Cara bayar ShopeePay di Indomaret dan Alternatif lainnya

Cara bayar ShopeePay di Indomaret

Cara bayar ShopeePay di Indomaret dan Alternatif lainnya – Beberapa e-commerce pun telah cukup banyak bertumbuh di Indonesia, salah satunya adalah Shopee. Situs belanja online tersebut terkenal karena sering memberikan gratis ongkir pada para penggunanya dengan menggunakan ShopeePay. Pengisian ShopeePay juga cukup mudah, pengguna bisa menggunakan beberapa metode, salah satunya adalah lewat Indomaret. berikut adalah cara bayar ShopeePay di Indomaret:

Cara bayar ShopeePay di Indomaret dan Alternatif lainnya

Cara Bayar ShopeePay di Indomaret

Cara bayar ShopeePay di Indomaret

Shopee memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggannya untuk mengisi saldo ShopeePay. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengisi saldo adalah melalui pembayaran Indomaret. Bagi yang masih belum mengetahui cara bayar ShopeePay di Indomaret, berikut adalah cara yang harus dilalui:

1. Login Aplikasi Shopee

Pertama, pengguna harus terlebih dahulu memiliki akun Shopee. Akses menuju ShopeePay ada pada akun Shopee milik pelanggan. Jika tidak memiliki akun Shopee, pengguna tidak bisa menggunakan Shopee pay. Jika sudah login, masuk saja ke menu “saya” yang ada di pojok kanan bawah bergambar orang.

Disana pengguna akan menemukan gambar dompet yang bertuliskan ShopeePay yang bisa ditekan untuk masuk ke menu selanjutnya. ShopeePay memiliki dua jenis akun, pertama adalah ShopeePay terverifikasi dan yang kedua adalah belum terverifikasi. Perbedaan akun ini adalah pada fungsinya, akun terverifikasi memiliki fungsi yang lebih banyak daripada yang belum terverifikasi.

2. Isi Saldo

Dalam menu ShopeePay, pengguna akan dihadapkan pada berbagai pilihan. Mulai dari tampilan isi saldo, pilihan untuk tarik tunai, kirim saldo, dan isi saldo. Karena pada kali ini yang dibahas adalah cara bayar ShopeePay di Indomaret, maka pilih pengisian saldo.

Tekan saja menu isi saldo, kemudian pengguna akan diarahkan pada tampilan lain. Tampilan ini merupakan pilihan bagaimana metode pengisian saldo. Untuk mengisi saldo lewat Indomaret, pilih tulisan bayar lewat Indomaret/ i Saku.

3. Isi Nominal

Setelah memilih metode pembayaran yang hendak dilakukan, selanjutnya adalah pengisian jumlah nominal. Masukkan saja jumlah yang diinginkan, namun dengan batasan jika akun belum terverifikasi adalah paling maksimal sebesar 2 juta rupiah. Untuk pengguna dengan ShopeePay yang sudah terverifikasi, maksimal pengisian saldo adalah sebanyak 10 juta rupiah.

Pengisian saldo yang bisa dilakukan, minimal sebesar 20 ribu rupiah. Dana yang masuk setiap bulannya memiliki batasan atau limit sebanyak 20 juta. Limit ini akan otomatis kembali ke awal setiap tanggal satu pada awal bulan.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran dan mengisi nominal saldo, pengguna akan diberikan suatu rangkaian kode pembayaran, Kode tersebut digunakan untuk membayar saldo yang akan diisikan ke ShopeePay. Jumlah pembayarannya akan sama dengan jumlah yang diinginkan, karena ShopeePay tidak mengenakan tarif pada setiap pengisian ShopeePay.

Pengguna diberikan waktu selama 24 jam untuk menyelesaikan pembayaran di Indomaret. Jika melebihi batas waktu tersebut pengguna dianggap membatalkan pesanannya. Jika pembayaran selesai, pengguna akan menerima struk dan saldo akan masuk secara otomatis.

Apa yang Terjadi Jika Saldo Belum Masuk

Seringkali terjadi pada saat pengisian saldo ShopeePay, uang atau saldonya tidak masuk. Ini membuat para pengguna cukup khawatir kemana perginya uang mereka. Apalagi jika melakukan pengisian saldo dalam jumlah yang banyak. Hal ini sudah diantisipasi oleh Shopee dengan memakai beberapa prosedur.

Contoh, biasanya kasir akan meminta pelanggan untuk menunggu dalam waktu kurang lebih 1×24 jam. Apabila saldo masih belum masuk pada keesokan harinya, pengguna akan diberikan refund sesuai dengan jumlah yang dibayarkan.

