WhatsApp: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Installnya

WhatsApp

WhatsApp – Rasanya semua orang sudah tahu dengan nama aplikasi chatting terbesar saat ini, yaitu WhatsApp. Namun bagi Anda yang belum menggunakannya dan rencana akan menggunakannya atau Anda yang pernah menggunakannya dan ingin kembali menggunakannya, maka review WhatsApp terbaru ini harus Anda simak dengan baik.

Tentang WhatsApp

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi chatting atau pesan yang dibuat untuk smartphone, seperti Android, IOS, dan merambat juga ke sistem operasi dekstop. Aplikasi ini rilis perdana pada Januari 2009 yang dikembangkan oleh WhatsApp Inc. WhatsApp merupakan salah satu plopor aplikasi bertukar pesan dengan koneksi internet menggantikan metode lama yang menggunakan pulsa (SMS).

Instalasi WhatsApp terbilang cukup mudah, kami tidak mengalami kesulitan saat melakukan instalasi dan pendaftaran nomor. Dari segi penampilan atau user interface, aplikasi ini sangat rapi dengan aksen warna hijaunya yang kuat dan terkenal sebagai ciri khas aplikasi ini.

Apa Kelebihan WhatsApp?

  • Sinkronisasi Nomor Kontak

Aplikasi yang sering disingkat WA ini memiliki fitur sinkronisasi kontak pada smartphone sehingga untuk menambah teman atau kontak pada WA, cukup menginput otomatis dari kontak yang telah berada di SIM atau memory smartphone. Tentunya, kelebihan ini akan mempermudah dalam memasukkan data kontak ke aplikasi WA tanpa input secara manual.

  • Memiliki Interface Menarik dan Mudah

Tampilan aplikasi WA sangat sederhana. Ketika membuka aplikasi, Anda sudah disuguhkan dengan daftar chat terbaru tanpa membuka tab apapun. Saat pertama kali menginstal aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon kemudian diarahkan ke halaman ngobrol atau chat dengan orang yang telah tambah kontaknya.

  • Mengobrol Dengan Berbagai Konten

Aplikasi ini sangat berbeda dengan aplikasi chatting biasa, seperti aplikasi SMS. SMS hanya mendukung konten dalam bentuk text, sedangkan WA mendukung hampir semua konten populer, seperti text, gambar, video, voice chat, rekaman audio, dan lain sebagainya. Anda juga dapat melakukan calling atau menelepon seseorang layaknya layanan telepon biasa, namun WA menggunakan data selular internet. Tidak ketinggalan jaman, Anda juga dapat melakukan video call dengan aplikasi WA ini.

  • Dapat Update Status

Status atau history pada WA mirip seperti history pada Instagram atau Facebook. Anda dapat membagikan momen-momen menyenangkan kepada orang-orang yang menyimpan kontak WA Anda, baik rekaman secara langsung maupun video yang telah disimpan sebelumnya.

Adakah Kekurangan WhatsApp?

Tentunya, semua aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, termasuk WA. Adapun kekurangan yang harus dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Ukuran File yang Dikirim

Sayang sekali untuk pengguna yang sering mengirim file berukuran besar, WA bukan aplikasi yang patut dicoba. Pasalnya, WA hanya mendukung file hingga size 16 MB saja. E-mail menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengirim file besar.

  • Percakapan Grup Terbatas

Di dalam WA, seseorang dapat membuat grup atau bergabung ke dalam suatu grup. Sayangnya, jumlah anggota grup cukup terbatas yaitu 256 anggota saja. Untuk sebuah aplikasi chatting, sebenarnya keterbatasan anggota grup ini adalah hal yang wajar.

Aplikasi WA memiliki fitur-fitur yang bagus sehingga menarik banyak minat pengguna. WA bisa dikatakan sebagai aplikasi chatting terbaik dan paling populer saat ini. Tidak hanya dapat digunakan untuk chat pribadi saja, WA juga bisa dimanfaatkan dalam urusan bisnis karena WA juga menyediakan versi Business di mana nomor akan mendapatkan verifikasi sehingga mencegah tindak kriminal yang mengatasnamakan pebisnis.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × five =