Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan, Simak Ulasannya!

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan, Simak Ulasannya! – Apakah Anda pernah mengalami laptop yang secara tiba-tiba berwarna hitam pada layarnya? Hal ini biasa terjadi terutama jika laptop sudah lama digunakan. Gangguan tersebut harus  Anda ketahui dengan cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan.

Karena jika tidak segera ditangani, ditakutkan laptop akan semakin parah. Anda dapat memperbaikinya dengan membawa laptop ke tempat servis maupun mencari sendiri di google. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Layar Laptop Secara Acak Menjadi Hitam

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Bagi sebagian besar pengguna, komputer yang mendapati layar hitam adalah masalah umum. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa layar hitam tidak selalu terjadi. Ada yang sudah tahu cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan, ada pula yang belum.

Namun, ketika itu terjadi, layar laptop menjadi hitam sesaat, kemudian lima detik kemudian, itu terjadi lagi. Bahkan bisa berulang beberapa kali. Rasanya cukup membingungkan sekaligus mengesalkan, bukan? Terutama jika Anda sedang dalam masa sibuk dengan laptop.

Mungkin Anda mengalami layar hitam PC acak yang dapat sangat mengganggu Anda. Terutama jika Anda belum tahu cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan. Karena tidak ada kode kesalahan atau pesan yang memberi Anda ide di mana harus memulai pemecahan masalah.

Layar hitam yang tidak terduga dapat terjadi pada laptop Asus, Lenovo, HP, atau Dell dalam sejumlah skenario di Windows 10, yang mungkin berasal dari masalah perangkat keras dan kesalahan logika.

Misalnya, masalah koneksi dengan layar, catu daya, hard disk, memori internal, kartu grafis, serangan virus, operasi yang salah, ketidakcocokan perangkat lunak dan banyak lagi. Untuk itu, mengetahui cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan menjadi penting!

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Black Screen Saat Dinyalakan?

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Pada pembahasan kali ini, Admin akan menunjukkan banyak langkah untuk membantu Anda memecahkan masalah dan memperbaiki masalah layar hitam pada perangkat Anda. Nah, pada kesempatan kali ini, Admin akan membahasnya pada perangkat Windows 10 Anda.

Hal penting perihal cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan adalah cadangkan file Anda.  Hal ini sangat penting Anda lakukan sebelum memulai prosesi mengatasi layar hitam tersebut. Karena jika tidak dikhawatirkan semua file Anda dapat hilang.

Metode apa pun yang Anda gunakan untuk memperbaiki masalah layar menjadi hitam secara acak, untuk memastikan keamanan data Anda, Admin sangat menyarankan untuk mencadangkan file penting Anda terlebih dahulu.

Karena cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan dapat berpotensi membuat Anda kehilangan data dapat terjadi kapan saja dan di mana saja jika terjadi layar hitam acak. Tentu, Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Jika layar laptop terus menjadi hitam, Anda mungkin tidak dapat masuk ke desktop komputer. Kemudian, Anda mungkin bertanya: bagaimana saya bisa mencadangkan file saya jika laptop tidak dapat di-boot?

Sebenarnya mudah saja asalkan Anda menggunakan software backup Windows profesional  untuk Windows 10/8/7. Cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan di sini, kami menyarankan menggunakan MiniTool ShadowMaker Bootable Edition.

Anda dapat menggunakannya untuk membuat cadangan file saat layar menjadi hitam secara acak. Pertama, Anda perlu menggunakan Edisi Percobaan dari perangkat lunak ini dan membuat disk yang dapat di-boot atau USB flash drive dengan menggunakan Media Builder untuk membuat cadangan file di WinPE.

Cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan ini perlu Anda perhatikan bahwa Edisi Uji Coba hanya menawarkan uji coba gratis selama 30 hari. Untuk menggunakan perangkat lunak setiap saat, Anda dapat meningkatkan ke edisi lengkap seperti Edisi Pro.

Setelah disk atau drive yang dapat di-boot dibuat, buka BIOS untuk mengubahnya sebagai urutan boot pertama untuk menjalankan PC Anda darinya dan kemudian mulai pencadangan. Anda dapat mengikuti panduan singkat langkah-langkah berikut ini!

  1. Di antarmuka MiniTool PE Loder, Anda dapat mengklik opsi pertama Program Minitool untuk meluncurkan MiniTool ShadowMaker.
  2. Kemudian, perangkat lunak cadangan untuk Windows 10/8/7 ini akan berjalan. Cukup buka halaman Cadangan di mana Anda dapat melihat semua partisi terkait sistem yang dipilih di bagian Sumber. Di sini, tujuan Anda adalah untuk membuat cadangan file sebelum memperbaiki layar hitam laptop acak, jadi Anda harus secara manual memilih apa yang Anda butuhkan untuk membuat cadangan. Cukup buka modul Sumber untuk masuk ke antarmuka berikut, klik Folder dan File dan pilih file penting yang ingin Anda cadangkan di jendela pop-up.
  3. Selanjutnya pergi ke modul Tujuan di mana beberapa opsi ditawarkan untuk Anda pilih. Cukup pilih satu untuk menyimpan gambar file yang dicadangkan. Di sini, disarankan untuk memilih hard drive eksternal atau drive USB.
  4. Setelah menyelesaikan pemilihan sumber dan tujuan, klik tombol Cadangkan Sekarang untuk menjalankan pencadangan file sekaligus.Saat ini, saatnya Anda memperbaiki masalah layar hitam laptop acak setelah Anda mencadangkan atau menyimpan data penting Anda. Pergi ke langkah berikutnya untuk menemukan solusi.

Seperti yang disebutkan di bagian pertama, layar laptop Anda mungkin menjadi hitam karena berbagai alasan. Apakah Anda sudah sedikit paham terkait dengan cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan?

Di sini, di bagian ini, Admin akan menunjukkan kepada Anda solusi yang berbeda karena kasus yang berbeda yaitu masalah perangkat keras dan masalah perangkat lunak. Yang barangkali sering Anda alami pula.

Kasus 1: Masalah Perangkat Keras Menyebabkan Layar Menjadi Hitam Secara Acak

  • Lakukan Pemeriksaan Sederhana

Perangkat keras yang paling umum dan kritis yang dapat menyebabkan layar hitam laptop adalah catu daya, layar kristal cair, bank memori, hard disk, motherboard, dll. Jadi, Anda perlu memecahkan masalah ini satu per satu.

  1. Pertama, periksa catu daya Anda. Terkadang, untuk laptop, jika dayanya sendiri bermasalah, ada kemungkinan layar menjadi hitam meskipun mencolokkan catu daya eksternal. Dalam hal ini, Anda dapat memilih untuk mencabut daya dari laptop Anda dan mencolokkan catu daya eksternal. Jika Windows dapat boot, mungkin daya internal rusak. Pergi saja untuk membeli yang lain untuk menggantinya.
  2. Jika indikator daya menyala sepanjang waktu dan daya eksternal terpasang dengan benar, maka layar hitam laptop acak tidak disebabkan oleh daya. Jadi Anda perlu hati-hati memeriksa port kipas pendingin untuk melihat apakah ada angin dan periksa apakah lampu indikator hard disk menyala.
  3. Jika tidak ada masalah, restart laptop Anda dan dengarkan jika ada suara bip terus menerus. Jika ya, mungkin memory sticknya kendor. Pasang kembali saja.
  4. Selanjutnya, periksa kartu grafis atau layar kristal cair Anda. Hubungkan monitor eksternal ke antarmuka tampilan eksternal laptop, mulai ulang OS Windows dan lihat apakah tampilan eksternal dapat bekerja secara normal.

Jika ya, motherboard, CPU, hard disk, kartu grafis, dan memori tidak salah. Dan mungkin itu adalah layar kristal cair yang menyebabkan masalah layar laptop terus menjadi hitam. Dan kemudian Anda memerlukan layanan purna jual untuk memperbaiki displayer.

Jika penampil eksternal tidak menunjukkan apa pun, motherboard atau kartu grafis mungkin rusak. Juga, Anda perlu meminta bantuan layanan purna jual. Itulah cara mengatasi laptop black screen saat dinyalakan yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Baca Juga : Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Overheat Dengan Mudah

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 4 =