Namun jika saldo bukan diisi melalui Indomaret, maka silahkan lapor ke sistem customer service milik Shopee. Saat itu, pengguna akan dimintai beberapa keterangan terkait dengan transaksi tersebut:

  • Tanggal dan waktu transaksi
  • Kode bayar
  • Nomor rekening dari pengguna
  • Nama pemilik rekening
  • Nama bank dari pengirim
  • Alamat email pengguna

Cara bayar ShopeePay di Indomaret, Metode Pembayaran Lain ShopeePay

Jika cara bayar ShopeePay di Indomaret gagal, pengguna bisa menggunakan cara atau metode pembayaran lain yang disediakan Shopee. Untuk saat ini, metode pembayaran ShopeePay tidak begitu banyak, beberapanya dengan menggunakan transaksi internet banking dan melalui gerai minimarket lainnya:

1. BCA One Klik

Cara bayar ShopeePay di Indomaret

Metode pertama ini merupakan metode yang dibuat hasil kerja sama Shopee dengan bank BCA. Ini membuat pengguna BCA bisa menggunakan fitur cepat ini untuk mengisi saldo ShopeePay mereka. Kemudahan ini cukup terasa dibandingkan dengan metode lain seperti Transfer lewat ATM atau pembayaran lewat gerai minimarket.

Pengguna cukup masuk ke aplikasi BCA, kemudian langsung saja cari menu transfer dana ke BCA virtual account. Disana pengguna diminta untuk memasukkan nomor virtual account yang dibuat pada aplikasi Shopee sebelumnya. Masukan isi saldo dan masukkan keyBCA dengan tepat agar transaksi bisa selesai.

2. Transfer Bank

Cara bayar ShopeePay di Indomaret

Untuk pembayaran ShopeePay lewat transfer bank, caranya kurang lebih akan mirip antara satu dengan lainnya. Intinya Shopee akan memberikan kode berupa serangkaian angka yang diisikan pada saat akan melakukan transfer saldo. Angka ini bisa berupa suatu virtual account atau berjenis kode pembayaran lainnya. Pastinya pembayaran ini bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti internet Banking dan ATM.

Uniknya minimal pengisian melalui beberapa Bank, bisa memiliki minimal pengisian hanya sebesar 10 ribu rupiah. Berbeda saat pengguna mengisi lewat Alfamart atau Indomaret yang mengharuskannya mengisi sebanyak 20 ribu rupiah. Cara ini juga akan lebih mudah jika sudah terinstall aplikasi internet banking di smartphone pribadi.

3. Alfamart

Cara lain yang bisa dilakukan untuk pengisian saldo ShopeePay adalah dengan melalui cabang Alfamart terdekat. Selain Indomaret, Alfamart juga menyediakan jasa pengisian saldo ShopeePay. Alfamart juga menerima ShopeePay sebagai sistem pembayaran mereka. Jadi jika pengguna memiliki saldo ShopeePay, saldo tersebut bisa dibelanjakan pada produk-produk yang ada di Alfamart.

Untuk mengisi saldo di Alfamart, caranya sama dengan sistem pengisian ShopeePay lewat Indomaret. Setelah pengisian selesai pengguna bisa mendapatkan struk pengisian saldo yang bisa disimpan jika terjadi sesuatu.

4. Transfer Saldo

ShopeePay juga memiliki sistem transfer saldo seperti yang dimiliki oleh jenis e-wallet lainnya. Namun, kembali lagi fitur ini hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki akun terverifikasi. Jenis akun ini bisa mengirimkan saldo pada akun lainnya, meskipun aku tujuan bukan yang sudah terverifikasi. Uniknya, tidak ada batasan minimal untuk pengiriman saldo ini.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur yang ada dalam menu ShopeePay, Disana akan ada menu transfer atau kirim saldo. Pastikan saldo pengirim mencukupi untuk melakukan transfer. Masukkan nomor tujuan yang akan dikirim ShopeePay. Jika nomor sudah sesuai, pengguna tinggal memasukkan pin keamanan dan saldo siap terkirim dengan aman. cara ini bisa dilakukan bahkan oleh akun penjual yang memiliki saldo ShopeePay.

Demikian cara bayar ShopeePay di Indomaret dan beberapa alternatif penggantinya. Menggunakan e-wallet di jaman sekarang bukanlah hal yang asing bagi kebanyakan orang. Namun, pengguna tetap perlu berhati-hati untuk menjaga keamanan dari e-wallet yang dimiliki. Jangan sampai saldo yang dimiliki hilang begitu saja akibat kelalaian pengguna.

Baca Juga : Cara Transfer Shopeepay ke OVO 2021

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + 7 =