Ternyata Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop Dapat Diatasi dengan Mudah!

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Ternyata Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop Dapat Diatasi dengan Mudah! – Salah satu permasalahan yang sering terjadi di banyak perangkat laptop adalah tidak tersambungnya koneksi WiFi padahal nyatanya memang sangat dibutuhkan. Apalagi jika sampai pada kondisi ketika WiFi tidak terdeteksi di laptop, rasa frustasi merupakan respon yang wajar dan mudah ditemui. Permasalahan tersebut tentu saja dapat menghambat berbagai aktivitas secara rutin.

Tidak dapat dimungkiri bahwa koneksi internet termasuk ke dalam aspek yang dimiliki untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Ditambah lagi, melalui koneksi internet, setiap orang dapat lebih mudah melakukan akses terhadap berbagai hal terutama ketika memiliki jarak jauh. Apalagi saat ini WiFi telah membantu untuk menyediakan kebutuhan internet.

Walaupun begitu, di sisi lain, masih sering ditemukan yang masih berkaitan dengan tidak terdeteksinya WiFi ketika dibutuhkan. Namun kali ini, akar permasalahan terletak pada perangkat seperti laptop yang sedang dipakai dan tentu saja menyebabkan aktivitas menjadi tersendat. Padahal WiFi bisa dikatakan sebagai kunci dari berbagai aktivitas pekerjaan.

Sebenarnya perlu diketahui sejak awal bahwa terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab utama maupun tambahan dari kondisi tidak terdeteksi WiFi tersebut. Ada yang dikarenakan pengaturan yang belum aktif di laptop dan ada pula yang dikarenakan karena permasalahan pada bagian driver laptop. Secara lebih detail, mari ketahui apa penyebab dan solusinya berikut:

Pentingnya Koneksi WiFi di Laptop

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Sebelum menjelaskan mengenai apa saja faktor yang menyebabkan WiFi tidak terdeteksi pada laptop yang dipakai, ada aspek yang penting diketahui. Aspek ini menjelaskan mengenai betapa pentingnya peran yang dimiliki oleh WiFi dan koneksinya pada laptop masing-masing yang dipakai setiap orang. Apalagi koneksi WiFi semakin marak dicari pada pandemic Covid-19 saat ini.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa WiFi memiliki peran yang penting tidak hanya mempermudah akses internet, namun juga dapat menghemat biaya. Hal ini dikarenakan memanfaatkan WiFi akan mengurangi pengeluaran secara rutin dan dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai situs yang boros kuota. Selain itu, koneksi WiFi digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan secara cepat.

Faktor Penyebab WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Selanjutnya, terkait dengan kondisi WiFi tidak terdeteksi di laptop, terdapat aspek yang secara sederhana bisa dikatakan wajib untuk diketahui dahulu. Hal ini dikarenakan sebelum memahami solusi apa saja yang bisa dicoba, ketahui dahulu apa saja faktor penyebab kondisi mengkhawatirkan tersebut. Apalagi faktor penyebab kondisi tersebut dapat lebih dari satu hal.

Secara lebih lanjut, dapat diketahui bahwa faktor yang menyebabkan kondisi tidak terdeteksinya WiFi tersebut disebabkan oleh kesalahan pengaturan yang ada. Selain itu, ada juga faktor penyebab yang dipengaruhi oleh kecerobohan dari pemilik yang mengaktifkan mode pesawat sehingga WiFi tidak terdeteksi. Namun ada juga faktor yang terdapat pada permasalahan jaringan WiFi.

Solusi Mengatasi WiFi yang Tidak Terdeteksi di Laptop

Setelah mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan munculnya kondisi seperti WiFi tidak terdeteksi di laptop, diperlukan solusi yang harus dilakukan. Setiap pemilik laptop yang mengalami permasalahan serupa tidak perlu merasa khawatir karena sudah tersedia berbagai cara yang dapat dicoba. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba secara langsung tentunya dengan mudah:

1. Memeriksa Menu pada Taskbar

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Jenis cara pertama ini bisa dikatakan sebagai cara yang termudah untuk dipraktikkan dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk hasilnya. Setiap pemilik laptop hanya perlu melakukan pemeriksaan di bagian taskbar masing-masing dan pastikan apakah sudah ada ikon WiFi di sana. Selain itu, pastikan pula bahwa terdapat tanda koneksi memang full.

2. Mencoba Bantuan Launch Manager

Kemudian ada cara yang tidak kalah mudah untuk dicoba secara langsung namun sayangnya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dari setiap pengguna. Namun untuk mempraktikkan cara ini, setiap pengguna harus melakukan pengunduhan aplikasi tambahan yang dikenal dengan nama Launch Manager secara gratis. Setelah itu, lakukan pembenahan masalah melalui aplikasi tersebut dengan mudah.

3. Memanfaatkan Proses Troubleshooting

Selanjutnya, ketika mengalami permasalahan yang genting seperti WiFi tidak terdeteksi di laptop, maka silakan mencoba cara ketiga ini secara langsung. Hanya saja, setiap pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa jenis cara yang ketiga ini bisa saja menghabiskan waktu yang lama. Selain itu, solusi ini juga perlu diperhatikan ketika tiba-tiba berhenti.

4. Mengaktifkan Bagian Network Driver

Jangan sampai untuk dilewatkan dan dicoba, cara yang keempat ini menuntut setiap pengguna karena tidak memerlukan waktu yang terkuras lama. Setiap pengguna bahkan dapat melakukannya hanya dengan memanfaatkan kombinasi tombol Windows dan huruf R lalu pilih menu Run yang ada. Setelah itu, silakan aktifkan bagian jaringan dengan mengklik bagian Enable.

5. Mengubah Peraturan Terkait WLAN

Sementara itu di sisi lain, cara yang kelima ini melibatkan peraturan WLAN yang sudah tersedia di laptop masing-masing yang digunakan. Silakan masuk ke dalam menu Network Driver kemudian silakan mencari bagian yang bernama WLAN AutoConfig dan segera pilih bagian Startup. Lanjutkan dengan memilih bagian Automatic untuk memunculkan WiFi yang diperlukan.

6. Melakukan Update Network WiFi

Berikutnya ada cara yang juga bisa dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi untuk dicoba yang masih berkaitan erat dengan Device Manager. Silakan memilih Network Adapters yang sudah tersedia kemudian lanjutkan dengan memilih Update Driver untuk mengatasi WiFi tidak terdeteksi di laptop. Setelah itu, silakan lakukan restart terlebih dahulu sebelum lanjut memakainya.

7. Menghapus Beberapa Registry Entries

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop

Tidak kalah sederhana dan mudah dari beberapa cara yang lainnya, cara yang ketujuh ini juga wajib untuk dicoba ketika mendesak. Silakan mengunjungi bagian Command Prompt kemudian lanjutkan dengan menghapus beberapa Registry Entries yang ada dan pernah dilakukan berdasarkan histori laptop. Lanjutkan dengan mematikan kemudian menghidupkan laptop sebelum nantinya dipakai lagi.

8. Mengecek Bagian Driver Manager

Masih berkaitan dengan menu Drive Manager yang dipakai dalam beberapa cara yang sebelumnya, car aini juga jangan sampai dilewatkan saja. Hanya saja, pada cara yang kedelapan ini, setiap pengguna perlu untuk melakukan instal ulang terkait dengan driver yang dipakai WiFi. Selain itu, proses instal ulang bisa memakan waktu yang lama.

9. WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop, Memutuskan untuk Setting Ulang

Cara yang terakhir ini dapat dilakukan oleh pengguna yang mengalami permasalahan yang membuat frustasi seperti WiFi tidak terdeteksi di laptop. Namun setiap pengguna perlu untuk melakukan setting ulang terkait dengan alamat IP yang dipakai sebelumnya untuk mengakses koneksi internet WiFi. Apalagi proses ini bisa dikatakan mudah untuk dipraktikkan oleh pemula.

Ulasan mengenai apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi yang mengkhawatirkan seperti WiFi tidak terdeteksi di laptop perlu diketahui dahulu. Apalagi ternyata memang terdapat beberapa faktor penyebab yang bisa saja tidak disadari oleh para pengguna laptop sebelum permasalahan muncul. Selain itu, ada pula beberapa solusi yang tentunya bisa dicoba langsung.

Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yang memerlukan waktu lama ketika dipraktikkan. Selain itu, ada juga yang prosesnya tidak lama dan membutuhkan bantuan dari aplikasi luar.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab Kursor Laptop Hilang dan Cara Mengatasinya

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =