Apa itu Telegram

Apa itu Telegram

Apa itu Telegram dan Fungsinya? Berikut Penjelasan Lengkapnya – Aplikasi perpesanan instan kian populer tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin canggih. Selain penggunaannya yang mudah aplikasi perpesanan digital dapat menghemat biaya pulsa lima kali lipat dibandingkan menggunakan short message service atau yang kita kenal dengan SMS.

Telegram sebagai salah satu aplikasi perpesanan instan yang banyak digunakan setelah WhatsApp. Kelebihan yang ditawarkan dalam fitur telegram membuatnya diunduh hampir 1 miliar pengguna aktif.

Apa itu Telegram?

Apa itu Telegram

Telegram adalah layanan pesan instan berbasis cloud sekaligus dapat menerima dan mengirim panggilan serta menawarkan berbagai fitur lainnya guna menghubungkan pengguna lain yang tak terbatas oleh jarak.

Telegram dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, video, foto, audio, dokumen dan berbagai berkas penting lainnya. Jika WhatsApp membatasi pengguna dengan batas ukuran file maksimal 100MB, Telegram memberikan batas ukuran file sebesar 1.5GB yang memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima beragam jenis film.

Apa Sajakah Fungsi dari Telegram?

Apa itu Telegram

Jika pada zaman dahulu telegram merupakan surat kawat yang berisikan kombinasi kode semua beralih ahli ke dalam satu aplikasi dengan nama yang sama dengan sejumlah fungsi berbeda.

Fungsi telegram diketahui pengguna sebagai aplikasi chatting dan telpon digital namun ada beberapa fungsi lainnya yang tak diketahui oleh mereka antara lain :

  1. Mengirim dan Menerima File Berukuran Besar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ukuran batas telegram hingga 1.5GB hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar video, foto, dokumen hingga menerima file penting lainnya berukuran besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa melalui WhatsApp dan Gmail terjadi pembatasan pengiriman dan penerimaan file, melalui Telegram Anda  keleluasaan kepada pengguna lain untuk bertukar file dengan cara praktis dan tentunya gratis.

  1. Membuat Grup Dalam Kapasitas Anggota yang Besar

WhatsApp hanya bisa membuat grup dengan maksimal anggota sebanyak 256 sedangkan Line membatasi penggunanya dengan kapasitas anggota grup sebanyak 500 orang, Telegram dapat menampung hingga 200.000 anggota dalam satu grup yang sama.

  1. Apa itu Telegram, Mengirim Pesan Tanpa Menyimpan Nomor

Fungsi telegram yang ini sangat memudahkan pengguna untuk mengirim pesan ke kontak baru yang belum tersimpan. Aplikasi telegram bekerja menggunakan basis username ( Nama Pengguna ), Jadi tanpa harus menyimpan kontak mereka, Anda dapat mengirim mereka pesan.

  1. Telegram dapat login di banyak perangkat

WhatsApp hanya dapat login menggunakan dua perangkat saja yaitu smartphone dan pc. Sementara Telegram dapat login ke banyak perangkat menggunakan satu nomor yang sama.

  1. Apa itu Telegram, Privasi lebih terjaga

Terakhir fungsi telegram adalah menjaga privasi pengguna demi kenyamanan dan keamanan mereka saat bertukar pesan.

Telegram mengumpulkan data pengguna hanya sebatas informasi kontak, nomor telpon dan username tidak perlu menggunakan lokasi, email hingga sinkronisasi kontak seperti di WhatsApp.

Apakah Telegram Aman?

Apa itu Telegram

Tentu saja telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan instan berbasis cloud. Telegram tidak secara default menerapkan enkripsi ujung ke ujung ke pesan yang mencegah pesan  oleh pihak ketiga agar tidak dapat ditafsirkan.

Selain itu semua konten Anda di dalam aplikasi ini tersimpan di dalam penyimpanan cloud sehingga inilah solusi paling aman untuk aplikasi yang banyak digunakan.

Fitur Telegram yang Tak Diketahui Oleh Pengguna

Telegram dilengkapi oleh fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Fitur telegram ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna diantaranya ialah ;

  1. Berbagi dan Menerima File Tanpa Takut Kualitas Menurun

Biasanya ketika mengirim foto dan beberapa gambar melalui WhatsApp kualitas akan menurun sehingga membuat foto tampak buram dan pecah. Alasannya ialah aplikasi WhatsApp mengkompresi ukuran file agar lebih ringan dan memudahkan proses pengiriman.

Berbeda dengan aplikasi Telegram melalui aplikasi ini foto atau gambar yang akan dikirim maupun menerimanya dari pengguna lain tidak membuat kualitasnya menurun bahkan buram dan pecah ketika di zoom.

  1. Dapat melakukan edit pesan yang terkirim

Fitur ini memungkinkan Anda mengedit pesan yang telah terkirim ke pengguna lain agar tak terjadi kesalahpahaman.

Pesam yang telah di edit nantinya akan otomatis berubah ketika pengguna lain menerimanya.

Bahkan jika Anda sering melakukan typo atau kesalahan dalam mengetik, melalui Telegram semua dapat diperbaiki tanpa harus menghapusnya. Pengguna dapat mengatasi kesalahan tersebut dengan tombol “Edit”.

  1. Apa itu Telegram, Ruang penyimpanan tak terbatas

Seperti pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya, Telegram memiliki ruang penyimpanan tak terbatas dalam mengirim dan menerima file berukuran besar. Penyimpanannya berbasis cloud dapat menyimpan berbagai file Anda lebih aman dan rentan hilang.

  1. Apa itu Telegram, Fitur Secret Messages

Fitur ini dinamakan sebagai pesan rahasia dimana pengguna dapat mengirim pesan bersifat konfidensial ke pengguna lainnya tanpa takut diketahui  pihak ketiga.

Fitur pesan rahasia menggunakan sistem enskripsi end-to-end yang membuat pihak ketiga tidak dapat mengetahui isi pesanmu bahkan Telegram pun tidak dapat mengetahuinya. Self-destruct sebagai fitur tambahan dalam pesan rahasia yang dapat menghapus pesan otomatis pada periode waktu tertentu.

  1. Sembunyikan Last Seen dari Pengguna Tertentu

Ketika Anda merasa dimata-matai oleh teman Anda atau bahkan si doi, Anda bisa mengatur fitur ” Last Seen ” sesuai dengan keinginanmu siapa saja yang boleh melihat dan tidak boleh melihatnya.

Manfaat Telegram dengan Kelebihannya

Telegram memiliki manfaat yang dirasakan pengguna ketika mempercayakan aplikasi ini untuk kebutuhan perpesanan digital sehari-hari seperti :

  1. Bebas Iklan
  2. Telegram memiliki teknologi berbasis Cloud dan Cache
  3. Memiliki fitur channel atau siaran langsung yang memudahkan pebisnis membagikan informasi produk
  4. Sistem keamanan sangat baik
  5. Dapat menampung lebih banyak Anggota dalam satu grup yang sama
  6. Dapat mengedit pesan yang terkirim
  7. Membagikan file dengan ukuran asli tanpa mengurangi kualitasnya
  8. Lebih banyak Stiker, Gif dan Emoji
  9. Beragam fitur tema bisa dipilih sesuka hati
  10. Terdapat fitur bot

Mengapa Harus Mengunduh Telegram?

Saat mengunduh aplikasi Telegram

yang tidak memakan banyak penyimpanan setiap mengunduh file yang terkirim maupun file yang diterima, Anda dapat memindahkannya ke micro sd agar tak mengundang sejumlah cache.

Selain itu keamanan pada Aplikasi Telegram juga patut diperhitungkan karena tak banyak aplikasi lain yang mengutamakan kenyamanan pengguna dan keamanan data agar tak diketahui pihak yang tak bertanggung jawab.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan seluruh pembahasan diatas tak perlu berpikir ulang bahwasannya Telegram memiliki banyak kelebihan dan fitur canggih melebihi dari aplikasi perpesanan instan lainnya yang membuat Anda wajib mengunduh Telegram di google play store.

Demikianlah artikel mengenai pembahasan Telegram secara menyeluruh, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Baca Juga : Link Hapus Akun Telegram Permanen, Cek Disini!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × four =