7 Aplikasi Memperkecil Ukuran Video dengan Hasil Berkualitas

Aplikasi Memperkecil Ukuran

7 Aplikasi Memperkecil Ukuran Video dengan Hasil Berkualitas – Konsumsi konten melalui video sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat saat ini. Berbagi video sebagai sarana belajar, hiburan, hingga kebutuhan kerja sudah biasa dilakukan. Satu hal yang kerap kali dipermasalahkan adalah ukuran video relatif besar. Padahal email, WhatsApp, dan lainnya memiliki batas ukuran untuk mengirim video. Mengatasi masalah tersebut, hadir aplikasi memperkecil ukuran video yang disebut juga kompres. Kompres video bisa dilakukan dengan cepat hanya berbekal hp dan aplikasi. Simak pilihannya di bawah ini:

7 Aplikasi Memperkecil Ukuran Video dengan Hasil Berkualitas

1. Video Transcoder

Aplikasi Memperkecil Ukuran

Pada aplikasi ini, pengguna bisa mengurangi ukuran video tanpa terganggu oleh banyak iklan karena sifatnya yang open source. Pengguna dapat memilih terlebih dahulu video yang akan dikompres, kemudian Video Transcoder bisa menampilkan parameter untuk mengatur video. Beberapa fitur yang bisa dipakai tidak hanya kompres melainkan juga pengubah codec, mengatur kecepatan bit, setting audio, resolusi, dan masih banyak lagi. File yang sudah mengalami proses pengkodean akan langsung disimpan menuju memori internal.

2. Video Dieter

Aplikasi Memperkecil Ukuran

Sesuai dengan namanya yang unik, fungsi aplikasi ini adalah melakukan “diet” yang bermaksud mengecilkan ukuran sebuah video. Aplikasi memperkecil ukuran video ini ukurannya sangat ringan yaitu 2,2 MB. Video yang diputar di sini dapat dikonversi menuju 4K, juga bisa mengatur filter dari 24 yang tersedia. Kualitas hasil kompresi videonya dapat diatur mulai dari rendah, menengah, atau tinggi. Ada beberapa fitur yang terkunci dan bisa dibuka melalui sharing aplikasi ini ke teman lain agar ikut mengunduhnya.

3. Smart Video Compressor

Aplikasi Memperkecil Ukuran

Pada Play Store, aplikasi ini mendapatkan penilaian yang relatif tinggi dari penggunanya yaitu 4,6. Aplikasi gratis ini memiliki tampilan sederhana namun interaktif, sehingga bisa digunakan dengan mudah. Melalui bantuan aplikasi ini pengguna dapat memperkecil ukuran video hingga mencapai 80%. Beberapa format yang didukung oleh Smart Video yaitu 720p, VGA, maupun video dengan kualitas rendah.

4. Aplikasi Memperkecil Ukuran, Any Video Converter

Pada jajaran aplikasi memperkecil ukuran video berikutnya ada Any Video Converter yang cukup populer dan praktis melalui “drop & drag” kemudian memilih parameter yang diinginkan, maka proses kompresi akan segera berjalan. Kelebihannya adalah mampu melakukan konversi menuju banyak format serta mengunduh video yang berasal dari dua media terpopuler masa kini yaitu YouTube serta Netflix. Keunggulan lainnya adalah app ini tidak memiliki malware, iklan, maupun spyware yang terkadang mengganggu.

5. Compress Videos & Resize Videos

Apps besutan New Marketing Lab ini bisa didapatkan dengan gratis. Pengguna akan diberi tampilan warna biru yang sederhana namun memanjakan mata saat menggunakannya. Kualitas dari video yang dihasilkan apps ini tidak berubah terlalu jauh meskipun ukurannya telah turun sebanyak 80%. Pilih video untuk dikompres, kemudian klik “Next” dan pengguna dapat mengatur sendiri videonya agar sesuai keinginan sebelum dikompres. Apps ini mendukung berbagai format video dan kompatibel untuk berbagai perangkat baik Android maupun iOS. Salah satu keunikannya yaitu bisa mengosongkan ruang pada perangkat iPhone serta iPad.

6. Aplikasi Memperkecil Ukuran, VidCompact

Sebagai salah satu yang terpopuler yaitu diunduh hingga 100 juta, aplikasi VidCompact mampu memangkas video, kompres video, serta melakukan penggantian nama. Ukuran dari video juga dapat disesuaikan dengan keinginan serta bebas dari iklan. Pilih “Trim & Compress” dilanjutkan dengan memilih video yang akan dikompres, lalu resolusi bisa dipilih sendiri.

Demikianlah informasi mengenai aplikasi memperkecil ukuran video sehingga tidak memakan banyak memori. Setiap aplikasi memiliki keunikan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Banyaknya opsi untuk kompres video menjadikan berbagi video bukan lagi hal yang sulit. Pengguna berkesempatan menyimpan lebih banyak video untuk ditonton kembali di kala senggang.

Baca Juga : 7 Aplikasi Convert Video to MP3 Paling Bagus Untuk Android

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6 + 1 =