Cara Mencari Akun Google Play Game yang Hilang

cara mencari akun google play game yang hilang

Bagi pecinta game, memainkan banyak permainan tentunya sangat menyenangkan. Adanya aplikasi Google Play Game memanjakan para gamer agar semua data dalam game yang sedang dimainkan tetap aman tersimpan. Meski begitu, beberapa orang tiba-tiba mendapati akunnya menghilang secara tiba-tiba. Cara mencari akun Google Play Game yang hilang memang cukup sulit namun, tetap ada cara untuk dikembalikan.

Akun yang hilang bisa jadi karena dihapus, terhapus tidak sengaja atau dukungannya dihentikan oleh Google karena alasan yang tidak dijabarkan. Selain itu, peretasan juga bisa menjadi salah satu alasan akun Google Play Game menghilang. Jika hal tersebut terjadi, haruslah segera dilakukan pemulihan karena jika tidak, data didalamnya akan menghilang dan riwayat permainan pun hilang permanen.

Pulihkan Akun Google Play Game yang Menghilang dengan Cara Ini

Sebelum memulihkan akun Google Play Game yang menghilang, baiknya pengguna memastikan terlebih dahulu apakah akun tersebut hilang secara tiba-tiba atau hilang karena terhapus. Penyebab yang berbeda tentunya akan mengarahkan pada panduan yang berbeda pula. Jika akun Google Play Game tidak pernah dihapus dan tidak pernah merasa tidak sengaja dihapus, maka pengguna bisa menggunakan cara berikut:

1. Melalui Layanan Pemulihan dari Google

cara mencari akun google play game yang hilang

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebenarnya Google sendiri telah memberikan solusi kepada penggunanya. Meski telah disediakan cara untuk melakukan pemulihan, tidak banyak yang tahu sehingga merasa akunnya tidak dapat kembali. Silakan klik tautan ini https://accounts.google.com/signin/, dan pengguna bisa menuliskan email dan password serta data yang diminta.

2. Tautan Kedua untuk Memulihkan Akun

cara mencari akun google play game yang hilang

Cara kedua ini dapat dilakukan jika pengguna tidak berhasil di cara pertama. Pasalnya, ada password yang harus diberikan di tautan pertama dimana mungkin saja pengguna sudah lupa. Klik tautan https://accounts.google.com/signin/v2/usernamerecovery?hl=in&flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=ServiceLogin dan pengguna bisa memasukkan email pemulihan atau nomor telepon ketika akun didaftarkan. Setelah menekan “Berikutnya”, isi data yang diminta dengan benar.

3. Pemulihan Akun Google Play Game tanpa Memasukkan Alamat Email

cara mencari akun google play game yang hilang

Ingin memulihkan akun namun lupa alamat emailnya? Gunakan saja tautan https://accounts.google.com/signin/v2/queryname?hl=in&flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=ServiceLogin ini dan pengguna akan diinstruksikan untuk mengisi nama depan dan nama belakang di halaman utama. Tanpa menggunakan alamat email, Google bisa saja memberikan pengguna akses pada akunnya kembali jika data yang diinput memang sudah pernah direkam oleh Google.

Jika Akun Google Play Game Terhapus, Gunakan Cara Ini

Ada kalanya akun Google Play Game yang hilang disebabkan oleh kelalaian pemiliknya sendiri yakni terhapus secara tidak sengaja. Sebelum pihak Google menghapusnya secara permanen, pengguna harus segera memulihkannya agar akun tersebut dapat kembali. Lakukan Cara mencari akun Google Play Game yang hilang ini jika akun terhapus secara tidak sengaja:

  • Masuklah pada tautan https://accounts.google.com/signin/v2/recoveryidentifier?hl=in&flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=ServiceLogin ini dan tunggu hingga browser memproses perintahnya.
  • Tuliskan alamat email pada kolom pemilihan akun di laman yang terbuka. Jika sudah klik “Berikutnya”.
  • Masukkan seluruh informasi yang diminta dan ingat, informasi tersebut haruslah sama dengan informasi ketika pertama kali mendaftarkan email. Google akan meminta informasi secara detail untuk memastikan bahwa akun yang ingin dikembalikan benar-benar milik pengguna.
  • Jika seluruh informasi telah di-input, konfirmasi kembali bahwa akun tersebut benar-benar milik pengguna sehingga pihak Google bisa segera memulihkannya.
  • Data yang masuk akan disesuaikan dengan data yang terdaftar dahulu, jika benar, pengguna bisa mendapatkan kembali akunnya. Cara ini mengharuskan pengguna untuk mengingat semua informasi yang pernah dimasukkan, salah sedikit akun tidak akan bisa diambil alih.

Itulah Cara mencari akun Google Play Game yang hilang berdasarkan penyebab hilangnya akun tersebut. Keputusan Google untuk menghapus atau melakukan blokir suatu akun memang tidak dapat diganggu gugat. Meski begitu, Google memberikan jalan jika pemblokiran tersebut memberatkan pemiliknya. Akun Google Play Game yang terhapus juga kadangkala disebabkan oleh sistem error yang sulit dihindari.

Baca Juga: Google Play Store Bermasalah

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 − 6 =