0852 Kartu Apa? Provider Apa dan Daerah Mana?

0852 Kartu Apa, 0852 Nomer Apa,

0852 Kartu Apa? – PT. Telkom Indonesia memiliki banyak produk penjualan di bidang pelayanan jasa. Salah satun anak perusahaan PT. Telkom Indonesia adalah Telkomsel yang merupakan perusahaan dibagian operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Dan mungkin diantara kalian ada yang bertanya nomor 0852 Adalah Kartu Apa?

0852 Kartu Apa? Nomor Apa? Ini Jawabannya

Nomor Kartu dengan 4 digit awalan 0852 merupakan Kartu As Bekas Flexi 0852 perdana. Kartu Flexi dulunya adalah kartu CDMA yang menjadi awal mula nomor perdana kartu telkomsel. Saat ini produk tersebut sudah menjadi Kartu As Bekas Flexi 0852 yang sudah lama tidak terdengar lagi jargon-jargon nya. Saat ini dimana keberadaanya? masihkah ada nomor flexi tersebut? dan kapan pertama kali kartu flexi ini muncul di media.

Sangat disayangkan bahwa vendor besar seperti flexi bisa sampai tidak beroperasi. Banyak dari pengguna kartu ini merasa puas dengan pelayanan yang diberikan juga dari sisi pembelian paket data pun juga terkenal sangat terjangkau. Hingga pengguna provider ini sangat banyak pada masanya.

Dimana Flexi Saat Ini

Sejak tahun 2014, PT Telkom resmi menghentikan layanan Telkom Flexi dan mengalihkan semua pelanggan yang berada di bawahnya ke anak usaha Telkom yang lain yaitu Telkomsel. Sejak saat itu flexi sudah tidak lagi berjalan dan dinyatakan telah pailit.

Satu hal yang membuat flexi tidak bisa beroperasi lagi karena adanya jaringan CDMA. Dikatakan jaringan CDMA kalah pamor dengan jaringan GSM yang notabene menjadi jaringan terpopuler saat ini. Oleh karena itu semua data pelanggan dialihkan ke Telkomsel menjadi kartu As bekas Flexi 0852 menjadi baru.

Mengapa Flexi Bisa Bangkrut

Flexi resmi ditutup pada tanggal 4 Oktober 2014 sebagai jaringan CDMA.

Dengan ditutupnya flexi oleh PT. Telkom pelanggan yang menggunakan flexi secara otomatis dipindahkan semua ke anak perusahaan PT. Telkom yang lain yaitu Telkomsel.

Perusahaan besar seperti flexi berhenti beroperasi karena saat itu CDMA tidak dapat mengungguli pamor dari jaringan GSM yang begitu besar. Sehingga flexi tidak bisa bertahan dan mengalami penyusutan pelanggan secara drastis.

Sebelumnya flexi adalah kartu As bekas Flexi 0852 yang memakai frekuensi dari pemerintah. Dikarenakan sudah berhenti beroperasi akan dikembalikan kepada pemerintah dan dari pemerintah akan diserahkan kepada anak usaha PT. Telkom yaitu Telkomsel. Dan akan dipergunakan untuk perluasan jaringan di Indonesia bagian timur.

Flexi Tumbang CDMA Hilang

Pada awalnya jaringan CDMA diperkirakan akan bagus di masa depan. Bukan tanpa sebab, pasalnya jaringan CDMA ini memiliki 3 keunggulan utama. Pertama kapasitas pelanggan per BTS CDMA dapat mencapai 6.000 (10 kali GSM), kedua Semua BTS CDMA beroperasi pada frekuensi yang sama, ketiga CDMA-2000 (1X) beroperasi pada spektrum frekuensi 800 MHz.

Dengan keunggulan diatas jaringan CDMA menjadi primadona pilihan masyarakat karena sangat terjangkau. Hal itu juga yang menyebabkan dampak positif diterimanya CDMA di kalangan masyarakat. Itu juga yang nantinya menyebabkan flexi berubah menjadi kartu As bekas Flexi 0852 yang saat ini sudah bergabung di anak usaha Telkomsel.

Banyaknya keunggulan diatas tidak dibarengi dengan peningkatan jaringan seperti GSM yang menggunakan teknologi 3g dan 4Lte. Untuk menjadi catatan bahwasanya GSM adalah bagaimana memanfaatkan teknologi GSM di spektrum frekuensi 900 MHz. Sedangkan CDMA menggunakan Jaringan frekuensi 850 MHz.

