Cara Cek Garansi Samsung

Rate this post

Samsung merupakan salah satu merk smartphone yang cukup terkenal akan kualitasnya, baik dari segi ketahanan, fitur, dan kualitas hardwarenya. Ada banyak kelebihan dari smartphone Samsung, salah satunya adalah memiliki layanan purna jual yang baik, yaitu garansi selama 1 tahun dan didukung dengan service center yang mudah ditemukan di seluruh tanah air. Sayangnya, tidak semua HP Samsung memiliki garansi resmi yang terdaftar di SEIN atau garansi resmi Samsung Indonesia. Salah satu penyebab HP Samsung banyak yang tidak memiliki garansi adalah berasal dari pasar gelap atau black market. Karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara cek garansi Samsung apabila hendak membeli smartphone merk Samsung.

Tentang Samsung

Samsung merupakan salah satu merk smartphone yang memiliki market share sebesar 31.29%. Merk ini berasal dari Korea Selatan dan rutin mengeluarkan produk smartphone berkualitas, mulai dari bagian low end, mid end, high end, bahkan memiliki HP flagship yang diminati banyak orang. Berdasarkan Statshow GlobalShow, Samsung dinobatkan sebagai peringkat satu brand smartphone terbaik. Tidak hanya mengandalkan kualitas, tetapi brand ini mampu mengantarkan produk mereka bersaing dengan merk-merk smartphone ternama lain seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, Asus, bahkan Iphone. Berikut ini adalah kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung;

  • Memiliki IOS berbasis Android dengan kualitas software yang rapi dan bagus.
  • Beberapa produk mereka menghasilkan varian dengan inovasi baru atau lebih baik daripada merk lain.
  • Khusus untuk smartphone kelas Mid-Range keluaran Samsung, mereka dapat bersaing dan mempertahankan kualitasnya di pasar mid-range smartphone.
  • Ekosistem pendukung smartphone terbilang lebih maju dan banyak dibandingkan brand smartphone lain.
  • Memiliki konsistensi untuk menjaga kualitas produk secara hardware dan software di semua pasar, baik low-end, entry-level, mid-range, high-end.
  • Memiliki fitur unggulan yang banyak, seperti ONE UI pengganti dari Samsung Experience yang membuat pengguna dapat dengan nyaman mengoperasikan smartphone hanya dengan 1 tangan.
  • Lini produk yang tertata rapi sehingga memudahkan konsumen untuk memilih produk Samsung sesuai kebutuhan. Kode tersebut terdiri atas angka dan huruf seperti seri M dan A berada di entry-level sampai dengan mid-level, dan seri S untuk produk high-end.

Tetapi meskipun Samsung sangat bagus dalam memperkenalkan produknya, ada beberapa kekurangan smartphone Samsung yang perlu diperhatikan seperti;

  • Sistem operasi yang digunakan dengan berbasis Android masih kalah dibanding IOS milik Apple yang konsisten, stabil, dan optimal meskipun dari segi harga, kedua merk cukup berbeda.
  • Body material yang digunakan oleh perusahaan Samsung kebanyakan masih dibuat menggunakan plastik.
  • Harga yang dipatok pada pasar smartphone low-end dan mid-end masih terbilang tinggi dibanding kompetitor.

Apa Itu Garansi?

Garansi merupakan jaminan yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada para pelanggannya. Bisa juga dikeluarkan oleh toko atau pihak ketiga, tetapi tidak sebaik garansi yang diberikan langsung oleh perusahaan pembuat. Tujuan dari garansi adalah meyakinkan kepada customer agar percaya kepada kualitas barang yang akan dibeli. Secara luas, garansi adalah hak milik pelanggan kepada pihak perusahaan atau toko untuk membantu dalam menyelesaikan kendala apapun terkait dengan produk sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

Ketentuan dan Persyaratan Garansi Samsung

  • Garansi Samsung Indonesia hanya melayani dan menyediakan garansi untuk smartphone yang diproduksi dan dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia yang ada di seluruh wilayah Republik Indonesia. Jadi, apabila Anda membeli smartphone Samsung di luar negeri, maka Garansi Samsung Indonesia tidak akan mendapatkan garansi dan dilayani.
  • Pada umumnya, garansi yang dikeluarkan berdurasi 12 bulan (1 tahun). Apabila lebih dari 1 tahun, garansi akan hangus dan pembeli wajib mengeluarkan dana perbaikan sesuai dengan kerusakan produk yang dialami.
  • Apabila dalam masa garansi yang diberikan dan produk Samsung mengalami kerusakaan, maka konsumen tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun untuk keperluan penggantian spare-part atau biaya perbaikan lainnya.
  • Membawa kartu garansi yang masih berlaku untuk mendapatkan pelayanan perbaikan dan pergantian spare-part secara gratis di Service Center resmi milik Samsung di semua wilayah Indonesia.

Kenapa Garansi Samsung Tidak Berlaku?

Tidak sedikit pengguna yang mengklaim garansi tetap ditolak dengan alasan garansi tersebut sudah tidak berlaku lagi. Sebenarnya, hal ini adalah wajar karena pihak yang mengeluarkan garansi memiliki persyaratan dan ketentuan khusus yang apabila disepelekan, maka garansi bisa saja hangus. Berikut ini adalah alasan umum kenapa garansi Samsung tidak berlaku;

  • Kartu garansi yang tidak terisi formnya dengan lengkap dapat mengakibatkan garansi invalid atau tak berlaku. Isinya meliputi nomor seri, IMEI, model, dan lain sebagainya.
  • Terjadinya human error atau kerusakaan diluar ketentuan garansi Samsung. Humen error berarti kerusakaan yang diakibatkan oleh pengguna smartphone tanpa melibatkan perusahaan pembuat smartphone seperti HP terjatuh, terken air, terbentur, arus listrik tinggi, berkarat, terkena noda, tergores, berjamur, dan kerusakaan lain yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna. Contoh garansi aktif tanpa human error adalah kerusakan hardware secara tiba-tiba tanpa disentuh atau cacat pabrik.
  • Garansi akan secara otomatis hangus apabila smartphone telah dibuka sebelumnya (segel rusak) dan tidak dilakukan oleh teknisi dari Samsung itu sendiri.
  • Spare-part dalam smartphone harus original dan masih disegel. Jika Anda pernah membukanya kemudian mengganti spare-part dengan spare-part tidak original, maka garansi tidak akan berlaku.
  • Melakukan modifikasi dari segi software seperti root, UBL, dan menginstall rom selain OS bawaan dan modifikasi hardware seperti mengganti module camera atau hal kecil seperti membuat goresan seni di body smartphone.

Cara Cek Garansi Samsung Dengan IMEI

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berarti IMEI adalah tanda identitas suatu produk. IMEI setiap smartphone berbeda-beda dan dapat digunakan untuk banyal hal yang berkaitan dengan identitas smartphone, termasuk mengecek masa garansinya. Selain garansi, IMEI juga dapat digunakan untuk mengetahui informasi penting lain seperti serial number, model, tanggal pembuatan, dan lain sebagainya. Cara yang paling mudah untuk mengecek garansi Samsung adalah melalui IMEI. Caranya sebagai berikut;

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu nomor IMEI pada smartphone Anda. Untuk produk smartphone Samsung, Anda dapat mengetahui nomor IMEI pada box atau kotak pembelian smartphone. Anda juga bisa mengeceknya di menu about phone yang dapat ditemukan di menu settings. Cara yang lebih mudah adalah dengan dial kode yaitu *#06# pada menu panggilan dan IMEI smartphone akan muncul secara langsung.
  • Setelah IMEI berhasil didapatkan, Anda tinggal memasukkan nomor IMEI tersebut disitus pembaca IMEI yaitu imei.info atau bisa ke situs milik Samsung khusus mengecek warranty yaitu samsungwarrantycheck.com.
  • Pada kolom pencarian situs-situs tersebut, masukkan nomor IMEI Anda kemudian tunggu diproses maka informasi terkait smartphone Samsung Anda akan muncul, termasuk di dalamnya informasi tentang masa garansi.

Cara Mengecek Garansi Samsung Dengan Live Chat

Cara di atas bisa Anda coba pada smartphone Samsung baru maupun bekas untuk mengecek masa garansi. Cara di atas merupakan cara cek garansi Samsung yang mudah, tetapi ada beberapa cara alternatif lain yang bisa dicoba. Seperti menghubungi supports Samsung secara langsung dengan menggunakan fitur Live Chat dan menanyakan secara langsung masa garansi smartphone. Untuk mengakses fitur live chat ini, Anda bisa menuju ke situs resminya di samsung.com/id/support/warranty.

Cara Cek Garansi Samsung di Service Center

Service center merupakan penyedia atau pelayanan jasa yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terkait dengan keluhan atau kebutuhan pengguna produk seperti bantuan informasi, retail atau eceran, upgrade service, dan layanan perbaikan. Karena juga melayani tentang pelayanan informasi, maka Anda bisa menanyakan masa garansi kepada service center milik Samsung yang tersebar di seluruh Indonesia. Caranya mudah, cukup bawa smartphone Anda ke service center Samsung terdekat dan minta pada petugas untuk memberitahukan nomor IMEI.

Cara Cek Garansi Samsung Melalui E-mail

E-mail atau surel merupakan surat elektronik yang sama seperti fitur SMS di smartphone. Bedanya, e-mail menggunakan jaringan internet untuk saling mengirim pesan. E-mail kini digunakan oleh banyak orang dan umum digunakan sebagai salah satu bentuk komunikasi resmi antara perusahaan tertentu dengan costumernya. Untuk mengakses e-mail untuk mengecek garansi Samsung, Anda dapat menuju ke situs contactus.samsung.com untuk mengirim keluhan atau menanyakan sesuatu terkait dengan produk Samsung. Di sana, Anda akan melihat beberapa form yang harus diisi, seperti nama, alamat, nomor telepon, subjek, dan isi e-mail. Setelah itu, lewati captcha dan kirim.

Cara Mengetahui Garansi Samsung Melalui Telepon

Salah satu metode yang paling mudah saat ingin mengetahui IMEI dari smartphone Samsung karena dapat melalui telepon. Cukup hubungi nomor telepon 0800-112-7777 dan tanyakan tentang nomor IMEI Anda.

Kesimpulan

Meskipun Samsung hanya memberikan garansi 1 tahun saja, semoga smartphone yang telah dibeli dapat bertahan lebih dari itu dan tidak terjadi kerusakan karena meskipun garansi itu menguntungkan, tetapi cukup bisa membuat pengguna kerepotan mengurusnya.

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin