Kuota Belajar Kemdikbud, Update Daftar Situs dan Aplikasi Diblokir

Kuota Belajar Kemdikbud

Kuota Belajar Kemdikbud, Update Daftar Situs dan Aplikasi Diblokir – Hai semuanya kali ini kami ingin berbagi info menarik mengenai Kuota Belajar Kemdikbud, Update Daftar Situs dan Aplikasi Diblokir. Lalu kenapa situs dan aplikasi tersebut diblokir oleh Kemendikbud Ristek (Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) ? Dan apa saja situs dan aplikasi yang diblokir oleh Kemendikbud Ristek ? Mari simak informasi dari kami.

Kenapa Ada Beberapa Situs dan Aplikasi Diblokir Kemendikbud Ristek

Kuota Belajar Kemdikbud

Alasannya mengapa Kemendikbud Ristek memblokir beberapa situs dan aplikasi pada pemakaian kuota belajar kemdikbud adalah untuk menghindari penyalahgunaan pada pemakaian kuota belajar. Itulah sebabnya banyak dari aplikasi video, games dan sosial media diblokir oleh Kemendikbud Ristek pada pemakaian kuota belajar kemdikbud.

Apa Saja Aplikasi Yang Diblokir Oleh Kemendikbud Ristek

Kuota Belajar Kemdikbud

Pada dasarnya kuota belajar kemdikbud tidak bisa digunakan sama sekali untuk mengakses situs yang diblokir oleh kemkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informasi). Adapun situs dan aplikasi “biasa” yang tidak dapat diakses dikarenakan kekhawatiran dari Kemendikbud Ristek atas penyalahgunaan kuota belajar kemdikbud ini. Lalu apa saja situs dan aplikasi “biasa” yang diblokir Kemendikbud Ristek.

  • Kuota Belajar Kemdikbud, Aplikasi Video

  1. VIU, adalah aplikasi nonton video yang menyediakan berbagai drama asia, anime, variety show hingga berita hiburan.
  2. Likee merupakan sebuah aplikasi sharing video pendek yang tersedia pada perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android.
  3. JW Player adalah aplikasi pemutar yang dapat menyematkan video ke halaman website, perusahaan video hostinger dan juga untuk video web yang mau dihosting sendiri.
  4. QQ Video, merupakan situs web siaran video asal tiongkok dan dikembangkan oleh perusahaan Tencent.
  5. Netflix, merupakan sebuah situs web siaran film terbesar didunia sekaligus sebagai perusahaan produksi film layar lebar dan juga serial web. Situs dan aplikasi mobilenya dapat diakses menggunakan perangkat computer, laptop, smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone berbasis sistem operasi android.
  6. TVU Networks, adalah sebuah teknologi serta pimpinan pasar yang menawarkan solusi video siaran langsung berbasis IP. TVU Networks ini membantu dalam mengubah operasi berbasis SDI penyiaran yang salam hal ini meliputi transmisi, akuisisi, distribusi, routing serta manajemen ke dalam infrastruktur berbasis IP.
  7. TikTok, merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan pada smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone dengan sistem operasi android. Aplikasi TikTok ini digunakan untuk membuat, mengedit serta membagikan video yang dapat dilakukan langsung oleh para pengguna. Aplikasi ini biasa digunakan sebagai sarana hiburan, informasi, dan juga platform untuk marketing bagi perusahaan besar maupun kecil setara UMKM.
  8. Dailymotion, adalah sebuah situs berbagi video secara online seperti halnya youtube. Situs milik perusahaan asal Paris, Perancis ini menduduki peringkat ke dua situs berbagi video terbesar setelah youtube. Dailymotion berisikan konten amatir hingga professional.
  • Games

  1. Mobile Legend Bang-Bang, adalah sebuah game bergenre moba yang dikembangkan khusus smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone berbasis sistem operasi Android. Game ini menjadi salah satu game paling laris di Asia Tenggara dengan target penggunanya adalah usia remaja dan juga dewasa, namun juga sangat banyak pengguna dalam usia anak- anak dan menjadi kekhawatiran bagi Kemendikbud Ristek apabila kuota belajar kemdikbud disalahgunakan untuk memainkan game Mobile Legend Bang-Bang.
  2. Garena AOV, adalah salah satu pesaing dari game Mobile Legend Bang-Bang dikarenakan genre game yang serupa. AOV juga dikembangkan khusus smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone berbasis sistem operasi Android.
  3. Lineage II: Revolution, adalah sebuah game bergenre MMORPG yang dikembangkan oleh perusahaan Netmarble serta dilisensikan oleh NCSoft, Lineage II: Revolution pertama kali dipublikasikan pada tanggal 14 Desember 2016, tapi Lineage II: Revolution baru dirilis di Indonesia pada tanggal 14 Maret.
  4. Candy Crush, game yang dikembangkan oleh King ini pertama kali dirilis untuk Facebook pada tanggal 12 April 2012, dan kemudian pada tanggal 14 November 2012 game ini dirilis untuk perangkat telepon pintar.
  5. PUBG, dirancang oleh Brendan Greene dan dikembangkan oleh PUBG Corporation dan Krafton adalah game bergenre battle royal paling popular di perangkat mobile yang dimainkan dengan 100 pemain dalam 1 peta arena yang sama.
  6. Roblox, adalah sebuah platform game online sekaligus sistem pembuatan game yang memungkinkan para pengguna untuk mengembangkan game dan memainkan game yang dibuat oleh para pengguna lainnya.
  7. Crisis Action, adalah sebuah video game multiplayer FPS (First person shooter), atau tembak menembak yang dipublikasikan oleh Hero Game dari perusahaan HK Hero Entertainment. Crisis Action ini dikembangkan khusus smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone berbasis sistem operasi Android.
  8. 8 Ball Pool, adalah game berlatarkan olahraga biliar yang dapat dimainkan bersama teman Facebook dan juga dapat dimainkan bersama lawan acak. Game yang dikembangkan oleh miniclip ini dibuat untuk web browser, smartphone berbasis sistem operasi iOS dan juga smartphone berbasis sistem operasi Android.
  • Kuota Belajar Kemdikbud, Media Sosial

  1. Periscope, aplikasi yang diakuisisi oleh Twitter ini dikembangkan oleh Joe Bernstein dan juga Kayvon Beykpour sebagai sebuah aplikasi streaming live video. Aplikasi ini dikembangkan untuk sistem operasi iOS, Android dan juga tvOS.
  2. Facebook, merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan 17 tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Februari 2004. Facebook memungkinkan para pengguna untuk dapat saling berinteraksi serta berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
  3. Instagram, pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan bagi para penggunanya untuk berbagi foto dan video dengan para followers mereka. Aplikasi ini diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 dengan nilai transaksi sebesar 1 miliar dolar Amerika Serikat.
  4. Twitter, merupakan layanan jejaring sosial serta mikroblog online yang memungkinkan para pengguna untuk dapat mengirim pesan, memulai obrolan, berbagi video dan foto. Twitter juga sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk kampanye politik, sarana protes masyarakat, sarana pembelajaran dan juga sebagai media komunikasi darurat oleh para penggunanya.
  5. Pinterest bisa disebut juga sebagai virtual pinboard yang dimana anda bisa mengunggah gambar dan foto yang dapat anda masukan ke dalam berbagai kategori.
  6. Tumblr merupakan sebuah situs jejaring sosial sekaligus sebagai platform mikroblog. Tumblr memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan berbagai konten multimedia dalm bentuk blog pendek.
  7. Snapchat dikembangkan oleh 3 mahasiswa universitas Stanford, yakni Evan Spiegel, Reggie Brown dan juga Bobby Murphy. Layanan pada aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk mengambil foto, merekam video dengan menambahkan teks dan lukisan, dan mengirim foto atau video tersebut ke daftar penerima yang ditentukan oleh pengguna.

Dengan segala layanan dan juga fitur yang ditawarkan oleh aplikasi dan situs di atas, menimbulkan kekhawatiran bagi Kemendikbud Ristek akan penyalahgunaan atas kuota belajar kemdikbud. Itulah sebabnya Kemendikbud Ristek memblokir aplikasi dan situs tersebut dari kuota belajar kemdikbud demi mencapai sasaran target yang seharusnya. Sekian dan terimakasih, semoga informasi kali ini mengenai “Kuota Belajar Kemdikbud, Update Daftar Situs dan Aplikasi Diblokir” dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Baca Juga : Kuota Kemendikbud Bisa Untuk Apa Saja? Update Fitur Pemakaian 2021

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =