Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android Tanpa Aplikasi Tambahan – Penggunaan wifi untuk mengakses internet telah banyak tersedia di berbagai tempat-tempat umum. Namun tak jarang juga yang memasang wifi sendiri di rumah agar bisa mengakses internet dengan lebih mudah, lancar dan murah, karena akan terlalu boros jika harus menggunakan kuota data. Tujuan awal penggunaan wifi tersebut menjadi terganggu jika tiba-tiba koneksi wifi lemot, hal itu tentu membuat banyak pekerjaan menjadi tertunda. Namun tidak perlu risau, berikut ini ada beberapa cara percepat koneksi wifi android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan:

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android Tanpa Aplikasi Tambahan

1. Mengubah Pengaturan Wifi di Android

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android

Cara mempercepat koneksi wifi android bisa dilakukan langsung dari settingan ponsel. Demi mendapatkan akses internet yang lancar pengguna bisa mengotak-atik sendiri setingan wifi yang ada di android pengguna. Untuk melakukannya buka pada menu setting kemudian pilih bagian wifi lalu klik Advance Setting. Pada bagian tersebut centang pada pilihan Advoid Poor Connection untuk menghindari penggunaan wifi dengan koneksi buruk.

Selain itu pengguna juga bisa mengubah frekuensi wifi. Pada ponsel umumnya menggunakan frekuensi 2.4 GHz maka coba ganti menjadi 5 GHz karena pada pada frekuensi 2.4 GHz terlalu ramai sehingga menyebabkan koneksi lemah. Untuk mengubah frekuensi tersebut pengguna bisa membuka menu setting pada android kemudian pada bagian wifi klik Advance Setting lalu pada bagian Wifi Frequency Band pilih 5 GHz.

2. Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android, Memindahkan Posisi Router

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android

Meski terbilang sederhana namun penempatan router juga sangat mempengaruhi kecepatan koneksi wifi. Meletakkan router di posisi yang tepat bisa membuat koneksi wifi lebih lancar. Misalnya tidak diletakkan terlalu rendah, tidak terhalang dinding atau meletakkannya dekat dengan spot yang biasa digunakan untuk mengakses wifi. Posisi router yang terhalang dinding atau terlalu rendah dapat menyebabkan sinyal menjadi lemah. Selain itu hindarkan router dari alat elektronik lain yang berpotensi mengganggu sinyal.

3. Merestart Modem atau Router Wifi

Jika koneksi wifi terbilang lambat, maka bisa jadi karena modem atau router eror sebab terlalu sering digunakan. Untuk mengatasi koneksi wifi yang lemot saat digunakan di android, pengguna bisa merestart modem atau router wifi yang digunakan. Cara percepat koneksi wifi android dengan hal ini memang sederhana, cukup cabut kabel wifi dari saklar kemudian tunggu beberapa menit setelah itu nyalakan kembali. Cara ini menjadi cara klasik yang paling banyak dipraktikkan untuk mempercepat koneksi wifi.

4. Mengganti Browser yang Digunakan

Selain karena kesalahan posisi router dan modem yang sedang eror, bisa jadi koneksi wifi yang lambat dikarenakan oleh browser yang digunakan. Untuk mempercepat koneksi wifi, pengguna bisa mencoba untuk mengganti browser yang sedang dipakai untuk mengakses internet. Sebab beberapa browser mungkin sudah lama sehingga menyebabkan koneksi menjadi lambat. Oleh sebab itu cobalah untuk mengganti browser yang digunakan atau mengupdate-nya dengan versi terbaru.

5. Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android, Menghapus Cache dan History

Jika belum berhasil, cara mempercepat koneksi wifi android selanjutnya yaitu dengan menghapus cache dan history yang tidak diperlukan. Penumpukan cache dan history pada browser bisa memperberat kerja browser. Oleh sebab itu untuk mempercepat koneksi wifi di android cobalah untuk membersihkan cache dan history yang masih tersimpan di browser.

Wifi yang lemot memang membuat beberapa pekerjaan tertunda. Hal tersebut tentu sangat dihindari terutama jika pekerjaan utama memang membutuhkan koneksi internet yang lancar. Bagi pengguna android yang mengeluhkan koneksi wifinya lambat, bisa menggunakan salah satu langkah di atas. Cara percepat koneksi wifi android yang telah disebutkan dapat pengguna lakukan tanpa perlu menggunakan bantuan dari aplikasi tambahan.

Baca Juga : Inilah Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi di HP Android

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − ten =