Ukuran Kertas A5

Ukuran-Kertas-A5

Ukuran kertas A5 dalam CM, MM, Pixel, Inch – Sebagian besar dari anda pastinya sudah pernah melihat brosur, katalog maupun leaflet bukan? Setelah melihat ketiga hal tersebut, apakah terlintas di benak anda ukuran kertas apa yang digunakan? Sebagian pasti ada yang bertanya demikian namun banyak juga yang mengabaikannya. Padahal, mengetahui ukuran kertas yang digunakan dalam brosur ataupun lainnya memang sangatlah penting apalagi jika anda seorang pelajar yang kemungkinan akan diberikan tugas membuat brosur dan sebagainya. 

Ukuran kertas satu ini merupakan setengahnya dari ukuran kertas A4 jadi tidak akan hewan jika banyak sekali beredar di pasaran. Kegunaan dari ukuran kertas satu ini tidak hanya untuk ketiga barang yang disebut pada ulasan diatas saja. Kertas A5 juga seringkali dimanfaatkan industri penerbitan untuk mencetak buku yang diterbitkan, digunakan untuk block note yang sering anda jumpai di toko buku.  

Kertas A5 juga memiliki standarisasi ISO seperti yang lainnya. Simak berikut ini ukuran kertas A5 dalam CM, MM, Pixel, Inch yang sebaiknya diketahui! 

Berikut Ukuran Kertas A5 Dalam (CM, MM, Pixel, Inch) Yang Sebaiknya Diketahui!  

Sebagai pelajar atau mahasiswa ataupun pekerja kantoran pastinya perlu mengetahui setiap ukuran kertas dalam Microsoft Word khususnya. Apalagi jika anda bekerja di bidang  percetakan. Terkadang banyak orang yang belum tahu ukuran kertas A5. Dan berikut ini ukuran kertas A5 dalam CM, MM, Pixel, Inch yang sebaiknya diketahui:  

CM  MM  Pixel 

Inch 

21,0 cm x 14,8 cm  210 mm x 148 mm   72 PPI = 595 x 420 pixel
96 PPI = 794 x 559 pixel
150 PPl = 1240 x 874 pixel
200 PPI = 1653 x 1167 pixel
300 PPI = 2480 x 1748 pixel
400 PPI = 3305 x 2335 pixel
600 PPI = 3502 x 4958 pixel 
8.27 inc x 5,83 inc 

 Untuk ukuran pixel sebenarnya berbeda perhitungannya dengan ukuran lainnya. seperti telah disebutkan diatas bahwa ukuran pixel ini mengacu pada PPI yang menunjukkan tingkat kerapatan pada layar. Semakin besar nilainya maka hasilnya akan semakin mulus.  

Selain digunakan untuk membuat brosur, katalog ataupun leaflet ukuran kertas ini juga digunakan untuk beberapa produk.

Berikut ini beberapa barang yang menggunakan ukuran kertas A5:  

    • Blacknote  

Sebagian besar dari anda pasti pernah melihat blacknote dipasaran. Namun, tidak sedikit yang kurang menyadari bahwa blacknote ini umumnya menggunakan kertas A5. Dalam pembuatannya, blacknote menggunakan kertas berjenis HVS dengan 2 pilihan yaitu polos dan bergaris. Kedua jenis ini memiliki fungsinya masing-masing, untuk kertas bergaris bisa membatu anda untuk membuat catatan lebih rapi dan polos digunakan untuk menggambar.  

    • Kalender  

Setiap awal tahun sudah pasti anda akan mengganti kalender di rumah anda. Namun tahukah anda, kalender yang anda gunakan ini umumnya menggunakan kertas ukuran A5 apalagi untuk kalender duduk.  

    • Novel  

Umumnya novel memiliki ukuran yang beragam. Hanya saja, ukuran kertas yang paling banyak digunakan yaitu kertas A5 karena dinilai lebih pas untuk digenggam serta nyaman di baca. Biasanya kertas yang digunakan yaitu HVS 700 gram maupun 800 gram atau bisa juga bookpaper.  

Baca Juga: Ukuran Kertas A4

Nah itulah sekilas tentang ukuran kertas A5 dalam CM, MM, Pixel, Inch yang sebaiknya anda ketahui agar ketika anda membuat salah satu barang seperti katalog ataupun brosur anda tidak akan bingung lagi menentukan jenis kertas yang ingin digunakan dan juga ukurannya.  

5/5 - (156 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + one =