Cara Mengatasi Laptop Kena Virus Mudah

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus merupakan masalah semua orang. Sepertinya tidak ada gawai maupun komputer dan laptop yang tidak akan pernah selalau kebal dari virus. Ini karena perlu kita pahami bahwa virus sama hal-nya dengan di dunia biologi terus dikembangkan.

Tidak semua permasalah di dalam komputer berarti salah virus. Kita harus belajar mendiagnosa, memeriksa dan juga mengetahui sumber-sumber permasalahan maupun solusi dari virus yang kita alami di laptop maupun komputer kita.

Di sini, kita akan belajar dasar-dasar mengenai virus. Apa itu mereka? Apa Cara Memperbaiki Laptop Kena Virus? Dan apa juga solusi untuk tiap-tiap virus yang berbeda? Kami akan bahas secara sistematis di setiap hal agar anda memahami juga dan siap membersihkan laptop anda.

Mengenal Virus Komputer

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus

Virus di komputer bukan selalu jadi sumber permasalahan bagi laptop dan komputer anda. Jadi ketika anda memiliki masalah dengan komputer, jangan langsung menilai bahwa ini adalah pekerjaan dari virus dan butuh pembersih atau instalasi program baru.

Sebaliknya, Cara Memperbaiki Laptop Kena Virus ketika virus sudah menyebar di laptop anda sebenarnya bisa dilihat dan di-diagnosa dari bagaimana komputer anda tidak bisa atau mengalami kesalahan dan kesulitan pada saat bekerja.

Anda dapat menjaga kebersihan dahulu – biasanya ini justru merupakan salah satu masalah yang menyebabkan perangkat keras tak berfungsi. Ini alasan kenapa orang sudah install anti-virus namun masih saja komputernya bermasalah.

Karena itu, Cara Memperbaiki Laptop Kena Virus harus mulai dari diagnosa. Apa saja tanda-tanda bahwa komputer anda mengalami serangan dari virus? Biasanya dari data yang kami kumpulkan dan pengalaman tersendiri, berikut gejalanya:

Sistem Komputer Berjalan Tak Seperti Konfigurasi

Maksudnya adalah, sistem yang ada di komputer anda berjalan berbeda dari perintah anda. Misalnya yang paling mudah dilihat adalah di mesin pencari alias browser. Mungkin anda sedang menggunakan FireFox dan biasanya menampilkan Google – tapi kini yang tampil justru Yahoo.

Diagnosa Cara Mengatasi Laptop Kena Virus dimulai dari sini. Bila laman utama berubah atau beroperasi tak sesuai perintah dan setting yang anda berikan maka ada indikasi mereka diubah oleh virus. Ini karena virus berupaya untuk mengontrol komputer anda.

Memori Komputer Selalu Penuh/Program Mengalami Crash

Anda tentu pernah mendengar “Program nge-crash” baik dari profesional maupun dari bocah cilik. Sejatinya, sebuah komputer membutuhkan memori bukan hanya untuk menyimpan tapi juga menjalankan sebuah program secara optimal.

Jadi bila program di komputer anda mudah untuk mengalami “crash” dan menutup sendiri maka bisa jadi ini diakibatkan oleh virus. Cara Memperbaiki Laptop Kena Virus ini memang sulit karena bisa jadi ia juga menyerang data-data milik anda.

File di Komputer Tergandakan Tanpa Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus

Ini salah satu diagnosis yang paling mudah untuk dilihat. Bila anda memiliki beberapa file apapun yang tiba-tiba tergandakan tapi tidak bisa dibuka maka ini adalah tanda anda sudah terkena virus komputer. Virus memang bisa menggandakan diri utamanya mencaplok file tertentu sebagai sumber kloning.

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus ini bukan dengan mudah di hapus saja karena mereka akan tetap menggandakan diri meskipun sudah dihilangkan dari Recycle Bin. Jadi bila anda berpikir bahwa anda bisa langsung menghapus mereka, ketahuilah bahwa mereka tidak hilang.

Jenis Virus dan Cara Mengatasi Laptop Kena Virus

Di atas sudah dijelaskan mengenai bagaimana cara mendiagnosis apakah benar anda memiliki virus atau tidak. Kini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengobati komputer dan laptop anda bila sudah terlanjur terkena virus. Kami mencoba ini baik di MacBook maupun di Windows.

Cara mengatasi laptop kena virus Instalasi Anti-Virus

Anti-virus merupakan suatu program yang cukup handal dalam mengembalikan kestabilan komputer. Ini karena mereka bisa mendiagnosis dan juga membersihkan komputer dengan baik dan benar tanpa harus kita lakukan dengan manual. Cara Mengatasi Laptop Kena Virus yang otomatis dan tepat.

Untuk itu anda bisa beli. Memang beberapa cukup mahal hingga jutaan seperti Kaspersky dan McAfee. Selain mereka ada juga beberapa perlindungan yang mungkin lebih lemah namun bisa didapatkan secara gratis. Contoh dari yang gratis adalah SMADAV.

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus ini tentu memiliki kualitas yang berbeda. SMADAV memang bisa men-scan dan memilah berbagai hal dan dokumen, namun versi gratisnya hanya bisa mengkarantina-tidak membasmi virus. Kaspersky merupakan salah satu antivirus terbaik yang bisa membasmi virus.

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus, WORM/ MGR/ WIN32 – Komando CMD

Virus versi WORM adalah virus yang paling menyebalkan sekaligus umum. Ini adalah virus yang berusaha menggandakan diri dengan menyamar menjadi file asli. Kenyataannya file ini membuat program tak bisa menyala dan mudah dirusak.

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus WORM adalah dengan memakai CMD. Ini adalah program yang tersedia di “start”. Cukup cari direktori , lalu masukkan “Attrib -s -h – r /s /d *.*”. Ini akan membedakan file WORM dan file asli. Kini anda dapat menghapus file dasar WORM agar tak menggandakan diri lagi.

Perlu anda ketahui bahwa WORM kadang menginfeksi file asli yang ia gunakan untuk mengkloning diri. Sehingga bisa jadi anda kehilangan beberapa file. Hal ini tentu tak bisa diselamatkan. Namun ada cara lain untuk mengatasi hal itu.

Setelah memakai Cara Mengatasi Laptop Kena Virus, anda bisa memasang Recovery program untuk membentuk kembali data. Bayangkan data yang hancur itu seperti ekrtas yang dipotong-potong, program ini akan berusaha menempel-nempel kembali kertas tersebut seperti semula.

Trojan / Rootkit / Malware – Booting & Anti-Malware Program

Tiga virus yang kami sebutkan ini merupakan virus-virus yang cukup berbahaya. Alasannya adalah bila yang lain hanya merusak komputer anda, beberapa virus ini berupaya untuk menjebol masuk dan mengontrol komputer atau mencari informasi seperti nomor Bank, alamat dan lain-lain.

Cara Mengatasi Laptop Kena Virus ini adalah mencari apakah kita mengalami kebocoran data. Anda biasanya bisa melihat ini di F-Secure.com atau Threatstatus.com. Mereka akan memberikan info mengenai apakah data anda diambil, diakses atau dilihat tanpa konfirmasi langsung dari anda.

Untuk mengatasiya, pertama gunakan VPN dan browser atau mesin pencari yang mampu mendeteksi program tak diinginkan. Chrome dan FireFox memilikinya namun minimal. Anda bisa gunakan DuckDuckGO (DDG) atau BRAVE. Hindari Altavista dan semacamnya.

Lalu alternatif Cara Mengatasi Laptop Kena Virus ini bisa lewat Booting. Ini berarti meng-install ulang komputer anda sehingga data yang ada di sana hancur bersamaan dengan Malware. Meski riskan, namun hal ini sebenarnya cukup wajar dilakukan karena Malware sulit untuk diatasi.

Kenapa install ulang jadi pilihan? Karena peretas yang menempatkan Malware disana tak bisa masuk dalam waktu tertentu. Jadi anda bisa dibilang aman untuk memasang kembali pertahanan yang lebih kuat sebelum para peretas menyerang kembali.

Begitulah beberapa alternatif dan opsi Cara Mengatasi Laptop Kena Virus. Perlu anda perhatikan pertama, apakah anda benar kena virus, lalu diagnosis virus apa yang menyerang anda. Bila sudah maka anda tinggal ikuti solusi apa yang bisa anda gunakan untuk membersihkan laptop anda kembali lagi.

Baca Juga : Kenali Dan Lakukan Beberapa Cara Mengatasi Laptop Automatic Repair Ini!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen − 19 =