Sound of Text

Sound of Text

Sound of Text Di era modern seperti saat ini, ada berbagai jenis teknologi yang diciptakan dengan berbagai tujuan. Beberapa teknologi juga diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas masyarakat. Salah satu teknologi yang dibuat untuk mempermudah aktivitas dan kebutuhan masyarakat adalah teknologi dalam bentuk software yaitu sound of text.

Bagi beberapa kalangan, software ini memang masih cukup asing di telinga. Namun sebenarnya saat ini banyak kalangan yang telah menggunakan software ini. Beberapa kalangan biasanya menggunakan software ini untuk beberapa kebutuhan seperti penyusunan konten berupa mp3 atau video.

Mengenal Sound of Text

Sound of Text

Anda pasti pernah mendengar suara dari sebuah konten yang seakan-akan sedang membacakan sebuah tulisan secara kaku. Beberapa contoh suara tersebut biasanya digunakan untuk melengkapi sebuah konten berupa video dengan menambahkan suara yang sedang membacakan narasi dari video tersebut.

Untuk mengisi suara yang membacakan narasi dalam sebuah konten, saat ini Anda tidak perlu lagi mencari pengisi suara profesional karena Anda bisa menggunakan layanan sound of text. Layanan ini merupakan program yang dirancang untuk dapat mengubah sebuah teks menjadi sebuah suara.

Secara singkat teks yang dimasukkan dalam software ini akan dibacakan oleh software dan suara pembaca tersebut akan direkam sehingga nantinya bisa diunduh atau disimpan dalam bentuk mp3. Teknologi ini telah banyak digunakan pada beberapa software dan aplikasi seperti google, whatsApp, dan lain sebagainya.

Pada awal peluncurannya, layanan sound of text sendiri pertama kali dibuat oleh sang developer dengan tujuan pribadi untuk mempermudah proyek pembuatan flashcard yang sedang dikerjakannya. Karena kualitas layanan yang baik dan dinilai bermanfaat, layanan ini akhirnya banyak digunakan oleh masyarakat luas untuk berbagai kebutuhan.

Pemanfaatan Layanan Pengubah Teks ke Suara

Sound of Text

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa layanan yang dapat mengubah teks menjadi suara ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan. Pada dasarnya manfaat dari layanan ini hanya satu yaitu mengubah tampilan teks atau tulisan ke dalam bentuk suara.

Namun ternyata banyak masyarakat yang melebarkan manfaat utama ini hingga akhirnya layanan ini banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan. Berikut ini beberapa pemanfaatan layanan sound of text yang perlu untuk Anda ketahui.

Media Latihan Pengucapan

Salah satu pemanfaatan layanan pengubah teks ke suara yang cukup banyak dilakukan oleh berbagai kalangan adalan sebagai media latihan pengucapan. Manfaat ini juga sering dirasakan oleh para pengguna layanan google translate.

Layanan google transalate juga memanfaatkan fitur text to speech yang sama dengan layanan ini sehingga dapat menghasilkan suara dari teks yang diketik dalam kolom google translate. Beberapa kalangan yang dituntut untuk dapat melafalkan bahasa asing dengan fasih seringkali memanfaatkan layanan sound of text untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan mengetik teks berupa kalimat asing yang harus dilafalkan ke dalam website dari layanan ini, Anda bisa mendapatkan mp3 berisikan suara pelafalan yang tepat dari tulisan tersebut. Dengan mengunduh mp3 tersebut, Anda bisa berlatih melafalkan seluruh teks berbahasa asing tersebut dengan lebih mudah.

Sound of Text Dapat Membuat Nada Dering Unik

Selain digunakan sebagai media untuk membantu latihan pelafalan, layanan pengubah teks ke suara ini juga ternyata sering digunakan untuk menghasilkan karya yang cukup unik yaitu membuat nada dering. Jika Anda pernah mendengar nada dering smartphone seseorang terdengar seperti seseorang yang sedang berbicara, maka mungkin nada dering tersebut dihasilkan dari layanan ini.

Saat ini cukup banyak kalangan yang menggunakan layanan ini untuk membuat mp3 khusus yang nantinya digunakan sebagai nada dering baik nada dering pesan, telepon, maupun aplikasi whatsApp. Cara membuat mp3 untuk nada dering ini juga sama seperti cara membuat mp3 untuk melatih pelafalan sehingga cukup mudah untuk dibuat.

Anda hanya perlu memikirkan kalimat yang ingin diubah menjadi suara lalu menulis teks tersebut dalam website sound of text untuk kemudian diunduh menjadi mp3 dan diatur sebagai nada dering yang Anda inginkan.

Sebagai Pembaca Narasi Konten

Pemanfaatan layanan pengubah teks ke suara yang satu ini sebenarnya sudah cukup sering dibahas sebelumnya. Layanan ini seringkali digunakan oleh para content creator untuk membacakan narasi dari konten yang sedang dibuat.

Anda pasti sering mendengar beberapa konten video yang menggunakan suara seperti suara khas dari google translate. Suara ini tidak sebenarnya merupakan suara yang diunduh melalui layanan pengubah teks ke suara yang satu ini melalui website resminya.

Layanan google translate memang bisa digunakan untuk mendengarkan pelafalan dari teks yang ditulis dalam kolom, namun suara pelafalan tersebut belum dapat diunduh menjadi format mp3. Hal inilah yang membuat banyak content creator lebih memilih menggunakan layanan sound of text untuk mengunduh suara dalam bentuk mp3 tersebut.

Itulah beberapa pemanfaatan layanan pengubah teks ke suara yang sering digunakan oleh berbagai kalangan. Manfaat dari layanan ini pada dasarnya tetap satu yaitu mengubah tulisan atau teks ke dalam bentuk suara, namun pengaplikasian atau penggunaan mp3 suara tersebut yang cukup beragam dan sering digunakan sebagai media untuk mendukung kreativitas sebagian kalangan.

Cara Menggunakan Layanan Pengubah Teks Ke Suara

Setelah mengetahui manfaat dan pengaplikasiannya, tentu Anda juga ingin mengetahui cara untuk menggunakan layanan ini. Jika Anda memiliki kreativitas yang tinggi, layanan ini pada dasarnya bisa membantu Anda untuk menghasilkan berbagai karya digital atau konten yang unik.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda juga tidak perlu kesulitan dengan mengunduh beberapa aplikasi tertentu. Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut untuk mendapatkan mp3 yang Anda inginkan.

  • Akses website resmi soundoftext.com melalui browser smartphone atau komputer Anda
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan kolom kosong dengan tulisan text
  • Ketikkan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara di dalam kolom tersebut
  • Pilih jenis bahasa pelafalan yang Anda inginkan melalui kolom bertuliskan voice di bawah kolom text
  • Klik option submit setelah Anda yakin dengan teks dan pilihan suara yang dipilih
  • Tunggu hingga website mengubah teks tersebut menjadi mp3
  • Scroll ke bagian kolom bertuliskan sounds
  • Pilih option play untuk mendengarkan mp3 hasil pengubahan teks yang Anda lakukan
  • Pilih option download untuk mengunduh mp3 hasil pengubahan teks yang Anda lakukan
  • Setelah memilih option download, mp3 tersebut akan langsung tersimpan dalam lokasi penyimpanan yang telah diatur dalam browser

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Anda sudah bisa menggunakan mp3 tersebut untuk berbagai kebutuhan Anda. Kualitas mp3 yang dihasilkan dari layanan ini juga sangat baik sehingga Anda akan merasa puas.

Proses pengubahan teks menjadi suara yang dilakukan oleh website sound of text ini juga tidak akan berlangsung lama sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan kuota internet yang banyak ataupun menunggu hasil mp3 dalam waktu yang lama. Dengan keunggulan ini tentu Anda bisa bebas menggunakan layanan ini tanpa perlu khawatir dengan durasi tunggu layanan tersebut.

Selain keunggulan tersebut, layanan pengubah teks ini juga memiliki berbagai keunggulan lainnya salah satunya adalah layanan yang bisa diakses dengan gratis. Teknologi pengubah teks ini termasuk salah satu teknologi canggih yang tentunya banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhannya.

Meski memiliki jumlah pengguna yang tinggi, namun teknologi ini sampai saat ini masih bisa diakses dengan gratis melalui website resminya. Tentu keunggulan ini sangat menguntungkan para penggunanya karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Namun tentu setiap layanan gratis memiliki kekurangan atau keterbatasannya masing-masing. Keterbatasan layanan ini terletak pada batas karakter teks yang bisa diubah menjadi suara. Untuk satu kali proses pengubahan teks menjadi suara, layanan ini hanya bisa mengubah maksimal 200 karakter teks saja.

Hal ini tentu berdampak pada sulitnya penggunaan untuk teks yang cukup panjang. Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan ini untuk teks yang cukup panjang seperti narasi konten maupun latihan pelafalan, Anda harus melakukan pengubahan teks ke suara beberapa kali menyesuaikan dengan jumlah maksimal karakter pada layanan ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena pihak developer layanan sound of text telah memiliki solusi untuk masalah ini. Dalam website resminya, pihak developer mengumumkan bahwa Anda dapat mendapatkan layanan pengubahan teks menjadi suara di atas 200 karakter dengan menggunakan layanan hearling.

Layanan hearling sendiri tersedia dalam website terpisah yaitu hearling.com dengan berbagai fitur yang telah di upgrade dari layanan sound of text. Meski berada pada website terpisah, namun hearling sendiri merupakan layanan yang dibuat oleh developer yang sama dengan layanan pengubah teks ke suara tersebut.

Layanan hearling tersedia dalam mode gratis dan mode berbayar (hearling pro) dengan beberapa fitur yang cukup berbeda. Jika Anda ingin mengubah teks menjadi suara dalam jumlah karakter di atas 200 karakter sekaligus, Anda bisa menggunakan layanan hearling ini.

Namun sebenarnya Anda juga tetap bisa menggunakan layanan pengubah teks ke suara biasa untuk teks dengan jumlah karakter diatas 200 dengan mengubah teks tersebut secara bertahap. Anda bisa mendapatkan beberapa mp3 untuk konten atau teks yang berjumlah di atas 200 karakter.

Jika Anda menggunakan layanan ini untuk melatih pelafalan bahasa asing Anda, maka akan lebih direkomendasikan untuk menggunakan layanan sound of text. Dengan memilih layanan ini, Anda bisa memiliki mp3 dengan durasi yang cukup pendek sehingga proses latihan pelafalan bisa berjalan lebih efektif.

Saat mengubah teks menjadi suara untuk kebutuhan latihan pelafalan, sangat disarankan untuk memperhatikan pilihan bahasa dalam kolom voice. Pastikan Anda memilih bahasa sesuai bahasa asli dari teks yang Anda ketik dalam kolom text.

Jika Anda mencantumkan teks dalam bahasa Arab, maka sebaiknya Anda memilih pilihan voice Arabic agar pelafalan teks lebih mendekati angka sempurna. Begitupun dengan teks bahasa Inggris, pilihlah pilihan voice English agar pelafalan teks yang dihasilkan dalam bentuk mp3 mendekati suara pelafalan yang seharusnya.

Memperhatikan berbagai hal detail dalam penggunaan layanan sound of text memang perlu diprioritaskan agar kualitas mp3 yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin detail Anda menggunakan layanan ini, maka semakin baik hasil mp3 yang Anda peroleh. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal baik dari segi pembelajaran bahasa maupun penyusunan karya digital.

Baca Juga : Worms Zone Mod Apk

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four + nineteen =