Ketahuilah 5 Cara Menghemat Paket Data untuk Semua Kartu

Cara Menghemat Paket Data

Ketahuilah 5 Cara Menghemat Paket Data untuk Semua Kartu – Pernahkah merasa kesal karena kuota internet habis di saat yang penting? Ketahuilah 5 cara menghemat paket data di bawah ini agar pemakaiannya tidak melebih batas sewajarnya. Sehingga dapat lebih hemat dan tetap bisa mengakses website untuk mendapatkan informasi terkini. Berikut beberapa cara yang akan dijelaskan, antara lain:

Ketahuilah 5 Cara Menghemat Paket Data untuk Semua Kartu

1. Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Bagi yang sering membiarkan paket data tetap menyala padahal sedang tidak digunakan, sebaiknya segera akhiri kebiasaan tersebut. Hal ini karena ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone dan menyedot kuota tanpa disadari. Oleh karena itu, agar tetap bisa mengakses internet sesuai masa berlakunya, matikan saja ketika tidak dipakai.

2. Batasi Streaming Video

Kebiasaan streaming video yang kedua ini sangat sering membuat paket data cepat habis. Hal ini karena untuk mengakses video, seperti streaming di YouTube atau platform tertentu membutuhkan kuota internet yang cukup besar. Sebaiknya, terlebih dahulu unduh video tersebut menggunakan jaringan WiFi lalu tonton secara offline sehingga bisa lebih menghemat.

3. Menghemat Penggunaan Paket Data di Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang sering digunakan, apalagi bagi orang yang berbisnis. Namun tahukah bahwa software tersebut menggunakan banyak kuota internet? Karena bukan hanya fitur chat dalam bentuk teks, di sini juga bisa mengirim media berupa foto dan video. Oleh karena itu, atur penggunaannya agar lebih hemat.

Dalam menu Setelan, sebaiknya buat pengaturan agar foto dan video tersebut tidak terunduh secara otomatis. Sehingga pengguna bisa memilih untuk download yang penting saja. Selain itu, di aplikasi WhatsApp juga terdapat fitur pencadangan pesan ke Google Drive. Untuk hal ini, sebaiknya lakukan ketika ada jaringan WiFi sehingga dapat menghemat kuota internet.

Ada satu hal lagi yang perlu dilakukan, yaitu melakukan pengaturan penggunaan data di Setelan. Pada menu Penyimpanan dan Data, geser slider ke arah kanan. Ini dilakukan untuk menghemat kuota dengan cara mengurangi pemakaian paket data ketika melakukan panggilan telepon. Dengan begitu, pengguna bisa lebih hemat.

4. Hindari Update Aplikasi Secara Otomatis

Cara Menghemat Paket Data

Cara menghemat paket data selanjutnya yaitu mengubah pengaturan yang ada di Google Play Store. Setiap software pasti melakukan upgrade fitur-fitur yang ada di dalamnya. Untuk menikmatinya, pengguna harus mengupdate aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat kuota internet cepat habis.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan dapat dimulai dari membuka Google Play Store, lalu pergi ke menu Setelan dan pilih Preferensi Jaringan. Pada menu Update Otomatis Aplikasi, pilihlah ‘hanya melalui jaringan WiFi’ atau bisa juga memilih ‘Jangan Update Otomatis Aplikasi’. Kemudian, jangan memilih ‘Update Melalui Jaringan Apapun’ agar bisa hemat paket data.

5. Batasi Penggunaan Data

Cara Menghemat Paket Data

Cara berikutnya yang patut dicoba adalah membatasi ruang gerak aplikasi yang menjadi background smartphone. Jadi aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan meskipun berada di belakang layar, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, bahkan beberapa game. Oleh karena itu, aturlah penggunaan data dari software tersebut agar bisa hemat.

Untuk mengaturnya, pergilah ke Setelan ponsel, lalu cari menu Data Usage. Setelah ditampilkan beberapa aplikasi, pilihlah mana saja yang akan dibatasi penggunaannya. Klik software tersebut, lalu tekan pada tombol Restrict app background data. Perlu diingat jika diatur seperti itu, maka notifikasi yang masuk akan dibatasi dan tidak sebanyak biasanya.

Demikian penjelasan mengenai cara menghemat paket data untuk semua kartu. Setelah mengetahui semua tipsnya, sekarang pengguna bisa mengira-ngira mana sajakah yang diperlukan atau tidak. Sehingga pemakaian kuota internet tidak melebihi limit dan dapat digunakan sesuai masa berlakunya.

Baca Juga : 5 Cara Cek Tagihan Kartu Halo Paling Mudah

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 − two =