Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet

Tips membuat baterai OPPO Reno 6 tetap awet tentu saja harus kamu ketahui agar performanya bisa maksimal. Selain itu, dengan penggunaan yang lebih lama, kamu bisa melakukan banyak hal menggunakan smartphone tersebut. Sederhananya, kamu bisa membuat penggunaannya menjadi lebih produktif.

Baterai yang awet, tentu saja akan memberikan kamu banyak keuntungan. Misalnya saja, isi tas kamu tidak perlu diribetkan dengan beberapa hal seperti charger, power bank, atau hal lain agar tidak kehabisan baterai di saat-saat genting.

Sudah diketahui bersama, saat ini sudah banyak segi kehidupan yang membutuhkan smartphone. Misalnya saja, untuk pekerjaan. Jika dalam waktu kamu bekerja, tentu saja performa dari smartphone yang kamu miliki harus optimal dengan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Tanpa daya tahan baterai yang cukup lama, tentu saja hal tersebut akan mengganggu kegiatan atau pekerjaanmu. Bukannya fokus pada pekerjaan, kamu malah harus mengurusi hal-hal seperti mencari power bank ataupun stop kontak untuk melakukan charge terhadap smartphone OPPO yang kamu miliki.

Jika tidak ingin hal itu terjadi, ada baiknya jika kamu memahami bagaimana tips membuat baterai OPPO Reno 6 tetap awet dan bisa digunakan lebih lama lagi. Penasaran bagaimana tipsnya? Silakan simak uraian lengkapnya berikut ini.

Sekilas tentang OPPO Reno 6

Sebelum kamu mengetahui caranya, ada baiknya jika kamu mengetahui sedikit tentang gawai yang dimiliki, yakni Oppo Reno 6. Misalnya saja dari spesifikasinya. Berikut ini spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh Oppo Reno 6.

  1. Fitur Unggulan

Fitur unggulan yang dimiliki oleh Oppo Reno 6 yakni sebagai berikut:

  • Bokeh Flare Potrait
  • Al Highlight Video
  • 50W Flash Charge
  • Oppo Reno Glow + Ultra-slim Body
  1. Ukuran & Berat

Secara lengkap, ukuran dan berat Oppo Reno 6 yakni sebagai berikut:

  • Tinggi: 159,1mm
  • Lebar: 73.3mm
  • Ketebalan: 7.8mm
  • Berat: 173g
  1. Penyimpanan

Dari segi penyimpanan, berikut ini informasi lengkapnya:

  • RAM 8GB + ROM 128GB
  • Tipe RAM: LPDDR4x @ 1866MHz, 2×16 bit
  • Penyimpanan Eksternal
  1. Layar

Dari segi layar, berikut ini yang dibawa oleh Oppo Reno 6:

  • Ukuran Layar 6.4”
  • Rasio Layar: 91.7%
  • Resolusi: 2400×1080 (FHD+)
  • Kecepatan Refresh: Maksimum 90Hz
  1. Chipset

‘Jeroan’ dari Oppo Reno 6 yakni sebagai berikut:

  • CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 720G
  • Kecepatan CPU: 8 inti dengan frekuensi maksimum 2,3 GHz (2 inti besar + 6 inti kecil)
  • Inti CPU: Delapan inti
  • Model GPU: Adreno™ 618 @750 MHz
  1. Baterai

Sedangkan untuk baterainya, yakni sebagai berikut:

  • 4220 mAh/16,33 Wh (Min)
  • 4310 mAh/16,67 Wh (Tipikal)
  • Baterai polimer Lithium-Ion
  • Fast Charging
  • Mendukung 50W Flash Charge, VOOC 4.0, PD 2.0, QC 2.0

Itulah sedikit informasi mengenai spesifikasi dari Oppo Reno 6. Selanjutnya, baru kamu bisa memahami bagaimana untuk membuat baterai Oppo Reno 6 kamu bisa tetap awet dan tahan lama.

Tips Membuat Baterai Oppo Reno 6 Tetap Awet

Nah, setelah kamu mengetahui secara sekilas, sekarang waktunya kamu mengerti bagaimana tips membuat baterai Oppo Reno 6 tetap awet. Silakan lakukan beberapa hal berikut untuk merawatnya.

  1. Menggunakan Charger dan Kabel Data Bawaan

Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan tetap menggunakan charger serta kabel data bawaan Oppo Reno 6. Seperti yang telah diketahui, Oppo Reno 6 menggunakan teknologi baterai dua sel yang saling terhubung. Hal ini membuat kapasitas baterai yang dimilikinya hingga 4.310mAh.

