Ternyata Mudah! Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

Cara Ganti Nomor WhatsApp

Ternyata Mudah! Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat – Beberapa keadaan mengharuskan seseorang untuk ganti nomor WhatsAppnya. Entah dikarenakan nomor yang digunakan sudah mati atau karena sebab lainnya. Akan tetapi, sebagian orang ragu untuk ganti nomor WhatsApp karena khawatir akan kehilangan data-data di dalamnya seperti chat serta kontak. Jika mengalami kondisi tersebut, tidak perlu risau, sebab terdapat cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat.

Cara itu tak akan mengubah data dalam WhatsApp pengguna. Data yang dimaksud meliputi informasi mengenai foto profil, kontak WA, group chat di mana pengguna sudah bergabung, riwayat chatting, dan lainnya. Semua informasi tersebut akan tetap ada, dengan catatan pengguna hanya mengganti nomor WhatsApp dan tetap memakai smartphone yang sama. Berikut panduan untuk mengganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat:

Ternyata Mudah! Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat

1. Pahami Persiapan Sebelum Mengganti Nomor WhatsApp

Cara Ganti Nomor WhatsApp

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai proses mengganti nomor WhatsApp. Persiapan yang dimaksud lebih untuk memastikan bahwa nomor telepon baru milik pengguna bekerja dengan baik. Pastikan nomor telepon yang baru dapat menerima pesan SMS, menerima panggilan telepon, dan dapat tersambung ke jaringan internet.

Selain itu, pastikan pula nomor telepon baru yang akan digunakan sebagai pengganti tidak terdaftar atau terikat dengan akun WA lain. Apabila seperti itu, maka pengguna harus ganti nomor dengan yang lain. Bisa juga melakukan penghapusan akun WA yang menggunakan nomor itu.

2. Masuk ke Fitur Ganti Nomor

Cara Ganti Nomor WhatsApp

Bukalah aplikasi WA pada ponsel Android ataupun iPhone. Lalu masuk ke menu ‘Setelan’ atau ‘Setting’ dengan mengetuk simbol titik tiga pada sudut kanan atas. Kemudian ketuk ‘Akun’ atau ‘Account’. Langkah selanjutnya adalah ketuk opsi ‘Ganti Nomor’ atau ‘Change Number‘ dan ketuk ‘Lanjut’ atau ‘Continue’.

3. Input Nomor yang Lawas serta yang Baru

Cara Ganti Nomor WhatsApp

Sebagai langkah berikutnya, pengguna harus meng-input-kan nomor WA yang lawas di kolom pertama. Bila nomor itu merupakan nomor Indonesia, maka mulai dengan kode negara Indonesia, yaitu +62. Lalu untuk kolom kedua, isikan nomor WA terbaru yang akan digunakan sebagai pengganti nomor WA yang lawas. Jika sudah, ketuk ‘Lanjut’ atau ‘Continue’.

4. Hidupkan Pilihan ‘Beri Tahu Kontak’

Panduan ini menjelaskan mengenai cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat. Pengguna perlu menghidupkan pilihan ‘Beri tahu kontak’ untuk memberi tahu semua temannya bahwasanya nomor WhatsAppnya sudah diganti dengan yang baru. Pemberitahuan tersebut akan tampil di tampilan chat teman yang ada dalam kontak WhatsApp pengguna.

Atau jika tidak semuanya, setidaknya pada teman yang menge-save nomor lama pengguna ataupun yang kerap melakukan chatting dengan pengguna. Jika opsi itu tak diaktifkan, teman dalam kontak WA tak dapat tahu bahwa pengguna telah mengganti nomornya. Lalu, untuk memberitahunya pengguna perlu mengirimkan chat pemberitahuan kepada teman-temannya itu.

5. Cara Ganti Nomor WhatsApp, Verifikasi Nomor Baru

Sebagai pematuhan aturan keamanan, pengguna harus melaksanakan verifikasi terkait penggantian nomor WA itu. Jika nomor yang baru tidak terpasang dalam ponsel yang digunakan oleh pengguna WhatsApp, maka pengguna perlu menantikan kode verifikasi. Kode tersebut akan dikirim melalui SMS yang akan diterima di ponsel di mana kartu SIM nomor baru itu terpasang.

Ketika SMS tersebut sudah diterima, segera masukkan kodenya ke WhatsApp. Apabila kartu SIM dari nomor baru telah ada di ponsel pengguna WhatsApp, umumnya kode verifikasi akan otomatis terbaca. Dengan begitu, proses ganti nomor berhasil dilakukan.

Pada akhirnya, itulah panduan singkat mengenai cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat. Jika kelima langkah di atas sudah selesai, maka nomor WhatsApp pengguna telah selesai diganti. Pengguna juga dapat memastikan sendiri bahwa tidak akan ada kontak ataupun chat yang hilang. Semua akan tetap sama dan pengguna bisa langsung menggunakan WhatsAppnya seperti biasa.

Baca Juga : 5 Aplikasi Clone Wa Untuk Mempermudah Pekerjaan Pengguna WhatsApp

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.