Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1 – Apple merupakan perusahaan dengan pelanggan paling setia dengan gelar merk paling bernilai di dunia.

Meskipun harga produk Apple tergolong lebih tinggi dari pesaingnya, namun tingkat prestisius produk ini sangat tinggi sehingga beberapa orang tidak ingin beralih membeli produk dari merk lain.

Kesuksesan Apple dalam membangun brand nya menjadi sangat terkenal dan dinilai ‘mahal’ tidak terlepas dari usaha keras Steve Jobs dan rekan rekannya dalam menjaga kualitas produk mereka.

Saat ini Apple juga telah memasarkan produk laptop dengan nama MacBook. Seri terbarunya MacBook Pro M1.

Dengan prosesor M1 khusus buatan perusahaan apple sendiri menjadi Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1.

Bagi anda yang berniat untuk membeli MacBook seri M1, dapat membaca artikel ini sampai akhir ya!

Berikut kami rangkum Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Kelebihan:

  1. Kualitas Layar yang Jernih dengan Visual Tajam

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Layar sebesar 13,3 inci dari Apple MacBook Pro M1 memiliki teknologi Retina Display. Teknologi yang membuat tampilan layar lebih cerah dengan kualitas yang jernih khas produk apple.

Dilengkapi dengan teknologi P3 wide color gamut yang menampilkan gambar atau foto lebih nyata, dengan true tone 25% lebih baik dari sRGB.

Layar dengan resolusi 2560 x 1600 piksel dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nit, ditambah lagi teknologi IPS yang membuat anda lebih nyaman menatap layar.

Kualitas layar yang cemerlang ini menunjang anda saat menonton ataupun menggunakan fitur Face-time jika meeting online.

Teknologi layar yang super canggih diklaim sebagai produk terbaik dari seri MacBook Apple.

  1. Prosesor yang tangguh

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Berpindah dari prosesor intel menjadi prosesor ARM, produk ini diklaim lebih bertenaga dan mampu melakukan tugas apapun, lebih baik daripada produk sebelumnya.

Ternyata memang terbukti Prosesor Apple M1 ini jelas lebih unggul ketimbang prosesor Intel, bahkan hal ini telah diuji oleh benchmark MacBook Pro M1 mengalahkan laptop-laptop lain yang pakai prosesor Intel.

MacBook Pro M1 seringkali dianggap sebagai laptop Apple satu satunya yang jauh lebih unggul secara peforma dibandingkan laptop Apple yang masih menggunakan prosesor intel.

Memiliki CPU 8-core serta Neural Engine 16-core yang canggih untuk tenaga lebih besar dan mampu mengoptimalkan machine learning 11 kali lebih cepat.

Teknologi inilah yang menunjang laptop Apple seri ini dalam memaksimalkan kinerja hardware dari sekian banyak spek PC lainnya yang menggunakan prosesor Intel atau AMD.

CPU-8 core pada MacBook ini menampilkan 4 buah Firestorm inti berperforma tinggi dan 4 buah Icestrom inti yang ramah daya.

Prosesor ini menjadikan MacBook Pro M1 cocok untuk pekerja multimedia dan desain komunikasi visual karena produk yang unggul dari segi fotografi, pemograman, editing, dan lain sebagainya.

Prosesor ini juga mendukung anda memainkan game dengan lancar dan anti nge-lag.

  1. Baterai yang Lebih Efisien

Dengan kekuatan baterai yang dinilai merupakan versi terbaik dari semua serial MacBook yang pernah ada, MacBook Pro M1 dirilis dengan Baterai lithium-polymer terintegrasi 58,2 watt-jam.

Baterai ini mampu bertahan hingga 17 jam untuk web nirkabel, dan 20 jam untuk pemutaran film pada aplikasi Apple TV.

  1. Peforma Keyboard yang unggul

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1

Keyboard Apple MacBook Pro M1 memiliki lampu latar dengan 65 (AS) atau 66 (ISO) tombol termasuk 4 tombol panah dalam susunan T terbalik, sehingga dinamakan Magic Keyboard.

Dengan jarak antar tombol yang hanya 1 mm membuat tombol-tombol lebih responsif dan tidak perlu menekan terlalu keras untuk menginput data.

Laptop ini juga memiliki fitur touchbar dengan tampilan OLED untuk mengoptimalkan short-cut tergantung dari aplikasi yang dibuka.

Selain itu, magic keyboard ini juga memiliki fitur Touch-Bar. Fitur ini memiliki sensor sidik jari yang terletak di sebelah Touch Bar.

Anda dapat dengan aman menyimpan file dengan menguncinya memakai sensor sidik jari. Fitur touch ID juga mendukung anda melakukan verifikasi pembayaran Apple Pay, dan pembayaran digital lainnya.

Hal ini tentu saja membuat kinerja anda lebih efisien, sekaligus memberikan keamanan ekstra untuk anda.

Magic Keyboard ini juga didukung Trackpad Force Touch untuk kontrol kursor yang akurat dan kemampuan mendeteksi tekanan, mengaktifkan klik yang bertenaga, mempercepat kinerja, serta gerakan Multi-Touch.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1, Teknologi face-time yang lebih jernih

Saat memutuskan untuk membeli produk Apple baik itu MacBook ataupun Iphone, banyak orang yang mengandalkan kinerja kameranya yang real dan jernih.

Begitu juga dengan kamera face-time pada MacBook Pro M1, memiliki resolusi 720p HD, mendukung anda dalam meningkatkan kualitas pertemuan virtual.

Bagi anda yang sering bekerja dari rumah (work from home) di masa pandemi ini, atau memang bekerja secara remote, tentu membutuhkan layar yang mumpuni saat melakukan panggilan video.

Kekurangan:

Pembahasan berikutnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1 dilihat dari sisi minus produk ini.

Beberapa kekurangan produk MacBook memang bisa diatasi dengan membeli perangkat tambahan. Namun hal ini akan sedikit merepotkan bagi anda yang mempunyai budget terbatas.

  1. Tidak bisa menggunakan eksternal display lebih dari satu.

Apple MacBook Pro M1 tidak mendukung multiple eksternal display. Karena port Thunderbolt 3-nya hanya dapat dipasang satu monitor eksternal resolusi 6K dengan refresh rate 60 Hz.

Berbeda dengan produk Apple MacBook dengan prosesor intel yang mendukung perangkat memakai dua monitor sekaligus dengan resolusi 4K.

Hal ini tentu hambatan bagi pengguna Apple MacBook Pro M1 yang bekerja di bidang multimedia, seperti video animator atau video editing karena biasanya memiliki lebih dari satu layar monitor.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1, Tidak mendukung eGPU

Kekurangan Apple MacBook Pro M1 berikutnya adalah tidak bisa dipasangi GPU eksternal. eGPU berfungi untuk mengupgrade GPU / VGA card dengan menjadikan peforma nya lebih baik.

Ketika driver eGPU dicolokkan ke dalam sistem, Macbook ini hanya bisa mendeteksinya saja. Kendala tersebut tentu menyulitkan saat anda membutuhkan laptop dengan grafis yang tinggi.

Meskipun prosesor M1 dinilai lebih handal dibandingkan intel core dan AMD, namun tetap saja hal ini menjadi hambatan bagi sebagian orang.

  1. Tidak mendukung aplikasi Windows Boot Camp

Prosesor yang canggih menjadi Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1. Menjadi kelebihan saat peformanya yang canggih, namun kekurangan saat terbatasnya akses beberapa aplikasi.

Laptop satu ini tidak mendukung Windows Boot Camp yang berguna untuk membantu pengguna beralih Sistem Operasi dari Mac Windows menjadi Windows 10.

Hal ini akan menyulitkan pengguna untuk menginstal berbagai driver dari Windows.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1, Terbatasnya kapasitas upgrade memori

Untuk melakukan upgrading memori internal pada Apple MacBook Pro M1 hanya sebatas 2TB saja.

Terbatasnya peningkatan memori ini menjadi hal yang mengecewakan sebagian orang. Namun Apple mengklaim prosesor M1 sudah sangat powerful dengan penyimpan internal bawaannya.

Demikian rangkuman kami mengenai Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro M1.

Anda dapat mengakses link berikut ini untuk mengetahui spesifikasi serta harga produk, https://ibox.co.id/product/macbook-pro-m1-ibox .

Semoga artikel ini membantu anda dalam membandingkan produk ini dengan pesaingnya agar anda dapat menentukan pilihan dengan tepat.

Baca Juga : Ini Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa konek Wifi Mudah

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + seventeen =