5 Tips Membeli Laptop Bekas agar Dapat yang Bagus dan Anti Ketipu

Tips Membeli Laptop Bekas

5 Tips Membeli Laptop Bekas agar Dapat yang Bagus dan Anti Ketipu – Membeli barang bekas memang merupakan hal yang susah-susah gampang apalagi barang elektronik seperti laptop. Karena itu calon pembeli harus mengetahui tips membeli laptop bekas, hal ini agar pembeli bisa mendapatkan laptop bekas dalam kondisi bagus dan tidak mudah ditipu oleh penjualnya. Pasalnya memang banyak praktik penipuan seperti ini dalam dunia jual beli laptop bekas.

Terutama jika calon pembelinya memang tidak terlalu memahami seluk beluk dan spesifikasi laptop. Mungkin saja penjual tersebut memberikan harga yang lebih tinggi daripada seharusnya, agar hal tersebut tidak terjadi. Berikut ini adalah 5 tips membeli laptop dalam keadaan bekas agar pembeli anti ketipu:

5 Tips Membeli Laptop Bekas agar Dapat yang Bagus dan Anti Ketipu

1. Melakukan Survei Harga dan Spesifikasi Laptop Bekas yang Ingin Dibeli

Sebelum melakukan transaksi pembelian laptop bekas, sangat disarankan bagi calon pembeli untuk melakukan survei terlebih dahulu. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah mengecek rata-rata harga dan spesifikasi di berbagai marketplace penjualan elektronik bekas secara online. Tidak ada salahnya juga untuk mengumpulkan dari toko-toko yang memang menjual laptop bekas.

Selain soal harga, spesifikasi laptop yang diinginkan juga harus disurvei. Jangan lupa untuk mencari tahu harga laptop dalam kondisi baru kemudian membuat perkiraan penurunan harga sejak waktu rilisnya. Hal ini bisa membantu pembeli untuk mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang tepat dengan harga yang tepat.

2. Melakukan Transaksi Secara Langsung

Tips membeli laptop bekas selanjutnya adalah usahakan untuk bertransaksi secara langsung dengan pembeli. Lebih baik lagi menggunakan sistem pembelian COD atau cash on delivery, transaksi seperti ini akan memberi kesempatan pada calon pembeli untuk memeriksa kondisi laptop bekas terlebih dahulu. Tawar menawar pun bisa dilakukan lagi sehingga kemungkinan besar calon pembeli bisa mendapatkan potongan harga tambahan.

3. Tips Membeli Laptop Bekas, Cek Body Luar Laptop

Hal pertama yang perlu dicek dari kondisi laptop adalah body luar laptop, selain karena bagian ini yang paling mudah terlihat. Body laptop juga dapat menunjukan bagaimana pemilik sebelumnya dalam menggunakan laptop. Jika body masih mulus dan bagus dengan sedikit minus kemungkinan besar pemilik menggunakannya dengan wajar dan merawat dengan baik.

Namun jika sebaliknya itu berarti pemilik sebelumnya menggunakan laptop dengan kasar. Tentu saja, hal ini akan membuat nilai dan performa laptop akan berkurang ketika dibeli dan digunakan lagi.

4. Memeriksa Perangkat Keras Pada Laptop

Tips Membeli Laptop Bekas

Setelah body laptop dirasa oke, selanjutnya pengguna bisa mengecek fungsi dari perangkat keras pada laptop dulu. Seperti layar LCD, keyboard, trackpad, stereo, webcam, dan sebagainya. Untuk memastikan fungsi dari perangkat ini calon pembeli bisa meminta penjual untuk menyalakan laptop dan mencoba satu per satu perangkat keras laptop. Apa bisa digunakan atau tidak, ada kekurangannya atau tidak, jika ada apakah kekurangan tersebut bisa ditolerir atau diperbaiki atau tidak.

5. Tips Membeli Laptop Bekas, Memastikan Konektivitas pada Laptop

Tips Membeli Laptop Bekas

Konektivitas pada laptop meliputi seperti konektivitas pada WiFi dan jaringan internet, konektivitas pada bluetooth dan soket-soketnya seperti flashdisk dan headset. Untuk mengecek hal ini pengguna bisa mencoba menyambungkan laptop pada WiFi atau menggunakan laptop untuk browsing atau membuka beberapa situs untuk memastikan konektivitasnya.

Sangat direkomendasikan bagi pembeli untuk membahasa flashdisk dan headset sendiri saat melakukan transaksi. Sehingga pembeli bisa memeriksa secara langsung apakah port di laptop bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Itulah 5 tips membeli laptop bekas, dengan menerapkan kelima tips sederhana di atas dijamin calon pembeli tidak akan mudah ditipu oleh penjual. Membeli laptop bekas bisa jadi sangat menguntungkan dibandingkan membeli laptop baru. Apalagi jika pembeli bisa mendapatkan laptop dalam kondisi yang masih baik dan mulus.

Baca Juga : Inilah Rekomendasi Laptop Harga 3 Jutaan Core i3 dengan Performa Handal

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 4 =