11 Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022

Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaik dan Terbaru 2022 – Menjadi seorang arsitek berarti Anda harus menguasai berbagai aplikasi pendukung perancangan arsitektur. Sebab seluruh perangkat lunak tersebut akan membantu tugas Anda untuk menerjemahkan keinginan klien menjadi desain bentuk bangunan dan ruangan yang sesuai dengan keinginannya.

Memang tidak semua aplikasi pendukung perancangan arsitektur harus dikuasai. Tetapi minimal menguasai 2 sampai 3 program akan sangat membantu ketika menghadapi klien yang memiliki keinginan unik dan itu mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri. Terlebih lagi jika ternyata itu adalah proyek desain yang rumit.

Apa saja aplikasi pendukung perancangan arsitektur yang dapat anda pelajari untuk meningkatkan kualitas diri?  Simak perangkat tersebut yang telah di rangkum di bawah ini.

Daftar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur Terbaru 2022

Datar Aplikasi Pendukung Perancangan Arsitektur

Ada banyak manfaat ketika seorang arsitek menguasai beberapa aplikasi pendukung perancangan arsitektur. Selain kelihatan akan lebih profesional ia akan menjadi lebih handal dan kompeten pada bidangnya. Terlebih lagi Jika setiap software memiliki kelengkapan yang berbeda dan dapat mempertajam keinginan desain para klien.

1. Autocad Architecture

Siapa yang tidak mengenal software Autocad architecture ini?  Rasanya semua orang yang mengaku berprofesi sebagai arsitek pasti menguasai perangkat lunak ini.  Pasalnya seluruh antarmukanya memang didesain untuk mendukung aktivitas para perancang bangun ini dengan komplit.

Dari seluruh perangkat lunak yang ada umumnya yang pertama kali diajarkan untuk dikuasai adalah Autocad architecture.  Sehingga lebih banyak arsitek yang kemudian mengandalkan kemampuannya untuk membuat rancang bangun memanfaatkan perangkat lunak ini.

Walaupun sudah lama dikembangkan. namun bukan berarti software ini jadul dan tidak mengikuti zaman. Developer selalu menambahkan fitur-fitur yang paling baru sehingga versi terbarunya terbilang canggih dan modern. Dengan demikian para arsitek yang mempergunakannya dapat mempelajari desain suatu bangunan dengan baik.

2. Archicad

Archicad juga merupakan salah satu software aplikasi rancang bangun untuk arsitektur yang banyak digunakan baik untuk pemula maupun yang sudah profesional.  Pasalnya seluruh fitur yang ada dikembangkan agar para arsitek dapat membuat desain bangunan dalam format 2D dan 3D.

Sehingga pada saat presentasi, klien akan dapat melihat bagaimana bentuk tampilan bangunan aslinya. Perangkat lunak ini termasuk juga yang paling digemari karena seluruh kebutuhan arsitek sudah terbangun dalam sistemnya.  Selain itu seluruh antarmukanya amat mudah di fungsikan yang baru saja belajar atau profesional.

3. Autodesk Revit

Software yang umum digunakan oleh para arsitek yang kedua adalah Autodesk revit yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas sangat baik.  Selain itu pula memiliki keakuratan yang sangat tepat sehingga dapat diandalkan ketika melakukan analisis keperluan bangunan.

ini sangat penting karena seorang arsitek pun dituntut untuk dapat membuat rencana anggaran biaya pembangunan sesuai dengan desain yang dirancangnya. Semakin tinggi keakuratan gambar maka semakin tinggi pula penghitungan komponennya. Software ini juga memiliki kemampuan terbaik untuk pendokumentasian project.

4. Chief Architect

Perangkat lunak untuk membuat desain bangunan ini sangat cocok jika seorang arsitek ingin mendapatkan hasil akhir dalam bentuk 2D dan 3D. Salah satu keunggulannya adalah karena memiliki fitur otomatisasi untuk mempermudah proses desain rumahnya. Semua kelengkapan yang ada sangat membantu proses desain bangunan.

5. Punch

Software ini merupakan perangkat lunak yang memang digunakan agar seorang arsitektur dapat menghasilkan desain yang mendekati nyatanya. Sehingga jika dipresentasikan desain bangunan itu akan terlihat sempurna dan sesuai dengan aslinya dengan tampilan tampak depan, dan samping kanan dan kiri.

Namun kelemahannya adalah software ini hanya dapat dimiliki dengan membayar biaya yang cukup mahal. Sehingga bagi seorang pemula yang masih mempelajari tentang dunia rancang bangunan ini tentu perlu mempertimbangkannya. Namun, bagi Anda yang sudah profesional, pasti akan sangat menguntungkan jika bisa menguasainya.

6. Revit Architecture

Software ini sangat kompatibel pada sistem operasi perangkat yang berbasis Microsoft Windows. Kelebihannya adalah dapat membantu para arsitektur untuk melakukan rancang bangun secara lengkap dengan hasil analisis yang menampilkan berbagai informasi komponen desain secara detail.

7. 3D StudioMax

Perangkat lunak ini merupakan salah satu aplikasi pendukung perancangan arsitektur yang terkenal mumpuni karena dapat membuat gambar 3D dengan sangat baik. Kelebihannya adalah tidak hanya arsitek saja yang dapat memanfaatkannya tetapi juga mereka yang membutuhkan proses rendering.

Desain gambar yang dihasilkan oleh software ini sangatlah detil sehingga nampak seperti nyata. Dengan adanya fitur rendering ini, maka gambar akan sangat halus sehingga seakan-akan seperti tampilan aslinya. Oleh karena itu dikuasai juga oleh animator, pembuat game serta konten video lainnya.

8. Softplan

Perangkat lunak ini dapat membantu seorang arsitektur melakukan rancang bangun yang sesuai dengan kebutuhan para ahli. Kelebihannya adalah fitur perhitungan serta estimasi penggunaan bahan yang tepat, sehingga dapat membantu arsitek untuk melakukan perhitungan rancnag bangan yang tepat.

9. Microstation Software

Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh arsitektur Karena lebih stabil dibandingkan dengan yang lainnya. Namun kelemahannya adalah tidak dapat membaca dokumen dari Autocad. Sehingga akan sangat menyulitkan jika file awal yang diterima oleh arsitek dibuat oleh Autocad

Dengan memanfaatkan aplikasi ini maka seorang arsitek dapat membuat desain bangunan dalam bentuk 3D ataupun study.  Format penyimpanan mulai dari CAD, DGN, hingga OBJ dan SKP. Kelebihannya adalah penggunaannya sendiri tidak sulit sehingga dapat digunakan oleh profesional serta pemula.

10. SketchUp

Perangkat lunak ini juga sangat terkenal dan dikuasai oleh kalangan arsitek mulai dari pemula maupun profesional.  Sebab walaupun hak ciptanya sudah dibeli oleh Google, namun kemampuannya sangat mumpuni ketika digunakan untuk mengolah serta membuat desain rancang bangun sebuah bangunan.

11. Vectorwork Architecture

Software ini termasuk yang perlu waktu untuk menguasainya karena memang ditujukan untuk penggunaan profesional. Karena itu desain yang menggunakan software ini umumnya sangat bagus. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi para pemula agar menguasainya sehingga dapat meningkatkan skill ketika melanjutkan ke profesional.

Software ini dianggap yang paling rumit karena memang hanya cocok bagi mereka yang sudah profesional dan berpengalaman sehingga memahami membuat gambar dengan aplikasi lain. Namun, ketika Anda berhasil menguasainya maka penggunaannya secara optimal akan meningkatkan kualitas gambar.

Desain gambar yang dihasilkan oleh aplikasi ini akan terlihat sangat presisi serta menggambarkan algoritma desain dan kreatif modeling yang akan terlihat nyata. Selain itu bola aplikasi ini juga dapat membantu seorang arsitek untuk membuat desain gambar landscape.

Jika Anda seorang mahasiswa arsitektur maka tak ada salahnya untuk menguasai aplikasi pendukung perancangan arsitektur yang paling sederhana dulu untuk membantu menguasai pembelajaran di universitas. Selanjutnya, mencoba desain yang sederhana untuk meningkatkan kualitas rancang bangun Anda.

Baca Juga: 8 Daftar Aplikasi Untuk Menggabungkan File PDF di Android dan Laptop

Berjalannya waktu mulai mempelajari aplikasi pendukung perancangan arsitektur yang lebih sulit agar terjadi peningkatan kualitas desain rancang bangun. Perangkat lunak di atas dapat digunakan dengan sebelumnya memasang pada laptop atau komputer. Anda tinggal memilih mana yang paling dapat membantu pekerjaan desain.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin