Cara Hapus Akun Telegram

cara hapus akun telegram

Cara hapus akun telegram – Saat ini, aplikasi chatting memang sedang naik daun dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan berkomunikasi. Salah satu aplikasi chatting yang saat ini cukup ramai diperbincangkan dan digunakan adalah Telegram.

Telegram sendiri merupakan salah satu aplikasi pesan singkat atau chatting yang cukup popular selain aplikasi chatting milik WhatsApp. Bukan aplikasi chatting yang popular namanya jika tidak memiliki keunggulan tersendiri.

Sama halnya dengan Telegram yang juga memiliki keunggulan berupa, lebih mengedepankan fitur privasi seperti halnya pesan yang bisa terhapus dengan sendirinya.

Selain keunggulan tersebut, telegram juga memiliki keunggulan lainnya, yakni para penggunanya bisa melakukan penghapusan terhadap akun milik pribadi secara manual.

Hal ini dilakukan jika sudah ingin berhenti untuk tidak menggunakan aplikasi Telegram lagi, atau untuk mencegah adanya penyalahgunaan pada akun tersebut oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di lain waktu.

Nah, sebelum Anda telah yakin untuk menghapus akun Telegram Anda tersebut, maka pastikan terlebih dahulu bahwa semua data penting yang ada di dalam akun Telegram tersebut sudah Anda cadangkan sebelumnya.

Apabila akun Telegram Anda tersebut sudah resmi dihapus, maka seluruh data yang ada dan sudah tersimpan dalam akun Telegram tersebut sudah tidak bisa Anda akses lagi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara hapus akun telegram yang benar, terlebih bagi Anda yang belum memahaminya.

Cara Hapus Akun Telegram yang Mudah dan Terbukti Ampuh

cara hapus akun telegram permanen

1.     Cara Menghapus Akun Telegram Tanpa Kode Verifikasi

Cara untuk menonaktifkan akun Telegram Anda secara otomatis bisa dilakukan dengan mencoba menggunakan aplikasi Telegram ini secara langsung. Anda bisa menggunakan menu pengaturan yang ada pada aplikasi Telegram tersebut.

Dalam menu pengaturan tersebut Anda pun bisa memaksimalkan pengaturan privasi dan keamanan.

Caranya adalah dengan memiliih jangka waktu pada fitur privasi dan keamanan. Dengan fitur tersebut tentunya akun Telegram Anda pun akan terhapus secara otomatis dengan Anda tidak login lagi menggunakan nomor yang sudah terdaftar tersebut.

Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa Anda mulai dengan membuka aplikasi Telegram terlebih dahulu pada smartphone Anda.

Langkah selanjutnya bisa Anda klik pada garis tiga vertical yang ada pada menu interface di bagian pojok kiri atas tampilan Telegram.

Kemudian, silahkan Anda pilih dan klik menu setting. Tujuannya adalah untuk membuka tampilan pengaturan pada aplikasi Telegram tersebut.

Pilih privacy and security atau privasi dan keamanan yang ada pada menu setting pada ponsel Anda.

Setelahnya Anda bisa pilih tap delete my account dan pilihlah jangka waktu yang Anda inginkan sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Pada menu tap delete my account ini terdapat empat pilihan jangka waktu penghapusan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, yakni untuk jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun lamanya.

Terakhir, silahkan Anda logout akun Telegram Anda tersebut dari perangkat ponsel. Lalu, jangan pernah melakukan proses login kembali dalam jangka waktu yang sudah Anda pilih sebelumnya pada menu delete my account.

Secara otomatis, akun Telegram Anda sudah dinyatakan terhapus dan tidak bisa digunakan lagi.

2.     Cara Manual dan Permanen

Cara untuk menghapus akun Telegram selanjutnya bisa Anda lakukan secara manual menggunakan link dan kode verifikasi. Biasanya link atau kode verifikasi akan dikirimkan melalui nomor ponsel yang Anda gunakan untuk login ke  akun Telegram Anda tersebut.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan bisa dimulai dengan membuka browser pada ponsel atau perangkat desktop yang Anda miliki.

Selanjutnya, silahkan Anda kunjungi link dari delete account or manage apps resmi dari aplikasi Telegram resmi.

Setelah Anda masuk ke beranda dari link tersebut, maka Anda bisa memasukkan nomor ponsel yang sebelumnya sudah Anda gunakan untuk proses login ke akun Telegram Anda tersebut. Kemudian, silahkan Anda klik next.

Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor handphone Anda dan klik sign in.

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonfirmasi upaya penghapusan dengan klik pilihan yes, delete my account yang ada pada bagian bawah layar.

Dengan begitu, akun Telegram pun akan terhapus secara permanen dan tidak bisa diaktifkan ulang.

3.     Menggunakan Aplikasi dan Fitur Channel

hapus aplikasi telegram

Cara untuk menghapus akun Telegram selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi.

Cara ini sama halnya dengan menghapus akun telegram secara manual yang sudah dijelaskan sebelumnya melalui sebuah link resmi dari website Telegram.

Namun, lain halnya dengan cara untuk menghapus akun Telegram menggunakan fiur Channel ini. Dimana Anda akan memasukkan pencarian Channel link deak pada kolom search yang ada pada aplikasi Telegram tersebut.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Telegram telebih dahulu melalui perangkat desktop atau ponsel yang Anda miliki.

Setelah itu, ketikkan link deak pada kolom pencariannya. Klik search pada aplikasi ponsel Anda atau silahkan enter saja pada Telegram desktop yang Anda miliki.

Selanjutnya, silahkan Anda pilih channel link deak yang berada pada posisi paling atas dalam hasil pencarian tersebut. Buka channel link deak tersebut dan open link yang ada di dalam channel tersebut.

Setelah Anda berhasil masuk ke halaman link yang sudah disebutkan sebelumnya, maka Anda pun akan diarahkan oleh link deak tersebut.

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel, seperti halnya yang sudah dibahas sebelumnya.

Isikan nomor ponsel Anda pada kolom your phone number yang selama ini Anda gunakan untuk melakukan proses login ke akun Telegram Anda. Selanjutnya, silahkan Anda klik next.

Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke nomor ponsel yang sebelumnya sudah Anda masukkan untuk proses penghapusan akun Telegram Anda tersebut.

Kemudian, klik sign in dan silahkan Anda klik ikon bertuliskan yes, delete my account untuk mengkonfirmasi upaya penghapusan akun Telegram tersebut. Dengan begitu, maka akun Anda pun resmi terhapus.

4.     Cara Hapus Akun Telegram yang di Hack

Jika Anda memiliki akun Telegram dan telah di hack atau dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih ketika Anda sudah terlanjur meng-uninstall aplikasi tersebut di ponsel Anda, namun belum sempat Anda menghapus akunnya, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, silahkan Anda buka browser melalui perangkat desktop maupun ponsel Anda. Kemudian silahkan ketikkan link yang sudah disebutkan sebelumnya pada kolom pencarian Google yakni link Telegram dari website resminya.

Setelah itu, silahkan Anda ikuti saja langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya terkait dengan metode penghapusan akun Telegram menggunakan link tersebut.

Demikianlah beberapa cara hapus akun telegram yang bisa Anda coba. Namun perlu Anda ingat bahwa ketika akun Telegram Anda sudah dihapus, makanan semua data yang ada di dalamnya akan otomatis ikut terhapus.

Tapi jangan khawatir, karena nomor ponsel yang sudah Anda gunakan sebelumnya itu masih bisa didaftarkan kembali dalam pembuatan akun Telegram yang baru.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *