Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja dan Apa yang Perlu Dilakukan Setelahnya

Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja

Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja dan Apa yang Perlu Dilakukan Setelahnya – Bagi pemegang kartu Prakerja, identitas merupakan prasyarat wajib yang harus dapat dipertanggungjawabkan. Nomor hp adalah salah satu yang terpenting karena akan tersambung dengan akun pra kerja serta e-wallet yang digunakan untuk pembayaran. Banyak yang menanyakan tentang cara ganti nomor hp kartu prakerja karena satu dan lain hal. Contohnya ingin ganti ponsel atau memang nomornya sudah tidak aktif. Sebelum mengganti informasinya, simak langkah berikut agar bisa melakukannya dengan benar:

Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja dan Apa yang Perlu Dilakukan Setelahnya

1. Memutus Sambungan Rekening

Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja

Pastikan bahwa nomor telepon sebelumnya sudah tidak terhubung dengan akun Prakerja sebelum memasukkan nomor baru. Apabila nomornya masih tersambung, pengguna tidak dapat menggunakan nomor barunya untuk melakukan transaksi. Caranya mudah, cukup login pada halaman “Dashboard Pra kerja” di situs resmi Kartu Pra kerja.

Lanjutkan menuju “Rekening” kemudian ketuk “Atur”. Di sini akan muncul beberapa menu, pilihlah “Putuskan Rekening”. Jadi, nantinya nomor yang lama tidak akan terhubung lagi.

2. Login Akun

Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja

Masuk menuju ke akun Prakerja. Di halaman utama, langsung menuju “Profil” dimana terdapat banyak informasi seputar data pemilik akun. Terdapat nama, NIK, alamat surel, dan sebagainya. Scroll sampai menemukan bagian “Nomor Telepon”. Pada bagian ini masih tertera nomor telepon lama, namun sudah tidak terhubung karena telah melalui “Putuskan Rekening” di langkah sebelumnya.

3. Mengubah Nomor Hp

Ketuk “Ubah” untuk melakukan perubahan nomor hp. Hapus nomor yang sebelumnya, lalu ganti dengan memasukkan yang baru. Pastikan bahwa nomor yang diketikkan sudah benar. Cara ganti nomor hp kartu prakerja berikutnya tekan “Lanjut” untuk menuju langkah berikutnya.

Nomor sudah tersimpan, namun sebelumnya perlu melakukan konfirmasi. Biasanya Pra kerja akan segera mengirimkan kode yang digunakan untuk melakukan verifikasi dengan pemilik nomor hp. Kode OTP ini dikirimkan via SMS.

4. Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja, Melakukan Verifikasi

Periksa menu SMS untuk membuka kode OTP yang telah dikirimkan oleh Prakerja. Pada SMS ini terdapat instruksi mengenai cara memasukkan kodenya. Berikutnya masuk lagi ke halaman akun Prakerja, kemudian ketikkan kode yang sudah didapatkan kemudian ketuk “Verifikasi”. Nomor tersebut kini sudah terdaftar secara resmi sebagai bagian dari identitas pemilik akun. Apabila belum berhasil, pengguna bisa mengulangi langkahnya dengan minta kirim ulang kode OTP.

5. Memastikan Identitas

Periksa ulang seluruh identitas yang ada di akun pribadi apakah sudah benar sesuai yang didaftarkan. Selanjutnya perhatikan akun e-wallet yang digunakan, karena akunnya juga harus terhubung dengan nomor yang baru sehingga bisa dipakai bertransaksi. Pastikan juga e-wallet tersebut sudah pada versi terbaru (ada verifikasi melalui foto bersama KTP).

6. Cara Ganti Nomor Hp Kartu Prakerja, Mengubah Data Pribadi

Login ulang menuju akun Prakerja kemudian buka “Dashboard”. Ketuk “Rekening” kemudian lanjutkan dengan “Sambungkan Rekening”. Langkah selanjutnya adalah memilih layanan e-wallet yang digunakan saat ini. Masukkan nomor rekening secara akurat, lalu ketik nomor hp baru yang tadi sudah diganti dan dipakai dalam akun e-wallet.

Berikutnya tekan “Konfirmasi” dan tunggu sebentar sampai ada kode OTP dikirimkan dari SMS. Pakai kodenya untuk masuk pada akun. Selesai, sekarang akun Prakerja sudah terhubung dengan nomor baru serta e-walletnya.

Itulah informasi mengenai cara ganti nomor handphone kartu prakerja secara mudah. Mengganti nomor memang terdengar hal biasa, namun akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu prosedur yang benar sehingga tidak ada kesulitan di kemudian hari. Kartu Prakerja bisa berfungsi dengan semestinya melalui identitas yang tepat dan rutin melakukan pembaruan sandi sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh sembarang orang.

Baca Juga :

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 4 =