5 Game Offline Catur Cocok Dimainkan Ketika Waktu Luang

Game Offline Catur

5 Game Offline Catur Cocok Dimainkan Ketika Waktu Luang – Siapa yang berpikir bahwa catur adalah permainan yang membosankan? Tentu tidak, karena game ini dapat mengasah kemampuan analisis dan strategi pemainnya. Berdasarkan hal tersebut, kini mulai banyak pengembang aplikasi yang membuat game offline catur yang dapat mengisi waktu luang. Pemain jadi tidak perlu khawatir ketika bermain aplikasi catur karena tidak mengambil paket internet.

Berbagai desain yang dimiliki oleh pengembang punya ciri khas masing-masing, mulai dari karakter hingga bidak catur yang dimainkan dibuat lebih menarik. Beberapa permainan catur offline, bahkan memiliki fitur bermain acak oleh pengguna lain apabila terhubung ke internet. Langsung simak saja aplikasi catur yang dapat dimainkan tanpa perlu terhubung ke jaringan internet dalam daftar berikut ini:

1. Game Offline Catur, Chess : Free Chess Games

Game Offline Catur chess free

Rekomendasi pertama adalah aplikasi Chess yang hadir di Google Play Store bagi pemilik Android dan App Store untuk pengguna iPhone. Membutuhkan memori sebesar 34 MB namun dapat diakses langsung tanpa perlu log in atau terhubung ke jaringan. Desain yang diberikan juga sederhana dan hanya terdiri dari satu papan atau board catur bersama dengan berbagai bidaknya.

Memiliki penilaian 4.3 bintang dari 16 ribu ulasan. Aplikasi ini juga telah diunduh sebanyak satu juta kali membuat aplikasi ini sangat disarankan untuk pengguna. Akan tetapi, sebelum bermain pengguna harus mengetahui terdapat beberapa item tertentu yang berbayar.

2. Lichess – Free Online Chess

Game Offline Catur

Berbanding terbalik dengan namanya, aplikasi ini sebenarnya dapat digunakan dengan atau tanpa jaringan sekalipun. Aplikasi yang dikembangkan oleh lichess memiliki desain unik yang terdiri dari papan catur dihadapkan ke layar sehingga pemain dapat leluasa melihat pergerakan lawan. Memori penyimpanan yang diperlukan hanya 9.5 MB menjadikan aplikasi ini lebih ringan dibanding lainnya.

3. Chess – Clash of Kings

Game Offline Catur

Kehadiran aplikasi yang dikembangkan oleh Chess & Checkers Games memiliki ulasan yang baik diantara aplikasi catur lainnya. Berbagai fitur yang disediakan juga beragam dan dapat pengguna manfaatkan dengan beberapa ketentuan pembayaran. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa level kesulitan 1 hingga 10 yang dapat dipilih oleh pemain dan terdapat pilihan undo untuk mengoreksi kesalahan.

Pemain yang belum akrab dengan dunia catur juga dapat mengunduh aplikasi ini, sebab terdapat hints atau bantuan dari aplikasi untuk memilih pergerakan selanjutnya. Tidak hanya itu, banyak fitur lain yang ditawarkan seperti mode multiplayer dan pilihan mini games. Versi terbaru aplikasi ini baru saja diunggah pada tahun 2021 untuk memperbaiki beberapa bugs dan fitur tambahan.

4. Real Chess by Alienforce

Game Offline Catur real chess alien

Kemudian terdapat aplikasi dengan desain modern dan futuristik yang memberikan pengalaman pada pemain seperti bermain catur asli. Setidaknya penyimpanan pada  smartphone pengguna memiliki 33 MB agar dapat menginstall aplikasi ini. Ditambah pengguna dapat mengunduhnya secara gratis dan mendapatkan berbagai fitur tanpa perlu tambahan biaya apapun.

5. Game Offline Catur, Chess Tactics for Beginners

Rekomendasi terakhir adalah game offline catur yang dikembangkan oleh Chess King sejak tahun 2015 dan masih menjadi favorit pemain. Telah banyak dibuktikan oleh pemain berdasarkan rating dengan penilaian mencapai 4.6 bintang di Google Play Store. Pemain pemula sangat disarankan untuk memilih aplikasi ini sebab terdapat beberapa program seperti pengenalan hingga pergerakan yang diajarkan dengan contoh.

Tunggu apa lagi? Sekarang pemilik smartphone dapat mencoba salah satu game offline catur yang direkomendasikan sebelumnya. Pemilihan aplikasi tersebut dapat didasarkan pada penyimpanan memori yang tersedia dan desain game yang menarik. Jangan lupa untuk melihat catatan permainan secara berkala agar pemain dapat berkembang dan belajar meskipun hanya dalam aplikasi.

Baca Juga : Game Strategi Android Offline.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × four =