Jangan Panik! Cara Mengatasi Laptop Disadap Itu Seperti Ini

Cara Mengatasi Laptop Disadap

Jangan Panik! Cara Mengatasi Laptop Disadap Itu Seperti Ini – Zaman sekarang apa-apa memang sudah serba canggih. Kecanggihan ini tak terbatas segudang kebaikan, melainkan juga kejahatan. Tak heran banyak yang search bagaimana cara mengatasi laptop disadap.

So, tidak dapat dipungkiri kehidupan zaman sekarang membuat kita dimanjakan teknologi. mengalami Namun, bukan berarti tidak ada kejahatan. Anda yang sering melakukan pencarian data di internet lewat laptop bisa saja

Besar kemungkinan mengalami kejadian demikian. Hal ini membuat data Anda rentan bocor, sehingga mau tidak mau memang harus mengatasinya. Lantas, cara mengatasi laptop disadap itu seperti apa?

Cara Mengatasi Laptop Disadap Penting

Di zaman yang serba canggih ini peranan laptop memang sangat penting. Selain bisa digunakan untuk media belajar di zaman pandemic, ternyata laptop juga sangat berperan dalam membantu pekerjaan manusia.

Hanya saja, peran laptop yang sangat baik ini juga sering kali harus diwaspadai. Misalkan kita mengakses internet, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kejahatan seperti peretasan. Maka dari itu, cara mengatasi laptop disadap memang sangat penting.

Penyadapan itu sendiri dapat berupa pencurian data yang ada di dalam laptop. Sehingga segala data pribadi Anda memang berbahay dan berpotensi dicuri. Maka dari itu, kami menyarankan beberapa cara dalam mengatasi penyadapan laptop.

Ciri-Ciri Laptop Sedang Disadap

Saat laptop Anda terkena sadap pada dasarnya tidak bisa diketahui perangkat Anda sedang disadap atau tidak. Namun, pastinya ada beberapa ciri tertentu yang membuktikan adanya penyadapan. Maka sebelum cara mengatasi laptop disadap, penting tahu ciri-cirinya.

  1. Kondisi Baterai Laptop Cepat Habis

Cara Mengatasi Laptop Disadap

Ada yang mengira kondisi laptop cepat habis disebabkan oleh kemampuan charger cabut. Namun, siapa sangka kalau laptop yang disadap ternyata juga memiliki kemungkinan baterainya cepat habis?

Tak hanya itu saja, kemungkinan baterai laptop yang cepat habis ini juga disebabkan oleh berjalannya aplikasi di belakang layar. So, cara menangani laptop disadap memang sangat penting dipelajari.

Saat aplikasi berjalan di belakang layar, kemungkinan terbesarnya prosesor dalam perangkat Anda bekerja jauh lebih keras. Selain itu, ternyata program seperti ini dapat berupa virus, lho!

  1. Program Komputer Tidak Berjalan Lancar

Cara mengatasi laptop disadap tidak akan bisa tanpa mengetahui apa penyebabnya. Jika laptop Anda memiliki program yang selalu berjalan secara macet, maka kemungkinan terbesarnya laptop sedang disadap.

Namanya juga peretas, mereka pasti mencari 1000 macam cara untuk bisa membobol perangkat Anda. Salah satunya dengan cara yang satu ini. Biasanya, mereka bekerja dengan cara mengumpulkan informasi dengan memasukan kode tertentu di program.

Nah! Karena ulah peretas yang demikian, biasanya program yang Anda jalankan pun menjadi lebih lambat. Selain itu, untuk mengatasi kemungkinan kebocaran data Anda, cara menangani laptop disadap adalah dengan membuat kata sandi yang rumit.

  1. Cara Mengatasi Laptop Disadap, Perangkat Jadi Lola

Lola alias Loading Lama merupakan salah satu tanda mencurigakan. Terlebih jika perangkat Anda memang masih baru, lantas bekerja tidak secepat yang diharapkan. Hal seperti itu jelas patut diseilidiki, tuh!

Cara menangani laptop disadap memang tidak semudah yang dibayangkan. Bisa jadi lolanya perangkat Anda disebabkan oleh aplikasi yang begitu banyak. Bisa jadi pula karena virus yang diperoleh dari sebuah program aplikasi.

Jika perangkat Anda mengalami lemot, maka bisa diatasi dengan mengetahui

  1. Cara Mengatasi Laptop Disadap, Kamera Nyala Mati Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Disadap

Fungsi laptop saat ini bisa dipastikan mirip-mirip dengan ponsel. Apa lagi di masa pandemic. Pastinya segala kegiatan dilakukan secara online.Karena dilakukan secara  online, sering kali membutuhkan kamera untuk menyapa teman atau kolega lainnya.

Namun, kamera Anda nyala mati terus. Nah! Ini juga bisa jadi ciri laptop disadap. Lantas, bagaimana cara menangani laptop disadap yang seperti ini?

  1. Lampu Berkedip

Seperti yang diketahui, lampu dalam laptop mungkin akan berkedip jika kita melakukan aktivitas tertentu. Akan tetapi, jika Anda sedang tidak melakukan aktivitas tertentu dan laptop tampak berkedip di lampu tertentu, bisa pula tanda disadap.

Cara Mengatasi Laptop Disadap Mudah

Sudah mengetahui tanda-tanda laptop disadap, apakah laptop Anda terdeteksi sebagai salah satunya? Jika benar, bagaimana cara menangani laptop disadap? Padahal selama ini kita menggunakan internet juga untuk keperluan.

  1. Back-up Data

Salah satu cara mengatasi laptop yang terkena sadapan malware dan virus lainnya dengan melakukan back up data. Back up data dilakukan agar setelahnya Anda dapat melakukan format ulang pada laptop. Melakukan format ulang membersihkan segalanya.

Hal ini termasuk virus-virus yang bersarang di dalam perangkat.

  1. Notifikasi Antivirus Palsu

Pernah mendapatkan pesan seperti ini? Yaitu antivirus palsu? Kalau benar, Anda bisa memanfaatkannya dengan mematikan computer atau laptop sejenak sebagai cara mengatasi laptop disadap.

Memang benar antivirus palsu tersebut bisa jadi palsu. Di mana saat Anda mengekliknya, maka yang ada viruslah yang terunduh. Virus-virus tersebut akan menyedot seluruh informasi di dalamnya.

  1. Muncul Toolbar yang Tidak Diinginkan

Cara Mengatasi Laptop Disadap

Pernah akan melakukan browsing di perangkat browser dan terjadi kemunculan toolbar yang tidak diinginkan? Inilah tanda laptop Anda disadap. Bagaimana cara menangani laptop disadap dengan cara seperti ini?

Mungkin problemnya memang agak asing, maka Anda bisa uninstall atau hapus toolbar tersebut.Jika tidak bisa menghapusnya, silakan lihat di bagian browsernya apakah bisa dinonaktifkan atau tidak. Jika bisa, nonaktifkan saja.

  1. Spam Popups

Aduh! Kalau laptop Anda terkena virus jenis ini sih lumayan repot juga. Sebab pasalnya sedang bekerja dengan perangkat kesayangan tau-tau muncul banyak pop ups mengganggu. Cara menangani laptop disadap yang begini seperti apa, ya?

Memang sedikit merepotkan, tetapi tidak serumit yang dibayangkan, kok. Anda bisa mengatasinya dengan cara uninstall aplikasi. Yups! Lakukan saja uninstall, sebaba notifkasi spam popups ini biasanya muncul dari software yang tiba-tiba terinstall.

  1. Pesan Tipuan

Pesan yang teman Anda dapatkan dari Anda padahal sebelumnya tidak pernah mengirimkan pesan tersebut? Itu juga bisa jadi tanda virus sedang bekerja. Cara menangani laptop disadap yang begini nih bagaimana?

Anda bisa komunikasikan dengan kawan, bahwa sebenarnya belum pernah mengirimkan pesan tersebut. Selain itu, lakukan langkah lain. Biasanya pesan-pesan seperti ini muncul dengan pemanfaatan akun media social.

Cara mengatasi laptop disadap pada akun media soaial Anda tinggal masuk ke media social yang disadap, kemudian ganti kata sandinya. Nah! Kalau sudah terlanjut disadap dan kata sandi Anda sudah tidak dikenali, maka bisa laporkan.

  1. Cara Mengatasi Laptop Disadap, Mouse Bergerak Sendiri

Waduh kalau masalah yang satu ini sih terkesan agak horror, ya. Namun, sebenarnya bukan terjadi akibat peristiwa horror, kok. Anda tinggal melihat kemana arah kursor bergerak, kemudian rekam aktivitas tersebut.

Setelahnya bisa laporkan masalah seperti ini ke ahlinya untuk diperbaiki masalahnya. Jangan lupa, ubah semua kata sandi yang sudah tersimpan di laptop. Itulah cara mengatasi laptop disadap yang paling mudah.

Baca Juga : Cara Sadap WA Terbaru

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =