6 Cara Cek Touch Screen Xiaomi Paling Mudah untuk Dipraktekkan

Cara Cek Touch Screen

6 Cara Cek Touch Screen Xiaomi Paling Mudah untuk Dipraktekkan – Xiaomi menjadi salah satu merk smartphone yang banyak digunakan. Selain harganya yang ramah dikantong, banyak fitur yang sudah lengkap terisi pada smartphone ini. Namun, sebelum memutuskan untuk membelinya. Ada baiknya untuk mengecek kualitas terutama bagian touch screennya. Berikut ini beberapa cara cek touch screen Xiaomi paling mudah untuk dipraktekkan, antara lain:

6 Cara Cek Touch Screen Xiaomi Paling Mudah untuk Dipraktekkan

1. Mengecek dengan Manual

Cara Cek Touch Screen

Cara ini menjadi salah satu cara untuk memperhatikan bagian luar atau kondisi fisik layar Hp. Menjadi langkah pertama sebelum mengecek kondisi internal Hp. Pasalnya tanpa disadari kerusakan yang timbul diluar akan mempengaruhi juga sistem bagian dalamnya.

Namun, jika kerusakan masih berupa kerusakan fisik, tentu akan jauh lebih mudah untuk diatasi daripada jika kerusakan dari dalam Hp alias sistemnya. Untuk itu, kerusakan fisik layar bisa diatasi dengan mengganti layar LCD.

2. Melalui Dial Number

Cara Cek Touch Screen

Hal yang pertama harus dilakukan sebagai cara cek touch screen Xiaomi adalah dengan melakukan panggilan pada dial number. Untuk Xiaomi bisa dengan ketik *#*#64663#*#* sebagai langkah untuk hardware test. Setelah melakukan panggilan pada dial number tersebut, maka sistem akan menunjukkan pada penggunaannya beberapa menu untuk mengetes bagian yang lain misalnya bagian touch screen.

3. Cara Cek Touch Screen, Memeriksa Bagian Sensitivitas Layar

Cara Cek Touch Screen

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Untuk mengetes bagian layar gunakan kode *#*#64663#*#*. Setelah pengguna menekan bagian tersebut, maka akan muncul sub menu selanjutnya. Bagian sensitivitas layar berada pada nomor 4 atau tertulis Touch Sensor.

Setelah klik bagian ini, maka selanjutnya pengguna akan diarahkan oleh sistem untuk melakukan sebuah misi. Dimana misi tersebut adalah menekan semua bagian kotak kosong. Kotak yang berhasil ditekan akan berganti warna menjadi biru. Hal ini sebagai indikasi bahwa kondisi layar tidak rusak. Apabila warna tetap putih atau kosong, itu artinya layar Hp mengalami kerusakan.

4. Menggunakan Aplikasi Multi Touch Test

Jika cara langsung tanpa aplikasi kurang memuaskan pengguna, boleh mencoba cek dengan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam hal ini, tentunya bisa di download dengan mudah melalui Play Store. Pertama akan dibahas penggunaan aplikasi Multi Touch Test.

Aplikasi ini mengetes dengan perintah seperti menggunakan dua jari untuk menekan bagian tertentu. Sehingga nantinya akan ketahuan, jika Hp bermasalah maka pengguna Hp tidak akan berhasil menyelesaikan misi ini. Sehingga aplikasi ini cocok untuk menguji sensitivitas layar.

5. Menggunakan Aplikasi Touchscreen Test

Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini bisa sangat mudah ditemukan pada Play Store ataupun App Store yang lain. Untuk cara pengecekannya juga beragam metode yang digunakan. Bahkan tidak hanya untuk mengetahui kerusakan layar terkait dengan sensitivitasnya. Namun juga bisa digunakan untuk mengecek kualitas warna yang dihasilkan oleh layar tersebut.

6. Cara Cek Touch Screen, Mengecek Warna Layar

Pada bagian layar sentuh, selain kualitas juga harus dipastikan kualitas layar saat akan memantulkan cahaya. Pasalnya akan berpengaruh pada gambar yang dihasilkan. Jadi kualitas gambar bisa diuji dengan test layar. Untuk itu bisa menggunakan aplikasi bantuan, salah satunya aplikasi Display Tester.

Sedangkan bagi pengguna yang memiliki permasalahan pada layar super amoled juga bisa menggunakan cara pengecekan warna layar. Permasalah ini terjadi dimana layar akan kekurangan rentang dead pixel. Untuk pengecekan dan mengembalikan layar agar normal seperti biasanya bisa menggunakan bantuan aplikasi, yang salah satunya Fix Dead Pixels.

Demikian itu cara cek touch screen Xiaomi dengan mudah. Pengecekan sangat penting sehingga bisa lebih yakin dan dipastikan apakah smartphone yang akan dibeli mengalami kerusakan atau tidak. Selain itu, bisa juga untuk mengeceknya secara berkala untuk memastikan keadaan Hp yang sedang digunakan.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × five =