5 Alternatif Software Pembuat Aplikasi Android Offline Terbaik

Software Pembuat Aplikasi Android Offline

5 Alternatif Software Pembuat Aplikasi Android Offline Terbaik – Ada yang berminat membuat aplikasi Android saat ini? Tidak salah memang, karena pasar Android sekarang sudah makin besar. Banyak developer yang berusaha membuat aplikasi untuk dijual dan diambil keuntungannya. Apalagi sejak adanya software pembuat aplikasi Android offline yang bisa dijadikan media pembantu.

Pemakaian software seperti ini akan membuat proses penciptaan aplikasi Android bisa makin mudah. Apabila pengguna sudah punya dasar-dasar pemrograman sepertinya tidak akan terlalu susah membuat aplikasi dibantu dengan software tersebut. Apa saja rekomendasi software pembuat aplikasi Android offline terbaik? Berikut ulasan selengkapnya:

5 Alternatif Software Pembuat Aplikasi Android Offline Terbaik

1. Android Studio

Software Pembuat Aplikasi Android Offline

Merupakan software yang sengaja dirancang khusus oleh Google demi membantu pengguna jika ingin membuat Aplikasi Android. Sejak kemunculannya yaitu sekitar tahun 2013, software ini banyak dimanfaatkan oleh para pembuat aplikasi berbasis Android. Pasalnya, Android Studio diketahui punya banyak fitur menarik.

Seperti diantaranya adalah sudah dilengkapi dengan emulator yang cukup cepat. Fitur instant run pun membuat pengguna tidak akan repot merubah aplikasi yang sebenarnya sudah berjalan untuk dijadikan aplikasi baru. Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan alat lint dengan banyak manfaat. Mulai dari dapat meningkatkan kinerja, kompatibilitas versi, hingga ampuh menangani masalah-masalah terkait pembuatan aplikasi berbasis Android. Pengguna bisa pakai software ini untuk membuat aplikasi Android dengan banyak bahasa pemrograman. Seperti Kotlin, c++, atau Java sekalipun.

2. NetBeans

Software Pembuat Aplikasi Android Offline

Kalau masih ragu menggunakan software sebelumnya, pakai saja NetBeans. Software ini juga ampuh untuk membantu menciptakan aplikasi Android dengan bahasa pemrograman Java, php, dan lainnya. Sebagai informasi saja, software ini dibuat dan dikembangkan oleh developer Oracle. Apabila ingin memanfaatkan software ini, pengguna harus menginstall dulu JRE serta JDK. Software ini bisa dipakai pengguna dengan bahasa pemrograman Java. Pengguna bisa memanfaatkannya, karena tidak butuh koneksi internet jika mau mengaplikasikannya.

3. Adobe Flash

Sudah tahu belum Adobe Flash pun bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat aplikasi berbasis Android? Software yang cukup populer di kalangan pengguna PC ini memang sebetulnya punya banyak fungsi. Tidak semua orang tahu, ternyata juga bisa dipakai untuk buat aplikasi. Dulunya, Adobe Flash mungkin lebih dikenal sebagai software pembuat gambar animasi terbaik.

Berbeda dengan 2 software sebelumnya, Adobe Flash ini dikembangkan oleh developer macromedia. Hanya saja, sekitar tahun 2005, akhirnya diakuisisi oleh adobe system. Hal itulah yang menjadi cikal bakal penamaan Adobe Flash. Apabila masih penasaran, apakah software ini benar-benar bisa dipakai membuat aplikasi Android, lebih baik segera dicoba saja. Apalagi software ini pun tidak butuh koneksi internet jika dioperasikan. Jadi tetap nyaman dipakai dalam kondisi apa saja.

4. Software Pembuat Aplikasi Android Offline, Unity

Dulu, Unity mungkin masih hanya bisa didengar oleh kalangan pengguna Mac Os saja. Sekarang sudah dikembangkan dan dapat dipakai oleh pengguna lain seperti Windows atau Linux juga. Sebelumnya Unity lebih populer sebagai software pembuat game baik 3 atau 2 dimensi. Jika ingin membuat aplikasi game Android, bisa coba memanfaatkan Unity ini.

Pada pengaplikasiannya, pengguna perlu memasukkan seperangkat kode pemrograman. Seperti misalnya Java, C#, dan lain sebagainya. Daya tarik software ini adalah tidak hanya bisa dipakai untuk membuat aplikasi game Android saja. Namun juga game untuk OS lain seperti Windows, iOs, hingga Playstation juga.

5. Apache Cordova

Sebelumnya software ini lebih dikenal dengan nama PhoneGap. Sebagai informasi, software ini sekarang banyak dimanfaatkan developer untuk membuat game Android. Para pengembang game tersebut menggunakan software ini dengan HTML, Javascript, maupun CSS3. Apache Cordova hanya bisa menggunakan jenis-jenis bahasa pemrograman yang disebutkan di atas. Menariknya, begitu menjadi aplikasi game, dapat langsung digunakan tidak hanya untuk OS Android saja. Namun juga ios, hingga Windows Phone juga dapat berjalan dengan baik.

Itu dia tadi 5 alternatif software pembuat aplikasi Android offline terbaik. Siapa saja yang ingin mengembangkan aplikasi berbasis Android bisa menggunakan salah satu yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa pastikan sudah lebih dulu punya dasar tentang bahasa pemrograman karena sangat diperlukan.

Baca Juga : Aplikasi Android Yang Berbahaya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − sixteen =