Saat ini pun GSM sebagai jaringan yang banyak digunakan di semua vendor perusahaan. Juga menerapkan tarif yang jor jor an aman di kantong dan terjangkau. Beberapa kartu CDMA yang ada di Indonesia seperti Flexi, Smartfren, Esia/AHA, StarOne, dan Ceria. Dahulu semua kartu di atas adalah vendor ternama. Salah satu kartu di atas akan bergabung adalah kartu As bekas Flexi 0852 yang akan dialihkan ke anak perusahaan Telkomsel.

Cara Upgrade Flexi 0852 CDMA Menjadi GSM

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam program penataan layanan frekuensi CDMA. Telkomsel sebagai anak usaha milik PT. Telkom Indonesia dipilih untuk menjadikan Flexi sebagai jaringan GSM. Bukan tanpa alasan flexi memilih telkomsel sebab telkomsel menjadi operator seluler terbesar dengan kualitas layanan dan prospek pengembangan yang lebih baik.

Oleh sebab itu kartu As bekas Flexi 0852 akan bergabung bersama PT. Telkom. Membuat upgrade dari layanan CDMA menjadi GSM untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan flexi. PT. Telkom sudah menyiapkan Kartu As Flexi (Prabayar) dan Kartu Halo Flexi (Pascabayar) yang nanti nya akan digunakan flexi baru.

Dari pihak telkom mengatakan flexi akan menerima nomor baru dari telkomsel setelah melakukan upgrade. Walaupun begitu nomor lama pun masih dapat dipergunakan dan menghubungi di nomor baru nantinya.

Lalu bagaimana untuk upgrade kartu flexi CDMA ke GSM telkomsel. Inilah cara nya.

Pelanggan flexi hanya cukup mendatangi grapari terdekat telkomsel. Pengguna Kartu As bekas Flexi 0852 wajib membawa kartu identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Mahasiswa), kartu fisik Flexi, dan juga smartphone CDMA yang digunakan yang selama ini dipakai untuk nomor Flexi.

Percepatan Pengalihan Data dari Kartu CDMA ke Kartu GSM

Mengapa pemerintah sangat getol dalam menjalankan percepatan atau pengalihan dari kartu Code Division Multiple Access (CDMA) ke kartu Global System for Mobile Communications (GSM). Jawaban dari pertanyaan diatas adalah karena teknologi berbasis CDMA ini nantinya tidak akan dipakai lagi atau menghilang untuk selamanya.

Pengguna dari kartu flexi ini mencapai hingga 4,2 juta di semua wilayah Indonesia. Supaya tidak mengalami penyusutan jumlah pelanggan harus dilakukan perpindahan dari kartu flexi CDMA ke flexi telkomsel .

Keuntungan di dalam pengalihan ini adalah. Pelanggan kartu As bekas Flexi 0852 akan mendapatkan tarif yang sama seperti saat menggunakan flexi CDMA. Bagi mereka pelanggan flexi yang sudah melakukan upgrade kartu.

Pelanggan akan mendapatkan kartu baru yang akan ditambahkan di depan 4 kode digit 0851 kemudian akan dikombinasikan dengan kartu pelanggan yang lama. Sedangkan nominal pulsa yang berada di kartu CDMA akan dipindahkan secara otomatis.

Penggantian Nomor Lama CDMA Menjadi Nomor Baru Telkomsel

Flexi memiliki izin lisensi fixed wireless access (FWA) dengan nomor kode area seperti 021 di Jakarta atau 031 di Surabaya. Dengan nomor tersebut flexi harus mengikuti standar national destination code (NDC).

Menurut regulator kartu flexi yang memiliki pola nomor 021 harus diubah menjadi kartu As bekas Flexi 0852 karena ditetapkan sebagai standar NDC. Telkom akan memberikan nomor baru yang digit belakangnya sama seperti nomor flexi dahulu.

Baik telkom maupun telkomsel akan memberikan layanan pengalihan panggilan. Namun demikian kebijakan ini tidak bisa berlangsung selamanya berbatas hanya di awal perubahan saja. Telkomsel akan mengirimkan berupa informasi melalui nomor telepon baru bahwasanya akan diubah secara bertahap.

Demikian tadi pembahasan buat kalian yang bertanya-tanya 0852 adalah kartu apa? Informasi di atas dapat berubah menyusul dengan kabar dari PT. Telkom dan Telkomsel saat ini.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nine − five =