mengenai cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di android dengan dua metode, yaitu manual dan menggunakan bantuan SD Maid. Segera lakukan cara yang paling mudah agar ruang penyimpanan kembali banyak dan dapat dipakai untuk menyimpan file lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Pengunci Aplikasi Terbaik.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten − 1 =