Tips Memilih WiFi untuk Rumah

Tips Memilih WiFi

Tips Memilih WiFi untuk Rumah – Saat ini terdapat berbagai macam provider WiFi untuk rumah yang tersebar di seluruh Indonesia. Sangat sulit menentukan pilihan terbaik karena jumlahnya sangat banyak. Untungnya, beberapa tahun terakhir, membandingkan berbagai provider tidak sulit karena semua informasi itu terangkum di dalam satu situs, salah satunya adalah Choosers Club yang telah berpengalaman lebih dari 13 tahun di bidangnya. Melalui situs ini, Anda bisa membandingkan tarif-tarif dari ISP di kota Anda hanya melalui beberapa klik. Berikut adalah contoh daftar paket internet di Jakarta.

Tak hanya informasi mengenai tarif, Choosers Club juga menyediakan kumpulan review maupun informasi mengenai ISP. Selain itu, tersedia filter yang dapat digunakan untuk memilih tarif sesuai kebutuhan, yakni filter berdasarkan harga, jumlah perangkat yang akan terkoneksi, hingga kecepatan.

Tips Memilih WiFi untuk Rumah

Lalu, bagaimana cara memilih WiFi yang bagus untuk di rumah? Faktor apa saja yang harus diperhatikan?

1. Cek Ketersedian Jaringan

Tips Memilih WiFi

Tidak semua ISP jaringannya mencakup seluruh wilayah Nusantara. Sebagian besar memiliki cakupan jaringan hanya meliputi Pulau Jawa dan beberapa kota besar di Indonesia. Namun, ada yang coverage-nya mencapai seluruh Indonesia seperti IndiHome. Sebelum menentukan provider WiFi terbaik, cek terlebih dahulu apakah jaringannya mencakup wilayah Anda.

2. Pastikan Jumlah Perangkat yang Akan Terkoneksi

Cara memilih WiFi untuk rumah selanjutnya adalah mengetahui berapa jumlah perangkat yang akan terkoneksi pada waktu bersamaan. Hal ini penting agar untuk mendapatkan besaran frekuensi bandwidth yang sesuai. Besarannya dibagi rata dengan jumlah perangkat yang terkoneksi pada waktu yang sama. Contohnya, saat tarif 30 Mbps digunakan oleh 6 perangkat secara bersamaan, maka masing-masing mendapatkan kuota bandwidth sebesar 5 Mbps.

3. Pilih Tarif yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Biasanya diberikan beberapa pilihan paket, yakni internet saja, atau beserta tambahan TV, telepon rumah, maupun keduanya. Jika suka menonton televisi, mengaktifkan internet sekaligus televisi menjadi pilihan terbaik karena akan menghemat pengeluaran, dibanding jika harus mengaktifkannya secara terpisah. Telepon rumah sudah jarang digunakan, tapi beberapa provider tetap menyediakan opsi tersebut.

4. Pemilihan Router

Router biasanya disewakan oleh penyedia layanan, namun beberapa membelinya secara terpisah. Perlu diperhatikan bagaimana tipe rumah yang ditempati, satu lantai atau tingkat. Tak jarang ketika router hanya diletakkan di salah satu lantai, sinyal untuk lantai lainnya melemah. Oleh karena itu, pilih router yang bagus atau gunakan WiFi repeater agar area-area dengan sinyal yang lemah menjadi kuat.

5. Melihat Review

Sebelum memilih penyedia layanan tertentu, tak ada salahnya mengecek dahulu review orang-orang, seperti menanyakannya kepada tetangga agar mengetahui bagaimana kinerjanya di lingkungan Anda, atau bisa juga melihat ulasan melalui media sosial maupun situs seperti Choosers Club. Dari ulasan tersebut bisa diketahui beberapa hal seperti: apakah sinyal jelek saat cuaca buruk, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk teknisi datang ke lokasi ketika terjadi masalah, dan lain-lain.

Akhir Kata

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa untuk memilih tarif yang tepat sesuai kebutuhan, banyak faktor yang harus diperhatikan. Situs seperti Choosers Club mampu memberikan kemudahan untuk membandingkan faktor-faktor tersebut. Yuk, berkenalan dengan paket apa saja yang terdapat di kotamu melalui Choosers Club.

5/5 - (459 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + twenty =