iPhone 12 vs iPhone 14: 8 Perbedaan Mendasar

iPhone 12 vs iPhone 14: 8 Perbedaan Mendasar
Rate this post

iPhone 12 vs iPhone 14: 8 Perbedaan Mendasar – Meskipun iPhone 14 akan dirilis di akhir tahun 2022 ini, namun ada sejumlah bocoran spesifikasinya. Perbedaan iPhone 12 vs iPhone 14 menunjukkan peningkatan apa saja yang dilakukan oleh pihak Apple. Dengan perbedaan ini kian santer dibicarakan menyambut launching resmi iPhone 14.

Perbedaan iPhone 12 vs iPhone 14

Ada beberapa perbedaan iPhone 12 vs iPhone 14 yang menonjol, seperti:

Dari Segi Desain

Jika melihat desain warna kedua tipe HP ini memiliki perbedaan yang menonjol. Aspek penting dari desain warna adalah notch yang memungkinkan beberapa sensor berada di depan iPhone.

iPhone 12 memiliki notch yang cukup besar terlihat. Pada iPhone 13 sudah dibuat lebih kecil, yakni sebesar 20 persen sampai 28 persen kecerahan layar. Sedangkan pada iPhone 14, beredar rumor akan membuat notch dan akan menghilangkan tonjolan yang ada di kamera belakang.

Kamera belakang yang ada pada iPhone 12 dan 13 terlihat cukup tegas. Untuk generasi terbaru, akan menggunakan punch hole. Hal ini memungkinkan tonjolan di belakang kamera paling rata.

Apple akan menggunakan sensor lebih ringkas. Seri iPhone terdiri dari 3 model, yakni iPhone 14, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Chip yang Lebih Besar

Perkembangan yang akan ditonjolkan pada produk terbaru adalah bionic chip. Jika iPhone 12 memakai chip A14, sedangkan iPhone dirumorkan akan menggunakan bionic chip A16. iPhone 12 vs iPhone 14 terlihat ada peningkatan prosesor yang akan mempengaruhi pemakaian. Prosesor baru yang digunakan memiliki performa yang lebih tepat.

Harapannya, ada peningkatan mencapai 11 persen untuk kinerja sedangkan 22 persen untuk meningkatkan efisiensi daya. Selain itu prosesor terbaru memungkinkan iPhone memiliki fitur touch ID untuk keamanan di dalam layar.

Peningkatan Kamera

Tidak hanya melulu mengenai sistem, pihak Apple juga meningkatkan kamera. Pada iPhone 12 menggunakan Wide dan Ultra Wide. Sedangkan untuk seri Pro dan Pro Max akan ditambahkan lensa telefoto.

Untuk rentang zoom menggunakan optik 2x,4x dan 5x. Sedangkan sensor utama sebesar 15 MP. Di iPhone 13 terdapat peningkatan kameral yang tidak terlalu menonjol. Sensor utama masih menggunakan 12 MP dengan tidak adanya penambahan lensa. Sedangkan untuk rentang zoom optik memiliki sedikit peningkatan di seri Pro dan Pro Max, yakni sebesar 6x.

Analisis gadget kenamaan mengatakan bahwa Apple melompat dari sensor utama 12 MP di iPhone 12 dan 13. Untuk kamera di iPhone 14 menggunakan kamera dengan lebar 48MP. Hal tersebut akan menjadi peningkatan terbesar dalam resolusi. Untuk upgrade lain terdapat pada model iPhone 14 Pro. Apple sedang mengerjakan kamera zoom dengan gaya periskop.

Port

Perbedaan selanjutnya menyoroti masalah port iPhone 12 vs iPhone 14. iPhone 12 dan 13 menggunakan konektivitas USB lighting alih-alih memilih USB C yang banyak digunakan HP Android.

Desas-desus beredar bahwa iPhone 14 akan menggantinya dengan USB-C. Bahkan mungkin Apple akan menghilangkan port. Sehingga nantinya, pengisian baterai menggunakan wireless charging.

Namun, kuat dugaan iPhone 14 masih akan menggunakan port lightning. Penggunaan USB-C akan digunakan di akhir tahun 2023. Kemungkinan besar akan digunakan pada iPhone 15.

Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan menjadi sorotan selanjutnya. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi performa HP.

Kapasitas yang ada pada iPhone 14 akan mengalami peningkatan. Pendahulunya, iPhone 12 memiliki kapasitas mulai 64 GB sampai 256 GB.

