Ukuran Kertas A4

Ukuran-Kertas-A4

Ukuran Kertas A4 – Bagi anda yang kini masih duduk di bangku sekolah atau peguruan tinggi, seringkali anda ditugaskan untuk membuat sebuah makalah atau tugas lainnya yang harus diketik di PC. Saat mengetik tugas, sudah pasti anda harus mengetur terlebih dahulu ukuran kertas agar saat diprint anda tidak perlu lagi menyetting ulang.  

Dimensi dari kertas A4 ini memang ideal digunakan dalam sebuah dokumen sehingga wajar banyak yang menggunakannya di dunia pendidikan maupun dunia kerja. Walaupun banyak digunakan ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui  kertas A4 dalam CM, MM, Pixel, Inch, oleh karena itu simak ulasan berikut ini. 

Inilah Ukuran Kertas A4 (CM, MM, Pixel, Inch) Yang Sebaiknya Diketahui! 

Bagi anda yang selalu bergelut dengan dunia perdokumenan, pastinya perlu mengetahui setiap ukuran kertas yang ada dalam Microsoft Word. Dengan mengetahui ukuran kertas ini maka bisa semakin memudahkan anda dalam sebuah pekerjaan. Berikut ini ukuran kertas A4 dalam CM, MM, Pixel, Inch yang sebaiknya diketahui:  

CM 

MM  Pixel 

Inch 

21 cm x 29.7 cm  210 mm x 297 mm  72 PPI = 595 x 842 pixel
96 PPI = 794 x 1123 pixel
150 PPl = 1240 x 1754 pixel
200 PPI = 1654 x 2339 pixel
300 PPI = 2480 x 3508 pixel
400 PPI = 3307 x 4677 pixel
600 PPI = 4961 x 7016 pixel 
8.27 in x 11,69 in 

 

Ukuran kertas A4 dalam satuan pixel memang sedikit berbeda karena besarnya ukuran kertas A4 dalam satuan pixel tergantung setting PPI (Pixel Per Inch). Selain digunakan dalam Microsoft word, terkadang anda juga selalu diperintah untuk membuat brosur dalam aplikasi Photoshop. Bagaimana cara mensettingnya? Berikut langkahnya:  

Cara Menggunakan Kertas A4 di Adobe Photoshop

    • Pertama, klik menu file pada sudut kanan atas.  
    • Klik menus new.  
    • Selanjutnya, klik menu preset kemudia pilih menu International Paper.  
    • Setelah klik menu International Paper, anda akan menemukan menu dropdown pada kolom size. Lalu, pilih ukuran pada kertas A4 yang tepat.  
    • Masukkan ukuran yang sesuai pada kolom yang tersedia didalamya.  
    • Terakhir, jika panduan diatas telah selesai maka klik tombol OK.  
    • Proses setting sudah selesai dan anda bisa mencetak brosur.  

Pengaturan kertas A4 pada photoshop bisa berbeda-beda tergantung dari versi aplikasi yang anda gunakan. Apabila pada program photoshop anda tidak ada pilihan kertas A4 maka anda bisa memilih custom lalu isi manual dimensinya pada kolom yang tersedia. Anda bisa menggunakan dimensi yang sesuai dengan tabel diatas.  

Baca Juga: Ukuran Kertas F4

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai ukuran kertas A4 dalam CM, MM, Pixel, Inch yang sebaiknya perlu anda ketahui. Dengan mengetahui ukuran kertas tersebut sedikit banyaknya anda sudah tahu bagaimana cara mensetting ukuran secara manual. Umumnya kertas A4 ini sering digunakan untuk membuat makalah dan tugas lainnya. Semoga bermanfaat! 

4.8/5 - (31 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =