Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding Smartphone atau handphone pintar yang saat ini menjadi salah satu perangkat yang paling dimiliki oleh manusia.

Melalui smartphone ini, banyak sekali hal yang dapat dilakukan seperti menonton film, bermain games, bahkan sampai membayar tagihan. Tentunya semua hal tersebut dapat dilakukan dengan aplikasi yang berbeda-beda.

Ada kalanya aplikasi yang ingin digunakan tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau not responding. Hal ini tentu saja membuat kamu kesal ya? Huft.

Not responding pada aplikasi memiliki beberapa tanda, seperti tidak dapat masuk ke aplikasi, blank page atau loading terus menerus serta force closed atau keluar sendiri.

Eits, jangan khawatir ya. Sebelum kamu tambah kesal karena aplikasi yang not responding, yuk kita cari tau beberapa cara mengatasi masalah ini!

7 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

  1. Force Stop Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Salah satu cara mengatasi aplikasi not responding di HP adalah dengan melakukan force stop. Force stop adalah menghentikan aplikasi secara paksa, untuk dapat dibuka kembali.

Caranya dapat dilihat sebagai berikut ya:

  1. Buka menu pengaturan di HP kamu
  2. Pilih Menu “Aplikasi”
  3. Pilih aplikasi yang mengalam masalah not responding
  4. Pilih force stop
  5. Buka kembali aplikasi tersebut seperti biasa

Force stop adalah cara yang paling mudah dengan tujuan me-restart kembali aplikasi tersebut layaknya bermain kaset PS.

Karena sebetulnya, beberapa aplikasi walaupun tidak dibuka akan tetap memiliki proses di dalam HP. Dengan force stop ini, proses yang tidak dapat terlihat juga dapat dihentikan.

  1. Clear Cache

Clear cache adalah menghapus data-data yang ada di aplikasi, berarti clear cache merupakan langkah untuk menghapus data yang ada di aplikasi tersebut.

Tujuannya adalah mengembalikan aplikasi seperti semula saat diinstall sesuai dengan update terbaru yang kamu lakukan ya.

Dengan cara ini, karena aplikasi berasa seperti baru diinstall maka ketika kamu buka aplikasi tersebut akan terasa ringan sehingga memungkinkan masalah seperti not responding dapat diatasi.

Namun, perlu diperhatikan kembali bahwa dengan melakukan clear cache, kamu akan menghapus data yang ada di aplikasi tersebut.

Sehingga kamu harus memastikan dahulu apakah data-data tersebut penting atau tidak atau setidaknya kamu memiliki back up atau mengingat data-data yang akan dihapus seperti password.

  1. Update

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Terkadang, salah satu penyebab aplikasi tidak respon adalah karena aplikasi tersebut sudah memiliki versi terbaru yang dapat diunduh.

Dengan melakukan update dari Google Play Store di Android atau pun Appstore di iOS. Caranya adalah kamu membuka Playstore atau pun Appstore, lalu melakukan pencarian berdasarkan nama aplikasi yang mengalami not responding.

Setelah ketemu dan memastikan adanya update, maka kamu harus melakukan update ya. Biasanya update ini ada perubahan dari segi fitur, sehingga membuat aplikasi tidak respon.

  1. Mengecek Spek HP dan Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki ketentuan untuk dapat dijalankan. Sebagai contoh aplikasi game Mobile Legends: Bang Bang (ML).

Untuk bermain ML di HP, kamu harus memastikan bahwa HP kamu sudah berada di Android 4.1 atau lebih.

Untuk mengecek spesifikasi yang dibutuhkan aplikasi, kamu dapat mengeceknya di Appstore atau pun Playstore dengan mengetik nama aplikasi tersebut.

Setelah ketemu, lalu klik aplikasi tersebut dan scroll layar HP kamu kebawah sebelum kolom komentar karena biasanya spesifikasi akan berada di situ.

Setelah mengecek spek aplikasi, maka langkah selanjutnya adalah mengecek spesifikasi yang dimiliki HP kamu ya.

Caranya kamu dapat mengklik menu pengaturan dan scroll ke paling bawah dan klik “About Phone” dan pilih “Status Information” ya!

Sayangnya, jika HP kamu tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi, maka tidak ada cara yang dapat dilakukan selain mengganti HP kamu dengan yang lebih baru.

  1. Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding, Uninstall

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara di atas dan masih mengalami not responding, kamu harus mencoba satu cara ini!

Cara yang dimaksud merupakan uninstall atau menghapus aplikasi yang mengalami not responding. Dengan melakukan uninstall ini, kamu harus menghapus aplikasi yang mengalami not responding.

Dikarenakan bug yang terjadi atau adanya update yang tidak tuntas mengakibatkan aplikasi yang mengalami not responding ini harus diuninstall.

Kembali lagi, kamu harus memperhatikan data yang ada di dalamnya, karena dengan menghapus aplikasi sama saja dengan menghapus data-data yang ada di dalamnya ya.

Cara melakukan uninstall adalah dengan tap aplikasinya dan tahan sampai beberapa detik sehingga muncul pilihan uninstall.

Atau dengan cara lain, kamu dapat masuk ke menu pengaturan, lalu masuk ke bagian aplikasi. Setelah itu kamu harus mencari aplikasi yang bermasalah dan tap uninstall.

Setelah melakukan proses uninstall, maka kamu dapat melakukan installasi lagi seperti biasa melalui Appstore atapun Playstore, sesuai dengan HP kamu.

  1. Software Update

Cara software update ini memiliki hubungan dengan cara nomor 3 dan 4, yaitu sama-sama mengecek apakah adanya update dan juga spesifikasi yang dibutuhkan.

Namun, perbedaannya di sini adalah yang harus dicek update nya adalah HP kamu sendiri. Beberapa merek HP atau smartphone terkadang memberikan update untuk penggunanya.

Biasanya update ini berupa update UI/OS yang dimiliki oleh HP tersebut. Sebagai contoh untuk HP Samsung menggunakan One UI dan OS Android.

Dengan adanya update ini berarti ada pembaharuan yang harus kamu lakukan karena jika tidak HP kamu akan terasa berat.

Yang paling krusial adalah untuk mengupdate OS, karena biasanya beberapa aplikasi memiliki spesifikasi yang berpacu kepada OS sehingga jika OS kamu tidak sesuai maka ga akan bisa menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding, Menyesuaikan Kapasitas Memori

Setiap HP memiliki perbedaan dalam kapasitas memori internal nya. Biasanya, HP akan dijual dalam beberapa versi dengan tempat penyimpanan yang berbeda-beda.

Sebagai contoh adalah 32 GB, 64GB, dan 128GB. Memori internal sendiri adalah tempat yang dibutuhkan untuk penyimpanan data-data dari aplikasi.

Sehingga jika HP kamu memiliki kapasitas memori yang kecil dan sudah penuh, HP kamu akan terasa lag atau berat. Sehingga tidak dapat memproses aplikasi sebagaimana mestinya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat melakukan uninstall beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi atau menghapus foto dan video yang ada di HP kamu.

Jika kamu tidak mau menghapus aplikasi, foto, dan video maka kamu dapat memindahkannya ke SD card atau memori eksternal.

Namun perlu diketahui tidak semua HP memilik slot untuk SD card ya. Kamu masih bisa “mengakali” dengan memindahkan HP/Video ke komputer sehingga tidak perlu menghapusnya.

Demikianlah 7 cara untuk mengatasi aplikasi not responding di HP. Ada berbagai macam cara yang dapat kamu lakukan ya guys! Pastikan kamu juga telah mencari tau terkait penyebab dari masalah aplikasi tersebut ya!

Baca Juga : 7 Rekomendasi HP Gaming Murah, Mulai 1 Jutaan

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twenty − one =