Iphone 13 memulai kapasitas penyimpanan mulai dari 128 GB sampai 1 TB pada seri pro dan Pro Max. Ada harapan bahwa iPhone 14 tetap menggunakan kapasitas yang sama dengan pendahulunya, yaitu iPhone 13.

eSIM Ganda

iPhone 12 vs iPhone 14 selanjutnya ada pada SIM Card. Jika iPhone 12 menggunakan SIM ganda, yakni nano SIM dan eSIM. Namun, tidak ada eSIM ganda dan hanya mampu memuat 1 kartu SIM.

Pada iPhone 13 terjadi peningkatan dengan penggunaan SIM ganda, baik untuk nano SIM atau eSIM. Pertimbangan Apple akan meluncurkan varian eSIM pada iPhone 14 sangat mungkin terjadi.

Langkah tersebut akan meningkatkan daya tarik dari iPhone di antara pengguna yang membutuhkan kemampuan SIM ganda. Pelancong dari luar negeri atau pebisnis akan mempertimbangkan hal ini.

Face ID

iPhone menggunakan Face ID untuk autentikasi keamanan. Hal ini didukung oleh kamera TrueDepth yang digunakan untuk pengenalan wajah. Selain itu, Apple akan menggunakan touch ID di bagian samping pada iPhone 12.

Sementara itu, iPhone 13 menggunakan touch ID dihilangkan dan hanya ada Face ID. Selanjutnya, iPhone 14 digadang-gadang menggunakan dukungan iOS 15.4. Sedangkan fitur Face ID yang lebih canggih akan membuatnya membantu mengenali pengguna yang sah. Bahkan ketika penggunanya memakai masker.

Harga

Tidak ada peningkatan pada harga, bahkan jika terdapat perbedaan nyata iPhone 12 vs iPhone 14. Berikut ini data harga iPhone 12 dan iPhone 14.

Harga iPhone 14

Untuk harga iPhone 14, berikut ada perbedaan pada berbagai tipenya, antara lain:

  • Untuk iPhone 14 senilai US$799 atau setara dengan Rp11,7 juta.
  • Iphone 14 Max harganya US$899 atau Rp13,1 juta.
  • Sedangkan untuk iPhone 14 Pro harganya mulai US$1.099 atau jika dirupiahkan Rp16 juta.
  • Untuk iPhone 14 Pro Max harganya mulai US$1.199 atau seharga Rp17,5 juta.

Perkiraan harga tersebut merupakan harga secara internasional. Saat masuk ke Indonesia ada perbedaan harga iPhone 13 di tahun sebelumnya.

Harga iPhone 12

iPhone 12 vs iPhone 14 jika dilihat melalui harga, maka ada perbedaan signifikan. Berikut ini rincian harga iPhone 12, yaitu:

  • iPhone 12 harganya Rp11,9 juta.
  • Untuk iPhone 12 mini seharga Rp10,9 juta.
  • iPhone 12 Pro harganya mulai Rp18,4 juta.
  • Sedangkan untuk iPhone 12 Pro Max harganya Rp20,4 juta.

Pilihan Warna iPhone 14

Ada beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih, antara lain:

Purple

Warna ungu menjadi pilihan terbanyak karena mampu menampilkan kesan berkelas, cerdas dan bersahaja. Warna ungu tersedia untuk iPhone 14 dan iPhone 14 plus.

Midnight

Tersedia juga warna mighnight yang sebenarnya merupakan warna hitam. Warna ini populer karena tidak membosankan dan mampu menghadirkan kesan klasik.

Starlight

Sedangkan untuk warna lain, Anda bisa memilih starlight. Warna starlight merupakan warna putih yang bisa Anda temui di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Product Red

Sedangkan warna terang product red bisa Anda dapatkan pada iPhone 14 dan iPhone 14 plus.

Blue

Ingin mencoba warna lainnya? Mungkin warna biru yang terlihat lembut cocok untuk Anda. Warna yang memiliki daya tarik ini bisa Anda dapatkan di iPhone 13. Untuk di iPhone 14 warna birunya sedikit pucat.

Baca Juga: Pixel 7 VS iPhone 14, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan iPhone 12 vs iPhone 14 mendapatkan banyak sorotan. Para pelanggan setia ingin mendapatkan fitur terbarukan untuk iPhone 14 yang akan resmi diluncurkan di akhir tahun 2022.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin