Alasan WiFi Lemot dan Cara Membatasi WiFi Indihome Agar Penggunaan WiFi Lebih Maksimal

Cara Membatasi WiFi Indihome

Alasan WiFi Lemot dan Cara Membatasi WiFi Indihome Agar Penggunaan WiFi Lebih Maksimal – Menggunakan jaringan internet bukan lagi keinginan, namun sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Tidak heran jika orang mulai memasang WiFi Indihome di masing-masing rumah. Hal tersebut tentunya agar mendapatkan jaringan yang lebih kuat. Tetapi WiFi malah digunakan orang-orang diluar rumah, sehingga membuat jaringan tidak stabil. Berikut cara membatasi WiFi indihome agar penggunaan WiFi lebih maksimal:

Alasan WiFi Sering Lemot Alias Tidak Lancar

Sebenarnya mengapa WiFi Indihome bisa lemot atau tidak lancar? Sebenarnya banyak faktornya pertama adanya kerusakan pada perangkat. Kedua bisa juga disebabkan karena jaringan mengalami gangguan. Kemudian yang ketiga karena FUP yang sudah melebihi batas atau bisa juga banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan tersebut.

Sehingga untuk mendapatkan jaringan yang lancar dan stabil walaupun telah menggunakan WiFi, namun harus tetap diperhatikan berapa jumlah orang yang menggunakan jaringan tersebut. Pasalnya kecepatan akan terus berkurang saat digunakan orang banyak dalam waktu yang bersamaan.

Cara untuk Membatasi WiFi Indihome

Setelah mengetahui salah satu alasan lemotnya WiFi. Dimana dijelaskan bahwa banyaknya pengguna yang serentak dalam mengakses jaringan akan membuat WiFi tidak lancar. Oleh karena itu pembaca juga harus mengetahui bagaimana solusi atas permasalah tersebut. Maka dari itu berikut akan dipaparkan cara membatasi WiFi Indihome dengan mudah:

1. Menyambungkan Perangkat Ke WiFi

Cara Membatasi WiFi Indihome

Langkah pertama sebagai cara membatasi WiFi Indihome adalah pemilik Wifi harus menyambungkan perangkat tertentu agar tersambung pada Wifi yang hendak dibatasi. Bisa menggunakan laptop maupun perangkat android. Pasalnya langkah selanjutnya adalah mengatur sistem kerja dari Wifi menggunakan sistem admin panelnya.

2. Masuk Pada Admin Panel dan Login

Setelah menyambungkan perangkat dengan Wifi Indihome maka langkah selanjutnya buka browser. Kemudian bisa ketik IP Indihome sebagai berikut 192.168.1.1. Jika sudah pengguna akan langsung diarahkan pada bagian login admin.

Pada bagian ini jangan lupa untuk memasukkan username yang dahulu didaftarkan. Selain itu juga password admin yang telah dibuat. Pastikan menuliskan username dan password dengan tepat agar proses selanjutnya bisa berjalan dengan baik.

3. Masuk Menu WiFi Control

Setelah pengguna berhasil masuk sebagai admin. Selanjutnya pengguna masuk pada bagian Network. Setelah itu akan muncul sub menu selanjutnya, maka pilih Wlan Settings. Kemudian pilih pada bagian WiFi Control. Pada bagian ini pengguna bisa melakukan pengaturan dan pembatasan pada pengguna WiFi tersebut. Sehingga dengan itu jaringan lebih bisa terkontrol dan tetap stabil.

4. Mengatur SSID dengan Jumlah Pengguna

Cara Membatasi WiFi Indihome

Bagian SSID ada pada bagian WiFi Control dengan mengatur jumlah pengguna jaringan tersebut. Caranya adalah dengan memasukkan angka pada bagian tersebut. Angka yang dimasukkan menunjukkan jumlah maksimal pengguna yang bisa menggunakan WiFi. Jadi pastikan menuliskan sejumlah pengguna orang didalam rumah.

Misalnya dalam rumah diisi oleh ayah, ibu dan 3 orang anaknya yang semuanya aktif menggunakan perangkatnya untuk akses internet, maka tulis angka “5” pada bagian SSID tersebut. Sehingga orang lain yang mencoba untuk masuk jaringan tidak akan bisa.

5. Cara Membatasi WiFi Indihome, Menyimpan Perubahan Sistem

Setelah melakukan langkah-langkah diatas dengan sesuai, pastikan tidak salah juga dalam membatasi jumlah penggunanya. Jangan sampai malah orang dalam rumah tidak bisa menggunakan akses WiFi karena kesalahan dalam pembatasan tersebut. Setelah itu untuk menyimpan perubahan sistem tersebut bisa klik bagian apply. Proses ini sebagai langkah mengakhiri pengaturan sistem.

Demikian itu cara membatasi WiFi Indihome agar penggunaan WiFi. Menerapkan cara-cara tersebut akan membuat pengguna WiFi lebih nyaman saat menggunakan akses internet dirumah. Jadi, tidak ada lagi alasan WiFi lemot.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pengguna Wifi Indihome Pakai Modem dan Android

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *