6 Cara Bayar Pakai QRIS BRI Mudah Terbaru 2022

Cara Transaksi Menggunakan QRIS BRI Dengan Mudah Terbaru 2022 – Siapa yang tidak kenal dengan QRIS sistem pembayaran non tunai yang mulai booming saat ini. QRIS mendukung berbagai macam pembayaran dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia.

Cara Transaksi Menggunakan QRIS BRI Dengan Mudah Terbaru 2022

Apa Itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard juga menjadi salah satu platform pembayaran non tunai yang berhasil mendunia dan kini sudah resmi digunakan di Thailand. Dengan menggunakan QRIS kamu bisa melakukan pembayaran dengan sekali scan kode QR. Jika kamu menggunakan E-wallet seperti ShopeePay, Dana, Ovo, dan lain sebagainya, QRIS memungkinkan kamu untuk sinkron secara langsung dengan scan kode QR

Tidak hanya mendukung platform pembayaran non tunai saja qris juga mendukung pembayaran secara tunai atau lewat bank. Sampai saat ini sudah banyak bank yang mendukung adanya sistem pembayaran qris seperti bank BRI, BNI, dan lain sebagainya.

Dilansir dari halaman resmi bank BRI, ternyata qris sudah banyak digunakan oleh nasabah bank BRI seluruh Indonesia. Lebih-lebih perpaduan antara BRImo dan juga qris tentunya akan semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi dan manajamen keuangan mereka.

Bagaimana Cara Scan Kode QR QRIS Di Brimo?

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara bayar menggunakan qris BRI sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu terobosan terbaru BRI yang sedang booming saat ini, yaitu BRImo. BRImo atau BRI mobile merupakan aplikasi rancangan BRI yang dicetuskan untuk lebih memudahkan nasabahnya melakukan berbagai macam keperluan transaksi seperti transfer, tarik tunai, beli pulsa atau paket data. Bayar tagihan , dan masih banyak kemudahan lainnya.

Proses pencairan dana jika menggunakan layanan Qris BRI juga tergolong sangat cepat kamu perlu menunggu sekitar H+3 dari hari transaksi QRIS berhasil. Dibandingkan bank lainnya metode pencairan yang ditawarkan qris tentunya adalah metode terbaik saat ini.

Bagaimana Latar Belakang Berdirinya QRIS?

Hal yang melatarbelakangi munculnya platform seperti ini adalah keluhan masyarakat mengenai sistem pembayaran non tunai yang ada belakangan ini. Banyak sistem pembayaran non tunai yang memberikan biaya admin yang cukup besar kepada nasabahnya.

Bagaimana Cara Daftar QRIS?

Disamping memudahkan dalam melakukan pembayaran dan juga pengelolaan uang lainnya ternyata, proses mendaftar akun qris sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut langkah-langkahnya:

1. Registrasi

Langkah pertama untuk mendaftar qris adalah dengan melakukan registrasi dan validasi di situs resmi qris. Dalam situs tersebut akan diberikan beberapa syarat dan ketentuan untuk mendaftar menjadi salah satu pengguna qris seperti:

Syarat untuk badan usaha : 

  1. KTP pemilik usaha atau instansi terkait
  2. Nomor Kartu Keluarga sesuai dengan KTP
  3. Akta perusahaan Nama Badan Usaha
  4. NPWP perusahaan Anda
  5. Surat Kuasa

Syarat untuk individu atau perseorangan :

  1. KTP yang kamu punya
  2. Nomor kartu keluarga

2. Pembayaran

Langkah kedua, adalah melakukan pembayaran pendaftaran qris, pembayaran ini bisa kamu gunakan secara langsung ke bank atau dengan menggunakan dompet digital seperti Go pay, ShopeePay, Dana, OVO, dan lain-lain

3. Login Akun

Setelah melakukan pembayaran kemudian, kamu akan mendapatkan username dan password yang bisa kamu gunakan untuk login di akun qris. Pastikan kamu selalu menjaga kerahasian password yang diberikan agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan.

Notifikasi pemberitahuan username dan password biasanya akan dikirimkan melalui email atau sms, tergantung dengan perintah data saat melakukan verifikasi.

4. Upload Berkas

Berikutnya adalah tahap upload berkas dan kelengkapan data karena, qris adalah salah satu platform yang resmi tentunya kamu harus mengunggah beberapa kelengkapan untuk mensukseskan proses pendaftaran akun qris kamu. Data yang kamu upload di qris dimaksudkan agar password yang kamu lupa bisa dipulihkan kembali dan untuk menghindari kejahatan dalam hal transaksi.

5. Validasi

Jika data dan berkas yang kamu upload sudah benar dan juga lengkap, langkah terakhir adalah melakukan pengesahan atau validasi. Setelah validasi kamu langsung bisa mencetak kartu qris yang sudah bisa kamu manfaatkan.

Fakta Tentang QRIS

  1. Proses transaksi di toko/POS/Merchant QRIS tidak akan dipungut biaya alias gratis
  2. tidak memerlukan dana tambahan secara offline saat melakukan transaksi dengan menggunakan qris, baik itu qris BRI, BCA, atau Mandiri
  3. kamu dapat melakukan pembayaran apapun di semua toko yang sudah memiliki logo atau kode QR qris
  4. transaksi menggunakan qris pada umumnya terdapat limit transaksi, contohnya saja jika kamu menggunakan QRIS BCA limit yang bisa kamu capai adalah Rp10.000.000.
  5. Limit harian kode QR qris di  setiap bank menggunakan kartu debit ATM bank masing-masing
  6. Limit harian qris pada umunya menggunakan total limit  kartu debit yang terdaftar di bank masing-masing

Metode Layanan QRIS

QRIS mempunyai berbagai metode pembayaran yang sangat memudahkan keperluan pengelolaan uang penggunanya. Ada 3 metode pembayaran yang ditawarkan qris yaitu:

1. BPM atau Mode Layanan Vendor Statis

  • Untuk melakukan metode pembayaran ini, pertama cukup tunjukan satu tayangan QRIS
  • Selanjutnya kamu bisa scan kode QR qris
  • Ketikkan nominal yang ingin kamu transfer atau bayarkan
  • Masukkan PIN qris kamu
  • Kemudian klik transaksi pembayaran.
  • Setelah itu kamu akan langsung mendapatkan notifikasi tentang status transaksi yang kamu gunakan

2. MPM atau Mode layanan pedagang dinamis

Metode ini bisa dibilang metode yang paling banyak digunakan pelanggan yang memanfaatkan qris sebagai media pembayaran non tunai. Pengaplikasiannya juga sangat mudah dan simple, kamu hanya tinggal menunjukan kode QR yang kemudian akan di scan dan transaksi bisa langsung dilakukan.

3. Mode Layanan Pelanggan (BPS)

Metode ini masih jarang digunakan karena masih menggunakan versi beta dan cenderung rumit dalam pengaplikasiannya. Namun metode ini sangat cocok digunakan untuk transaksi yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi.

Kemungkinan metode ini akan banyak digunakan apabila qris sudah memperbarui sistem yang saat ini masih lambat.

Cara Menggunakan QRIS di Brimo

Berikut Langkah-Langkah Yang Dapat Kamu Ikuti Untuk Scan Kode QR QRIS Di Brimo:

  • Langkah pertama kamu masuk ke aplikasi BRImo atau BRI mobile dengan memasukkan user ID dan password yang kamu miliki
  • Klik ikon qris yang berada tepat ditengah bawah layar hp kamu dan lakukan scan kode QR
  • Pastikan nama merchant kamu sudah sesuai
  • Jika sudah pilih sumber dana dan klik OK
  • Lihat detail pembayaran, jika sudah sesuai klik Bayar dan masukan PIN untuk menyelesaikan proses cara bayar pakai QRIS BRI.
  • Cek status transaksi kamu di BRImo

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Akun BRImo Terblokir Terbaru 2022

Bagaimana tertarik menggunakan qris? Jika iya kamu bisa mengikuti cara di atas untuk mengaktifkan dan menambah wawasan kamu mengenai dunia transaksi digital. Yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan QRIS adalah keamanan data privasi kamu seperti, password atau data privasi lainnya. Pastikan password itu hanya kamu yang tau!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin