Cara Menggunakan Youtube Shorts Agar Optimal

Cara Menggunakan Youtube Shorts

Cara Menggunakan Youtube Shorts Agar Optimal – Mungkin sekarang ini Youtube Shorts sekarang sudah mulai dikenal oleh banyak orang. Youtube Shorts ini adalah pengembangan aplikais youtube berupa pembuatan pendek. Nah, buat yang penasaran, berikut ini akan dibahas Cara Menggunakan Youtube Shorts agar bisa optimal.

Awal Mula Youtube Shorts

Sebelumnya, fitur Shorts pada video youtube yang baru ini sudah dirilis di India dan juga Amerika Serikat sebelum akhirnya dirilis di Indonesia pada Juli 2021 dengan nama Youtube Shorts. Fitur ini bisa mengunggah video pendek dengan durasi 15 hingga 30 detik saja di youtube.

Cara Menggunakan Youtube Shorts Mudah

Cara Menggunakan Youtube Shorts

Nah, Pengguna bisa langsung masuk ke menu shorts yang afa di sisi bawah layar saat membuka aplikasi youtube. Tombolnya juga midah ditemukan karena tepat berada di tengah, antara menu home dan ikon tambah yang biasanya untuk meng-unggah video.

Para pengguna youtube yang lainnga juga bisa memberikan apresiasi berupa tanda suka, tidak suka, berkomentar, ataupun membagikan shorts ke media sosial lain. Pada bagian bawah Shorts, pengguna nantinya akan disajikan tombol subscribe dan musik latar untuk mengetahui trends.

Cara Menggunakan Youtube Shorts di Smartphone

Mungkin beberapa orang belum mengetahui cara membuat Youtube Shorts saat pertama kali membuka aplikasi YouTube. Berikut adalah Cara Menggunakan Youtube Shorts dan bagaimana cara mengunggahnya.

Perlu kamu perhatikan bahwa sebelum kamu mulai mengunggah video shorts, pastikan bahwa video kamu dalam posisi potrait bukan posisi rekam landscape. Kamu juga bisa melihat dan mengatur jenis video rekaman video pada kolom pengaturan.

– Tekan ikon plus “+” pada tengah bawah layar handphone kamu.

– Kemudian klik tanda + untuk bisa mulai

– Selanjutnya pilih creat kemudian lanjut dengan cara memilih durasi waktu yang disesuaikan dan akan kamu gunakan dalam pembuatan video kamu.

– Setelah itu kamu bisa menekan tombol merah yang pada tampilan video youtube kamu jika akan merekam video.

– Jika sudah selesai rekam video, kamu bisa mengatur kecepatan, efek, menambahkan musik latar dan lainnya.

– Selanjutnya, Cara Menggunakan Youtube Shorts adalah dengan membuat judul short yang keren dan menarik. Selain itu kamu juga bisa menentukan jadwal kapan video kamu harus tayang.

– Upload video short kamu dengan cara klik tombol upload di kanan bagian atas layar.

Fitur-Fitur Menarik Untuk Edit Youtube Short

Dalam membuat suatu video yang utuh, pasdinya kita membutuhkan efek yang bagus, durasi yang cocok, warna yang senada, dan lainnya. Berikut ini adalah fitur-fitur edit yang ada pada youtube shorts.

Fitur Undo dan redo

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengedit beruoa undk dan redo ketika saat kanu melakukan pengambilan gambar sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan edit kamu, untuk bisa memaksimalkan hasil video.

Fitur Pengaturan Kecepatan video

Selanjutnya, pengguna juga bisa mengatur kecepatan pada saat kamu melakukan pengambilan video, dan bisa diatur dengan sesuai dengan keinginan kamu bahkan hingga 3 kali lipat atau bisa mengibah ritme menjadi lambat hingga 0,3 kali lipat.

Filter Yang Keren

Selain itu, tidak ketinggalan juga filter yang tersedia sangat bervariasi sehingga kamu bisa bebas berkreasi dengan jenis filter yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan video kamu lebih menarik untuk ditonton.

Fitur Lagu Latar

Kemudian untuk fitur penambahan lagu ini, kamu bisa menyisipkan lagu yang kamu pilih di awal saat kamu masih mulai merekam atau juga bisa di akhir saat pengeditan video. Sehingga bagian audio yang ditambahkan bisa dipilih dan digabungkan sesuai ide kamu.

Fitur Penambahan Teks

Fitur berikutnya adalah fitur yang sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat yaitu penambahan teks yang bisa diatur kapan waktu teks bisa muncul dan keluar sesuai dengan durasi yang diinginkan dan ritme video, selain itu kamu bisa memilih bentuk tulisan sesuai selera kamu.

Cara Menggunakan Youtube Shorts pada penambahan teks juga sudah ada dalam aplikasi YouTube Shorts sehingga para koenten kreator atau pengguna youtube bisa mengatur kapan tulisan tersebut muncul di bagian video yang diinginkan.

Manfaat Kreator Mengunggah Video Ke Youtube Short

Cara Menggunakan Youtube Shorts

Selain fitur baru, Short juga memiliki keunggulan dan manfaat untuk oara kreator digital atau kreator video content. Berikut adalah manfaat menggunakan Shorts.

Bisa Mendapatkan Subscriber Yang Lebih Luas

Manfaat bagi para kreator youtube dalam membuat Youtube Shorts ini adalah untuk mengundang dan memperluas jaringan sehingga para kreator bisa mendapatkan subscriber baru saat konten yang diunggah bisa menarik untuk diikuti oleh pengguna youtube lainnya.

Syarat Kreator Youtube Shorts Imbalan Per Bulan

YouTube pastinya semakin lebih banyak menghasilkan banyak kreator yang keren untuk menggunakan Shorts, karena fitur-fitur yang dimiliki Shorts Youtube ini mirip dengan TikTok dan juga Reels dari Instagram yang juga sangat bermanfaat untuk para kreator youtube.

Kemudian salah satu cara yang dilakukan oleh pihak youtube adalah dengan memberi imbalan atau total komisi hingga 100 juta dollar AS atau setara 1,43 triliun rupiah, melalui program bernama Shorts Fund dan sudah diramaikan para kreator video pendek lainnya.

Imbalan ini ternyata juga dikhususkan untuk para kreator YouTube Shorts yang bisa menghasilkan video paling menarik dan paling banyak dilihat hingga tahun baru mendatang.

Kreator Shorts bisa Imbalan dari YouTube

YouTube sendiri sudah memberi pengumuman bahwa pada Agustus 2121, para kreator Shorts yang berasal dari 10 negara sudah bisa menerima bayaran atau gaji yang berkisar antara 100 hingga 10.000 dollar AS di setiap bulannya, atau setara dengan 143,9 juta rupiah.

Selanjutnya, para kreator Shorts juga bisa mengklaim imbalan itu sebelum waktu yang sudah ditentukan oleh pihak youtube. Kemudian nantinya semua hasilnya akan dihitung dengan dinilai dari jumlah penayangan, dari mana asal audiens mereka, dan faktor lainnya.

Namun pihak YouTube Shorts sampai saat ini belum memberikan detail berapa saja jumlah penayangan Shorts yang harus dicapai para konten kreator, agar bisa mendapatkan bonus uang ini dengan cara yang bebas.

Cara Menggunakan Youtube Shorts, Ketentuan Menjadi Creator Youtube

Berbeda dengan pihak youtube yang sudah memberikan berbagai syarat minimal untuk kreator agar bisa berpeluang bisa menerima imbalan atau bayaran langsung dari pihak perusahaan youtube.

Pertama, para kreator youtube shorts juga harus bisa membuat Shorts yang asli alias bukan konten repost ulang yang sudah diunggah di media sosial lainnya dan memiliki watermark dari pihak lainnya.

Kemudian syarat yang kedua yaitu konten kreator harus 13 tahun ke atas. Kemudian para kreator juga wajib menerima dan memahami ketentuan dari pihak YouTube dan agar para kreator membuat akun AdSense dan menautkan adsense milik mereka sehingga bisa masuk monetisasi agar bisa mendapat bayaran dengan mudah.

Bonus yang didapatkan dari youtube ini nantinya akan dikirimkan bisa melalui akun tersebut secara langsung. Video Shorts Youtube itu pastinya harus sesuai dengan ketentuan komunitas, seperti hak cipta, kebijakan monetisasi yang berlaku dan lainnya.

Nah, itulah cara menggunakan youtube shorts agar lebih maksimal dan kamu pastinya bisa membuat video secara baik dan sesuai pedoman youtube shorts.

Baca Juga : 6 Rahasia Cara Agar Video YouTube Muncul di Beranda Lebih Sering

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven − five =