Cara Cek Garansi Oppo dan Realme, Jangan Sampai Ketinggalan!

Cara Cek Garansi Oppo dan Realme

Cara Cek Garansi Oppo dan Realme, Jangan Sampai Ketinggalan! – Oppo menjadi salah satu merk smartphone yang disukai banyak kalangan. Pasalnya developer Oppo telah memberikan produk unggulan, mulai dari fitur kamera yang jernih dan desain menarik. Namun untuk harganya sesuai dengan kantong. Selain itu, juga menyediakan garansi bagi konsumennya. Berikut ini akan dijelaskan cara cek garansi Oppo dan Realme yang ternyata caranya mudah:

Cara Cek Garansi Oppo

Saat pemilik smartphone Oppo baru membeli HP tersebut, namun tiba-tiba mengalami kerusakan sistem. Maka ada solusinya yaitu untuk dibawa ke tempat pembelian. Tentunya hal tersebut untuk diperbaiki, namun pastikan masih dalam tenggang garansi. Jika ingin mengetahui masa garansi maka bisa lakukan hal berikut ini:

1. Masuk Pada Tautan Atau Halaman Oppo

Cara Cek Garansi Oppo dan Realme

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengguna saat hendak mengecek garansi Oppo adalah masuk laman support.oppo.com. Namun sebelumnya, pastikan koneksi internet terhubung dengan baik. Selanjutnya lihat bagian halaman depan akan bertuliskan kolom untuk mengisi nomor IMEI.

2. Mengecek Nomor IMEI

Cara Cek Garansi Oppo dan Realme

Nomor IMEI merupakan nomor resmi yang sifatnya khusus. Pasalnya hanya dimiliki oleh tiap smartphone yang tentunya antar yang lain berbeda-beda. Bagi yang masih bingung dimana bisa menemukan IMEI, jangan khawatir.

Nomor ini bisa diketahui dengan mudah dengan tiga cara untuk pertama mengecek melalui HP. Tekan *#06# pada smartphone. Kemudian akan muncul nomer tersebut. Cara kedua dengan mengecek pada kardus pembelian HP.

Adapun cara lain yang bisa dicoba juga yaitu dengan masuk pada menu pengaturan atau setting. Kemudian bisa lanjut pada tentang telepon atau about phone. Jika sudah dipenuhi langkah-langkah tersebut bisa memilih opsi status. Pada opsi ini ada submenu yang bertuliskan IMEI, dari sini pengguna bisa melihat nomor IMEI smartphone yang digunakan.

3. Mengisi Kode Verifikasi

Setelah mengetahui dan menjelaskan nomor IMEI yang sesuai. Pengguna bisa melanjutkan untuk juga mengisi kode verifikasi. Untuk pengisian verification code ini hendaknya untuk diperhatikan dengan cermat.

Pasalnya besar kecilnya huruf akan berpengaruh pada kode tersebut. Jika merasa sudah benar maka bisa dilanjutkan dengan  klik tulisan “Check Now” pada bagian bawah berwarna hijau. Pada bagian ini akan tertulis waktu garansinya.

4. Cara Cek Garansi Oppo dan Realme, Membaca Status Garansi

Apabila pengecekan masih dalam masa garansi akan tertulis di bagian ini. Namun, jika masanya sudah habis maka akan muncul notifikasi yang berbunyi garansi telah kedaluwarsa. Pastikan menulis nomor dengan tepat pasalnya jika salah maka status garansi tidak akan terbaca.

5. Memahami kerusakan Yang Bisa Ditanggung Dalam Masa Garansi

Tidak semua kerusakan pada HP bisa ditanggung developer. Oleh karena itu jika hendak melakukan komplain walaupun pada masa garansi, harus memahami kerusakan apa yang bisa ditanggung oleh developer. Kerusakan tersebut meliputi kerusakan sistem internal dan penyebabnya bukan karena kelalai pemilik HP misalnya terjatuh, terbakar dan sebagainya.

Cara Cek Garansi HP Realme

Selain memahami cara cek garansi Oppo, tidak ada salahnya pengguna juga memahami cara mengecek untuk HP lainnya. Misalnya dalam pembahasan ini adalah Realme.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam masuk pada laman Realme yaitu realme.com.  Setelah berhasil masuk halamannya akan terdapat kolom yang bertuliskan “Mohon masukkan IMEI ponsel anda”. Untuk itu pengguna wajib mengisi dengan nomor IMEI yang sesuai dan masa garansi bisa terdeteksi.

Demikian itu cara cek garansi Oppo dan Realme yang bisa dipraktikkan. Informasi ini tentunya penting untuk kemudian hari. Pasalnya tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada smartphone maka bisa dipergunakan sebaik-baiknya masa garansi tersebut.

Baca Juga :  HP Xiaomi 5G Terbaik

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen − 14 =