Ternyata Inilah Manfaat Main Mobile Legends

Ternyata Inilah Manfaat Main Mobile Legends Loh

Mobile Legends menjadi game yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Saking maraknya game online saat ini, pemerintah pun memberi apresiasi dengan mengadakan ajang perlombaan olahraga esport (mobile legends) dalam SEA GAMES. Banyak yang beranggapan bahwa bermain games banyak negatifnya. Memang benar, para gamers banyak yang menjadi kecanduan, merusak kinerja otak, bahkan menjadi anti sosial. Di lain sisi, ternyata game ini memiliki beberapa manfaat yang mungkin kurang disadari oleh banyak kalangan, manfaat ini dapat menunjang soft skill yang dimiliki pemain. Inilah manfaat main mobile legends.

Ternyata Inilah Manfaat Main Mobile Legends Loh

Manfaat Main Mobile Legends

1. Pantang Menyerah

Dalam pertandingan pasti ada status menang dan kalah. Seseorang yang berkecimpung dalam permainan online pastilah benar-benar siap untuk bertarung. Petarung sejati tidak akan menyerah di awal meskipun kondisi lawan berat dan sangat dominan. Pastinya akan terus berusaha agar timnya dapat memenangkan misi tersebut. Dalam permainan ini, kondisi dapat berubah berbalik apabila kesalahan dilakukan oleh lawan sehingga timnya menjadi mati semua. Maka dari itu, pemain mobile legends wajib memiliki sifat pantang menyerah. Sifat ini biasanya akan terbawa dalam kesehariannya dan diterapkan dalam kehidupan.

2. Bertanggung Jawab

Salah satu karakter positif yang ditumbuhkan dari bermain mobile legends ialah bertanggung jawab. Karakter ini ditunjukkan dari adanya peraturan yang dibuat oleh corporate untuk dapat menyelesaikan permainan yang telah dijalankan. Jika pemain tiba tiba keluar mengakhiri permainan, maka akan mendapatkan konsekuensi atau hukuman karena akan merusak jalannya permainan. Dari sinilah para pemain dilihat sejauh mana tanggung jawabnya. Jika mampu menyelesaikan sampai akhir, maka dapat dinilai bertanggung jawab. Jika melanggar, maka tanggung jawabnya dinilai hilang.

3. Rasa Kekompakan

Untuk mencapai sebuah misi tentunya tidak bisa bermain sendiri, namun harus bersama beberapa orang lainnya atau disebut tim. Pastinya membutuhkan kekompakan melalui strategi yang diciptakan agar bisa menang dan mengalahkan lawan. Dalam hal ini tentunya sangat penting untuk memahami peran masing masing dalam sebuah tim agar semua strategi dapat diatur dan dijalankan dengan baik. Sisi positifnya ialah pemain dapat menerapkan kekompakan dalam kehidupan nyata ketika bekerja dalam sebuah tim untuk menyelesaikan tujuan bersama dengan baik.

4. Menambah Kosa Kata Bahasa Inggris

Setiap permainan memiliki riwayat yang berbeda, biasanya jika dalam permainan online pasti akan bertemu dengan pemain dari berbagai dunia. Hal ini membuat pemain berupaya untuk menjalin komunikasi seperti berdialog dengan sesamanya untuk berkomunikasi menyelesaikan misi dan bekerja sama melalui bahasa yang umum digunakan yaitu bahasa inggris. Dalam petunjuk yang diberikan biasanya juga berbahasa inggris, sehingga mau tidak mau pemain harus mencari tahu apa maksud dari yang diperintahkan. Pemain yang tidak mau mengetahui artinya akan menyusahkan dirinya sendiri. Perlahan-lahan pengetahuan dari perbendaharaan kosa kata pun ikut bertambah.

5. Mengembangkan Otak Kanan

Otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Otak kanan bekerja pada kreativitas, inovasi, serta hal lainnya yang bersifat pengembangan. Manfaat main mobile legends salah satunya dapat meningkatkan kinerja otak kanan, sebab selama permainan pasti harus benar-benar memilih taktik yang tepat. Imajinasi juga akan muncul dari game tersebut karena setiap permainannya akan merekam gambaran dari permainan. Hal ini sering membuat para pemainnya dapat berpikir out of the box dalam kehidupan aslinya.

Demikianlah beberapa manfaat main mobile legends. Meskipun tidak sepenuhnya negatif, namun manfaat ini tidak boleh dijadikan dasar pembenaran terlebih saat kecanduan games. Bijaklah dalam bermain sehingga tidak ada yang dirugikan baik diri sendiri maupun orang lain.

 

 

5/5 - (56 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × four =