Dengan teknologi ini, juga hadir 50W flash charge yang memungkinkan kamu melakukan pengecasan dari 0% hingga 100% yang hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Nah, agar fitur flash charging ini aktif, kamu harus menggunakan adaptor charger serta kabel data bawaan yang sudah disediakan dalam box penjualan.

Fitur ini tidak akan aktif jika kamu menggunakan adaptor charger dan juga kabel data dari merek lain. Dan sangat tidak disarankan untuk menggunakan charger serta kabel data yang palsu. Hal ini yang seringkali membuat pengisian jadi lambat serta menyebabkan pengurangan usia atau bahkan kerusakan pada baterai.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran tidak stabilnya arus listrik ketika melakukan pengisian. Jadi, gunakan yang asli dari Oppo saja, ya.

  1. Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet, Jangan Menunggu 0%

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menunggu hingga baterai habis sepenuhnya atau 0%. Pada smartphone yang menggunakan teknologi Polimer Lithium-Ion pada baterainya, sangat tidak baik jika baru melakukan pengecasan ketika daya baterai 0%.

Jika smartphone dibiarkan dalam kondisi tersebut, maka akan dibutuhkan waktu yang lama serta membutuhkan energi yang ekstra untuk melakukan recharge baterai. Hal ini akan membuat komponen yang ada di dalam smartphone tersebut menjadi panas.

Seperti yang telah diketahui, panas merupakan musuh utama dari teknologi baterai Polimer Lithium-Ion. Biasanya, jika kamu sering melakukan charge ketika daya baterai dalam kondisi kosong, maka hal tersebut memicu reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih.

Nantinya, baterai yang ada dalam Reno 6 menjadi kembung dan tentu saja performanya juga ikut menurun. Untuk menghindarinya, silakan mengisi daya maksimal ketika baterai sudah tersisa 15% atau 10%. Lebih baik lagi, jika kamu mengisi daya di atas prosentase tersebut.

  1. Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet, Jangan Charge Terlalu Lama

Tips selanjutnya adalah dengan tidak mengisi daya terlalu lama. Ada banyak kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan, salah satunya adalah mengisi daya Oppo Reno 6 malam hari. Memang, di pagi hari kamu akan mendapatkan kesenangan lantaran baterai sudah terisi penuh.

Namun, kebiasaan ini kontra-produktif dengan daya tahan dan performa baterai. Jika terlalu sering, performa dari baterai akan menurun dan bisa lebih cepat mengalami kerusakan.

Ada baiknya, silakan melakukan pengisian daya sebelum tidur. Di Oppo Reno 6 sudah memiliki fitur fast charging yang hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja untuk mencapai kapasitas baterai 100%. Jadi, kamu tidak perlu menunggu waktu lama dan butuh sedikit kesabaran untuk merawat baterai dalam smartphone tersebut.

Jika memang tidak ada pilihan lain, silakan gunakan fitur Optimized Night Charging yang ada pada menu Settings dan pada opsi Battery.

  1. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Tips lainnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan. Ada beberapa fitur yang seringkali lupa untuk dinonaktifkan seperti Bluetooth, GPS, NFC, ataupun auto brightness.

Jika kamu lupa mematikannya, biasanya fitur tersebut akan membuat daya baterai smartphone kamu lebih cepat terkuras. Selain itu, lebih baik kamu menggunakan penyesuaian kecerahan manual saja agar baterai bisa lebih awet dan tahan lama.

  1. Tips Membuat Baterai OPPO Reno 6 Tetap Awet, Menggunakan Jaringan Internet yang Stabil

Silakan untuk menggunakan jaringan internet yang stabil. Hal ini menjadi salah satu metode agar baterai lebih awet dan juga lebih tahan lama. Biasanya, jaringan yang tidak stabil membutuhkan konsumsi baterai lebih dan membuat energi dari baterai cepat terkuras.

Apalagi jika kamu berpindah-pindah dari 4G, 3G, 2G, dan lain sebagainya, biasanya konsumsi baterai akan lebih besar. Silakan gunakan jaringan yang stabil atau menggunakan airplane mode hingga kamu mendapatkan jaringan yang stabil. Ini akan merawat performa dari baterai.

Itulah beberapa tips membuat baterai Oppo Reno 6 tetap awet dan juga tahan lama. Semoga membantu.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Kids Space di OPPO Reno 6 untuk Mengkontrol Tontonan Anak

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 18 =