Cara Cek STNK Online Pada Smartphone Masing-masing

Cara Cek STNK Online

Cara Cek STNK Online Pada Smartphone Masing-masing – Semakin berkembangnya teknologi, meningkat pula kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas. Salah satu yang paling sering dicari adalah cara cek STNK online. Sekarang, untuk melihat data kendaraan dan waktu pembayaran pajak bisa dilakukan hanya dengan ponsel di genggaman. Tidak perlu lagi datang ke kantor.

Badan pelayanan yang bertugas merilis STNK di Indonesia bernama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Untuk mengikuti kemajuan teknologi, SAMSAT turut memberikan kemudahan kepada pemilik kendaraan untuk melihat spesifikasi, waktu jatuh temponya pembayaran pajak, jumlah denda yang harus dibayar, dan lainnya. Bagaimana langkahnya? Simaklah cara per daerah berikut:

Cara Cek STNK Online Pada Smartphone Masing-masing

1. Cara Memeriksa STNK untuk Wilayah DKI Jakarta

Cara Cek STNK Online

Pengecekan PKB dapat dilakukan secara online dengan dua cara oleh para pemilik kendaraan, yaitu via online dan SMS. Pertama kali yang harus dituju adalah browser di ponsel dan mengetikkan alamat http://samsat-pub2.jakarta.go.id/. Yang mana itu merupakan situs resmi dari Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Setelah masuk pada laman tersebut, pengguna hanya perlu menuliskan plat nomor kendaraan di tempat yang telah disediakan. Klik tombol Cari dan tunggulah semua data disajikan. Jika terdapat masalah, cobalah untuk mengirim pesan ke 1717 menggunakan format METRO(spasi)no.polisi. Nantinya akan dikenai biaya sebesar 1000.

2. Cara Memeriksa STNK untuk Provinsi Jawa Timur

Cara Cek STNK Online

Sekarang, Jawa Timur menyediakan cara khusus mengecek STNK secara online. Tujulah situs dari Badan Pengelola Pendapatan Daerah Jatim dan pada kanan layar klik Quick Info. Untuk melihatnya, pilihlah Info Pajak Kendaraan, lalu ketikkan nomor polisi. Sebelum menekan tombol Cari, jangan lupa untuk mencentang captcha. Lebih cepatnya, langsung saja ketik www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

Selain melakukan pengecekan tersebut, pengguna juga dapat mendeteksi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap dengan memanfaatkan fitur Samsat Terdekat. Kemudahan-kemudahan itu juga bisa dilakukan dengan mengirim SMS berformat JATIM(spasi)nomor kendaraan ke 7070.

3. Cara Memeriksa STNK untuk Daerah Jawa Barat

Cara cek STNK online bagi warga yang memiliki kendaraan berplat B serta berdomisili di Depok dan Bekasi adalah dengan mengunjungi situs tertentu. Meskipun masuk dalam wilayah Jabodetabek, kedua daerah ini masih berada di lingkup Polda Jabar. Sehingga harus mengakses https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar melalui browser yang tersedia di smartphone android.

Jika sudah berada di situs resmi SAMSAT daerah Jawa Barat tersebut, pengguna hanya perlu mengikuti semua panduan yang disediakan agar bisa mengetahui detail kendaraan. Namun terkadang ada masalah atau kesulitan jaringan internet. Bila mengalami hal itu, cobalah SMS ke 08112119211 dengan isi pesan berupa info(spasi)no.plat(spasi)warna kendaraan.

4. Cara Cek STNK Online, Cara Memeriksa STNK untuk Jawa Tengah

Selanjutnya ini dikhususkan kepada warga yang berada di daerah Jawa Tengah. Cek semua info STNK melalui laman resmi dari Badan Pengelola Pendapatan Daerah. Jika sudah berada di situs tersebut, pilih menu Info Cepat. Setelahnya klik pada bagian Info Pajak Kendaraan. Masukkan nomor plat di kolom yang telah disediakan, lalu tekan Submit.

Langkah-langkah tersebut dapat diakses dengan cepat melalui alamat http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Data yang disajikan merupakan biaya normal, bukan termasuk denda karena telat membayar atau pajak progresif. Jika mengalami kesulitan, cobalah mengirim JATENG(spasi)nomor plat ke 9600.

5. Cara Memeriksa STNK untuk Banten

Tidak jauh berbeda dengan lainnya, warga Banten pun dapat melakukan pengecekan STNK secara online dan melihat jatuh tempo dari pembayaran pajak. Pada website Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Provisni Banten, pilihlah menu Info PKB. Tulis nomor plat di kolom pencarian, lalu klik tombol Cari.

Demikian cara cek STNK online yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan mengakses situs tertentu sesuai daerah masing-masing. Karena kemudahan itulah, tidak perlu lagi mendatangi kantor SAMSAT dan dapat memanfaatkan ponsel di genggaman.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Menghilangkan Goresan di Layar HP yang Paling Mudah

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 2 =